Menelusuri Jejak Rangga dan Cinta di Objek Wisata Gereja Ayam Magelang

0
1106
Gereja Ayam Magelang
Dua patung malaikat siap menyambut para pengunjung di bagian depan bangunan.

Bagi sebagian besar traveler atau pecinta film mungkin sudah tidak asing lagi dengan salah satu objek wisata Gereja Ayam yang memilik bentuk bangunan unik menyerupai seekor ayam.

Gereja Ayam sempat booming karena menjadi lokasi syuting film boxoffice Indonesia Ada Apa dengan Cinta? 2 (AADC 2) beberapa tahun lalu yang mendadak diserbu banyak wisatawan yang penasaran dengan bentuk bangunan uniknya yang juga menyajikan sunrise yang indah di puncak bangunan.

Objek wisata yang berada di atas Bukit Rhema ini berlokasi di Gombong Kembanglimus, Karangrejo, Borobudur, Magelang, Jawa tengah. Bangunan yang didirikan pada tahun 1990an oleh bapak Daniel Alamsjah ini awalnya sengaja dibuat sebagai “Rumah Doa” untuk semua agama. Tidak heran jika di dalam bangunan tiga lantai dan sebuah ruang bawah tanah ini terdapat banyak ruang berukuran kecil yang ditujukan untuk berdoa. Dan di sudut ruang terdapat mushola yang bisa digunakan untuk shalat.

Untuk mencapai lokasi Gereja Ayam memerlukan sedikit perjuangan. Karena lokasinya tidak dilewati kendaraan umum, jadi disarankan agar menggunakan transportasi pribadi, seperti mobil atau motor. Dari tempat parkir kendaraan kita dilanjut dengan melakukan trekking kecil yang menanjak karena memang lokasinya berada di atas bukit. Untuk harga tiket masuknya sendiri sebesar lima belas ribu rupiah dan sudah termasuk seporsi snack yang bisa diambil di kantin yang berada di lantai dua.

Ruang bawah tanah tempat berdoa.
Gereja Ayam Magelang
Bagian lantai utama.

Di lantai pertama kita bisa melihat aula besar dan sebuah LCD tv yang didepannya di isi deretan kursi untuk menonton cuplikan sejarah dibangunnya bangunan ini. Selain itu terdapat juga foto-foto proses awal pembangunan gedung dan penjelasannya.

Naik ke lantai dua terdapat kantin dengan deretan kursi yang tersusun rapih. Beranda lantai dua dibangun dengan konsep terbuka. Sambil sarapan pagi kita akan disuguhkan pemandangan alam yang indah. Udara yang masih segar, ditambah pemandangan yang magis karena kabut putih dari kejauhan masih menyelimuti rimbunan pepohonan dan gagahnya merbabu yang menawan.

Gereja Ayam Magelang
Pemandangan magis dari lantai dua.

Objek wisata ini mulai di buka pukul 05.00 (sabtu-minggu) 06.00 (senin-jumat) hingga pukul 17.00. Waktu terbaik untuk mengunjungi Gereja Ayam adalah pagi hari. Karena kita bisa sekalian melihat sunrise seperti yang pernah dilakukan Rangga dan Cinta dalam Film Ada Apa dengan Cinta 2? (AADC 2).

Untuk bisa menikmati sunrise yang indah kita harus naik ke lantai tiga terlebih dahulu. Di dinding bangunan terdapat banyak mural objek wisata terkenal dan informasi mengenai bahaya narkoba. Karena selain digunakan sebagai “Rumah Doa” untuk berbagai agama, Gereja Ayam ini pun digunakan sebagai tempat rehabilitasi para pengguna narkoba dan penderita penyakit mental.

Gereja Ayam Magelang
Pemandangan dari atas puncak mahkota Gereja Ayam.

Dari lantai tiga kita bisa naik tangga kecil ke bagian mahkota di puncak bangunan. Jika cuaca sedang baik kita bisa melihat pemandangan sunrise yang indah oleh semburan sinar mentari yang timbul secara perlahan. Dari sini kita juga bisa melihat Borobudur, Punthuk Setumbu, Gunung Merbabu dan Gunung Merapi.

Karena bagian puncak mahkota Gereja Ayam tidaklah luas, jadi hanya bisa di isi kurang lebih delapan orang. Oleh karena itu kita harus bergantian dan mengantri terlebih dahulu. Akan ada petugas yang menjaga dan mengatur para pengunjung agar bisa tertib dan bisa bergantian naik ke puncak.

Kondisi bangunan dari tahun ke tahun sudah semakin bagus dan terawat. Dua patung malaikat siap menyambut para pengunjung di bagian depang bangunan. Taman-taman kecil menghiasi bagian luar bangunan yang membuat bangunan ini terlihat cantik dan apik. Perjuangan menelusuri jejak Rangga dan Cinta dijamin tak akan sia-sia.

Jika kalian yang hendak liburan ke Magelang, Jogjakarta, dan sekitarnya, objek wisata Gereja Ayam ini bisa jadi pilihan tepat yang layak untuk dikunjungi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.