Menelusuri Keindahan Pantai Jungwok, Gunung Kidul

0
547
Sisi barat pantai jungwok

Bicara soal Daerah Istimewa Yogyakarta, pasti akan tergambar sebuah kota yang penuh dengan tempat wisata dan sejarah. Selain suasana kota yang khas, Yogyakarta juga menyimpan keindahan laut selatan di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Kabupaten Gunung Kidul terletak di bagian Selatan Yogyakarta dan berbatasan dengan Samudera Hindia. Karena itulah, Gunung Kidul tidak hanya menyajikan keindahan air laut berwarna biru kehijauan, dengan hamparan pasir putihnya yang bersih. Tetapi, daya tarik lain yang ada di pantai selatan ini adalah banyaknya batu karang yang yang mempercantik tampilan pantai-pantai di sini

Pantai di Kabupaten Gunung Kidul memang cukup terkenal. Akan tetapi tidak sedikit pantai-pantai di Gunung Kidul yang belum banyak diketahui wisatawan dan masih menjadi surga tersembunyi yang asri. Salah satunya adalah Pantai Jungwok. Pertama kali mendengar namanya, bayangan yang pertama muncul dalam kepala saya adalah negara Korea. Unik juga ya namanya. Pantai Jungwok terletak bersebalah dengan Pantai Wedi Ombo. Tepatnya di sebalah timur pantai tersebut. Dari Pantai Wedi Ombo, sobat travelers cukupĀ  mengikuti petunjuk arah yang ada menujuĀ  Pantai Jungwok. Penasaran? Ulasan berikut akan menjawab pertanyaan sobat travelers mengenai pantai bernama unik ini, nah lanjut baca sampai selesai ya.

Pantai Jungwok. Mungkin namanya tidak sepopuler Pantai Parangtritis atau Pantai Indrayanti di Jogja. Tapi, itu hanya karena pantai ini belum banyak diketahui keberadaannya. Jika berbicara soal keindahannya, pantai ini dijamin tidak kalah memuaskan mata loh. Pantai ini memiliki pasir putih yang terhampar luas dan sangat bersih. Tidak ada sampah manusia yang berceceran di pantai ini. Semakin menuju ke laut, lantai di pantai ini berganti dari pasir menjadi lantai berbatu karang. Di sekitar pantai terdapat tebing-tebing dari batu karang yang menjulang tinggi, juga beberapa batu karang kecil yang tersebar di tengah pantai. Batu-batu karang tersebut berwarna putih dengan tumbuhan hijau di atasnya. Dari tepi pantai terlihat gradasi yang cantik antara warna biru dan hijau pada air laut. Ketika mendekat, air laut di sini tampak sangat jernih dan membuat siapapun ingin berendam dan bermain air di sini.

Meskipun begitu, alangkah baiknya jika sobat travelers tidak berenang ke tengah laut dan cukup bermain air di tepi pantai. Pasalnya, Pantai Jungwok ini memiliki ombak yang cukup besar, jadi harus selalu berhati-hati ya. Di sekitar tepi pantai, banyak tumbuh pandan pantai yang memanjang mengikuti garis pantai yang melengkung. Area di sekitar pohon pandan pantai ini sangat cocok dijadikan lokasi untuk camping di pantai. Aktivitas camp ceria di pantai bisa menjadi pilihan yang tepat, jika sobat travelers ingin menikmati lautan warna keemasan ketika sunrise dan sunset tiba.

Sisi timur pantai jungwok.

Pantai Jungwok terletak di desa Jepitu, Kecamatan Girisubo. Untuk mencapai pantai ini, sobat travelers dapat menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Tapi bagi sobat travelers yang berdomisili tidak jauh dari Gunung Kidul disarankan untuk menggunakan kendaraan roda dua saat berkunjung kemari. Jalan menuju desa Jepitu memang sudah terbilang sudah bagus dan tidak berlubang. Tetapi, jalan ini cukup sempit sehingga hanya bisa dilewati oleh satu mobil. Selain itu dari jalan raya menuju Pantai Jungwok dapat terbilang rusak dan hanya terdiri dari batu-batu kerikil yang tidak rata sehingga sulit dilalui.

Tepi pantai jungwok.

Ketika sampai di kawasan pantai, akan terlihat beberapa kantin dan fasilitas kamar mandi yang disediakan. Akan tetapi, karena pengunjung pantai tersebut masih sangat sepi, fasilitas tersebut terlihat tutup, dan aktivitas di sekitar pantai tidak beroperasi. Untuk memasuki pantai ini, pengunjung tidak dikenakan biaya retribusi bahkan biaya parkir saat saya berkunjung juga tidak diberlakukan. Mungkin karena saat saya berkunjung sedang sepi-sepi nya nih.

Bagaimana? Sobat travelers menginginkan tempat yang sepi dan damai untuk liburan? Pantai ini bisa jadi rekomendasi yang tepat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.