Menelusuri Keasrian Telaga Menjer di Wonosobo, Jawa Tengah

0
132
Hijaunya air Telaga dan kabut yang menyelimuti.

Wonosobo adalah sebuah kabupaten di Jawa Tengah yang terkenal dengan Diengnya. Padahal banyak jenis wisata yang bisa kamu jelajahi di sana, mulai dari wisata sejarah sampai wisata alamnya yang tekenal.

Sebagian besar wilayah di Kabupaten Wonosobo adalah daerah pegunungan. Di bagian timur yang berbatasan dengan Kabupaten Temanggung terdapat dua gunung berapi; Gunung Sindoro (3.136 meter) dan Gunung Sumbing (3.371 meter). Daerah utara merupakan bagian dari Dataran Tinggi Dieng dengan puncaknya adalah Gunung Prahu (2.565 meter). Di sebelah selatan, terdapat Waduk Wadaslintang dan Telaga Menjer. Telaga Menjer merupakan telaga buatan yang difungsikan sebagai PLTA (Pembangkit Listrik Tenaga Air).

Berkunjung ke Wonosobo pastinya teman traveller tak ingin melewatkan keindahah Kawah Dieng. Namun tahukah kalian bahwa ada tempat wisata yang tak kalah memesonanya? Ya saya akan membahas tempat wisata ini, yaitu Telaga Menjer.

Perjalanan, Estimasi, dan Akses

Pada Hari Rabu 15 Januari 2020, saya menjelahi Telaga Menjer di Wonosobo, Jawa Tengah. Saya memulai penjelajahan dari  Kota Wonosobo menggunakan sepeda motor matic dan menembus udara pagi kala itu. Saya memulai perjalanan pukul 06:30 WIB ditemani segarnya udara pagi Wonosobo! Karena daerah  Wonosobo masih segar udaranya, saya sangat menikmati suasana kota seperti ini. Jalan menuju Telaga Menjer pun melewati pedesaan dan hutan jadi semakin menambah  kesyahduan Kota Wonosobo. Ah, mungkin karena inilah kota ini mempunyai julukan Wonosobo Asri.

Tulisan Telaga Menjer yang cocok untuk berfoto.

Kira-kira setelah satu jam mengendarai sepeda motor, saya sampai di Telaga Menjer. Waktu menunjukan hampir pukul 07:30 WIB. Udara yang sejuk dan pemandangan yang disuguhkan di Telaga Menjer Membuat saya bergegas untuk memarkirkan kendaraan dan langsung  berjalan menuju telaga. Hijaunya air telaga langsung menyambut saya. Kesan pertama yang saya rasakan di telaga ini adalah indah, hijau, syahdu. Telaga Menjer memang  benar-benar memesona. Latar belakang pegunungannya pun begitu indah. Mendapatkan momen indah ketika pagi hari di Telaga Menjer merupakan sebuah hal yang mengesankan. Saat itu belum ada wisatawan yang bermain dan mengunjungi telaga. Jadi, momen pagi hari adalah momen paling sepi dan indah.

Karena memiliki keindahan alam yang memesona, tak jarang orang menganggap Telaga Menjer seperti Danau Bedugul yang ada di Bali. Tidak salah sih sebab telaga ini memang memiliki keindahan yang menakjubkan. Air danau yang hijau dengan latar belakang bukit-bukit hijau menambah keasrian telaga ini.

Akses menuju Telaga Menjer tidaklah sulit. Bahkan beberapa aplikasi navigasi pun sudah memuat lokasi Telaga menjer dengan akurat. Setelah melewati daerah Kali Anget, kita akan melewati jalanan yang di kanan dan kirinya dipenuhi rumah warga. Kita juga akan melewati hutan sebelum sampai di telaga. Perjalanan selama satu jam tidak akan terasa jika kita menikmati pemandangan di sekitar kita.

Salah satu wahana untuk berfoto.

Fasilitas Telaga Menjer ini sudah cukup nyaman. Ada beberapa wahana dan area parkir yang cukup luas. Walaupun demikian, menurut saya wahana-wahana yang disediakan kurang terawat dan kebersihannya kurang. Masuk ke telaga ini masih gratis, hanya perlu membayar parkir Rp 2000 kita sudah bisa menikmati kesyahduan telaga. Akan lebih baik lagi jika perawatan dan kebersihannya lebih ditingkatkan. Mungkin telaga ini tidak akan kalah ramainya dengan destinasi wisata favorit lain di Wonosobo seperti Kawah Dieng.

Tetapi, tak lengkap rasanya bila menikmati telaga ini hanya ditepian saja. Coba deh naik perahu bambunya. Pasti liburan kamu ke sini akan semakin menyenangkan. Tempat wisata ini cocok untuk waktu liburan bersama sahabat dan keluarga. Oh ya, jangan lupa juga mengabadikan momen liburan di Telaga Menjer supaya liburan lebih berkesan. Itulah Wonosobo yang seakan-akan  tidak akan habisnya dengan keindahan alamnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.