Mendalami Makna Bangunan Candi Sojiwan dan Candi Barong

0
500
Bangunan Candi Sojiwan.

Saya baru tahu bahwa daerah yang disebut Prambanan, tempat berdirinya Candi Prambanan terletak di dua kabupaten dan dua provinsi yang berbeda. Sebagian daerah ini masuk dalam wilayah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan sebagian lagi masuk wilayah Klaten, Jawa Tengah. Walau dipisahkan oleh dua kabupaten dan provinsi, daerah Prambanan masih merupakan satu kesatuan wilayah besar jejak peninggalan Kerajaan Mataram Kuno.

Saya pun masih penasaran dan mencoba menjelajahi batas dua Prambanan ini di suatu akhir pekan bersama seorang rekan. Tempat pertama yang saya datangi adalah Candi Sojiwan. Letak candi ini tak begitu jauh dari Stasiun Brambanan yang dilewati oleh KA Prambanan Ekspres. Dari arah Pasar Prambanan, hanya perlu sekitar 5 menit untuk sampai ke candi ini.

Sesampainya di sana, saya segera memarkir kendaraan di pelataran milik warga. Untuk masuk ke bagian dalam, saya hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 3.000. Awalnya, saya tak begitu melihat keberadaan candi ini karena tertutup oleh pepohonan. Barulah setelah melangkah beberapa meter, candi ini terlihat jelas.

Bangunan Utama Candi Barong.

Sebenarnya, candi ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan candi bercorak Buddha lainnya yakni adanya stupa pada bagian puncak candi. Namun, keistimewaan Candi Sojiwan ini adalah adanya beberapa relief yang masih cukup jelas terbaca dan mengisahkan beberapa dongeng. Ada diantara dongeng itu pernah saya dengar ketika masih kecil.

Ada relief angsa dan kura-kura, buaya dan kera, serta relief tikus dan ular. Jika diamati, relief dongeng tersebut menggambarkan cerita fabel atau cerita tentang hewan yang maknanya bisa dipetik. Adanya relief fabel di dalam Candi Sojiwan ini juga semakin meneguhkan fakta bahwa tradisi dongeng sudah ada sejak zaman dahulu kala yang harus dilestrikan. Dongeng yang merupakan tutur cerita turun-temurun menjadi dasar peradaban budaya bangsa Indonesia terutama Mataram Kuno yang bisa dilihat dari Candi Sojiwan ini.

Puas melihat kebesaran Candi Sojiwan, saya pun beranjak ke Candi Barong. Jika Candi Sojiwan masuk wilayah Prambanan Klaten, maka Candi Barong masuk wilayah Prambanan Sleman. Mulanya, saya mengira candi ini juga bercorak agama Buddha, namun ternyata tidak. Candi ini justru bercorak agama Hindu. Padahal, letaknya cukup dekat dengan Candi Sojiwan. Saya hanya perlu melewati jalan di sebuah resor dan di ujung jalan itu sudah tampak pagar hijau membatasi tempat Candi Barong bediri.

Dinding Teras Berupa Susunan Balok Batu Andesit.

Dinamakan Barong, karena di bagian relung tubuh candi terdapat hiasan kepala kala yang tampak seperti barong. Hiasan ini juga memberi petunjuk bahwa candi ini bercorak agama Hindu. Nah, yang membuat menarik dari Candi Barong adalah model bangunan candi ini berbeda dengan candi lainnya.

Apabila candi lainnya bediri dengan pondasi yang langsung di atas tanah, maka Candi Barong berdiri di atas sebuah punden berundak. Adanya model bangunan ini membuat dugaan bahwa Candi Barong mengadopsi bentuk bangunan pundek berundak yang sering ditemukan pada masa prasejarah. Menurut informasi yang saya baca di papan pengumuman, beberapa ahli sejarah memberi pendapat bahwa Candi Barong merupakan candi yang didirikan pada masa pra-hindu.

Bangunan Candi Sojiwan.

Fakta lain yang semakin meneguhkan pendapat ini adalah polosnya dinding teras candi dari atas hingga ke bawah. Ini tentu tak sama dengan candi-candi lainnya yang penuh dengan relief. Meski demikian, masih ada hanya ada pahatan berpola dedaunan dan sosok manusia yang sederhana.

Berjalan-jalan di Candi Barong ini akan semakin menarik jika dilakukan saat sore. Sinar mentari yang menerpa bagian candi akan terlihat menawan. Belum lagi, letak candi ini yang berada di kaki bukit membuatnya nyaman untuk digunakan menunggu matahari terbenam. Dua candi inipun bisa menjadi andalan saat mengunjungi Yogyakarta dan Klaten.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.