Mendaki Gunung Pangrango Via Cibodas

Puncak Gunung Pangrango dari Pos Kandang Badak.

Gunung Pangrango merupakan salah satu gunung yang terletak di Jawa Barat yang memiliki ketinggian 3019 mdpl. Gunung ini berada di kawasan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dan berdekatan dengan Gunung Gede. Terdapat tiga jalur resmi jika ingin mendaki gunung ini yaitu melewati via Cibodas, Gunung Putri, dan Salabintana. Pada pendakian kali ini kami mendaki via Cibodas yang terletak di Kabupaten Cianjur. Sebelum memulai pendakian kami harus mendaftar online terlebih dahulu karena untuk naik ke gunung ini memiliki kuota perharinya. Biaya pendaftaran ini sekitar Rp 30.000 untuk 2 hari 1 malam.

Kami mendaki Gunung Pangrango via Cibodas karena ingin menikmati pemandangan alam yang ada di sepanjang jalur pendakian ini seperti Telaga Biru dan air panas. Pendakian dibuka sekitar jam 6 pagi dan setelah kita selesai cek kesehatan di basecamp. Biaya untuk cek kesehatan sekitar Rp 25.000. Di sekitar basecamp banyak penjual makanan dan minuman maupun oleh-oleh khas dari masyarakat setempat. Jangan takut apabila kalian datang kepagian atau malam hari karena di sini banyak tempat istirahat yang buka selama 24 jam. Peralatan mendaki serta perlengkapan yang lain sepeti tenda, flysheet, dan sleeping bag dapat disewa di sini.

Telaga Biru di jalur pendakian.

Setelah kami melakukan cek kesehatan, lalu kami bersiap-siap untuk melakukan pendakian, barang-barang dan makanan kami list ulang agar tidak ada yang kelupaan dan menyusahkan kami nantinya. Perjalanan pun dimulai, pertama kami harus melewati pos pengecekan pertama, di sini kami diminta untuk menunjukkan SIMAKSI (Surat Izin Masuk Kawasan Konservasi) dan surat sehat lalu melanjutkan perjalanan. Di sepanjang perjalanan kami disuguhkan oleh pemandangan yang menyegarkan mata. Kami juga melewati Telaba Biru yang konon katanya dapat berubah warna menjadi biru karena adanya plankton di telaga ini. Karena kami ke sana pada musim hujan, air yang ada di telaga ini tidak memiliki warna yang biru.

Pada jalur ini juga kita akan melewati air panas yang mengalir seperti air terjun, sehingga kita dapat merasakan hangatnya air ini ketika melewatinya. Biasanya tempat ini digunakan tempat istirahat dan berendam sejenak ketika badan mulai lelah. Di air panas ini juga disediakan pos tempat untuk istirahat dan meletakkan barang-barang. Tujuan terakhir kami untuk mendirikan tenda pada awalnya adalah di Lembah Mandalawangi, tetapi karena kami diguyur oleh hujan deras akhirnya kami mendirikan tenda di pos 6 yaitu pos Kandang Badak. Perjalanan kami melewati sekitar 6 jam dari basecamp. Kami sampai di kandang Badak sekitar pukul 13.00, ketika kami selesai memasang tenda hujan pun turun lagi. Hari itu kami habiskan hanya berada di dalam tenda hingga keesokan harinya.

Pemandangan di Lembah Mandalawangi.

Pada keesokan harinya kami melanjutkan perjalanan ke Puncak Pangrango yang memakan waktu sekitar 2 jam. Perjalanan ke puncak ternyata lebih sulit karena harus melewati banyak akar pohon dan kondisi tanah yang becek karena habis hujan. Sesampainya di Puncak Pangrango, penglihiatan kami terhalang oleh kabut sehingga tidak bisa melihat Gunung Gede, jadi kami hanya berfoto di tugu Gunung Pangrango. Dari Puncak Pangrango, kami turun lagi ke Lembah Mandalawangi.

Lembah Mandalawangi merupakan lembah yang sangat bagus karena memiliki bunga edelweis yaitu bunga khas pegunungan yang keberadaannya sangat dilindungi oleh pemerintah. Perjalanan ke lembah ini hanya 5 menit dari puncak Gunung Pangrango. Di sini airnya banyak, sehingga kami mengisi tempat air kami hingga penuh dan tentu saja beristirahat sejenak sambil menikmati kopi dan makanan yang telah dibawa. Tempat ini sangat bagus karena dikelilingi oleh hamparan bunga edelweis. Ketika kalian ingin mendaki ke Gunung Pangrango saya sarankan harus membuat tenda di sini karena pemandangannya yang bagus dan sumber air yang melimpah. Setelah puas beristirahat kami pun kembali ke pos Kandang badak dan bersiap untuk turun gunung.