Mendaki Bukit Besar Terlihat Pula Bukit Jempol – Lahat Sumatera Selatan

Bukit Jempol Sumatera Selatan
Bukit Jempol aku pandangi dari atas Bukit Besar

Hari demi hari aku habiskan waktu dengan belajar di Universitas Sriwijaya, sebuah kampus yang terletak di Kabupaten Ogan Ilir. Tibalah ketika liburan semester, aku bersama rombongan kuliah (Jimi, Idris, Styo, Ridho, Mardi, Riski) dan dua orang teman pramuka ku yaitu (Mustofa, Tomi) memutuskan untuk mendaki Bukit Besar di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan.

Jadwal kami berangkat sebenarnya sabtu pagi, tetapi karena Tomi saat itu masih kuliah (beda Universitas) jadi kami menunggu kepulangannya. Sudah pukul 10.30 tapi belum ada kabar dari Tomi hingga membuat aku dan Mustofa hampir meninggalkannya. Tidak lama kemudian dia sampai, dan akhirnya kami bertiga segera menuju kosan Styo di Inderalaya yang saat itu semuanya sudah berkumpul dari pagi hari.

Karena sudah masuk waktu Dzuhur, kami sholat terlebih dahulu. Sampailah waktu sudah pukul 13.00 kami berangkat menuju Kab. Lahat. Tetapi karena sudah hampir magrib dan kami baru sampai di Muara Enim. Kami memutuskan untuk menginap di rumah Yasin (Menunggu kedatangan kami). Pagi harinya setelah mandi dan sarapan kami langsung menuju lokasi tujuan. Sekitar 2 jam perjalanan kami sampai di tempat parkir rumah warga.

Hari itu sudah sekitar pukul 10.20, kami langsung bergegas untuk mendaki. Pertama kami melewati rumah-rumah warga dan melintasi sungai dari atas jembatan gantung. Hingga dimulailah pendakian kami yang sebenarnya, melewati pepohonan yang rindang dan tanaman kopi sepanjang jalan membuat kami tidak terlalu merasakan kelelahan. Kurang lebih satu jam perjalanan kami sampai diatas. Sungguh pemandangan yang luar biasa. Dari atas sini kami melihat pemandangan Bukit Jempol atau Bukit Serelo dengan sangat jelas.

Bagi seorang yang mempunyai hobi foto-foto, disini sangatlah pas terlebih ketika sore hari, matahari tenggelam kelihatan dengan sangat jelas. Saat diatas, aku beberapa kali mengganti pakaian untuk dokumentasi sebagai kenang-kenangan yang suatu hari bisa aku ceritakan kepada keluarga, istri, anak dan cucu-cucuku. Tetapi tidak hanya sekedar untuk kuceritakan, karena salah satu impianku adalah mendaki bersama Istriku nanti.

Bukit Jempol
Indahnya pemandangan diatas bukit bersamaan hembusan angin yang menyegarkan.

Setelah puas berfoto-foto dan membuat video diatas bukit, kami segera turun. Berbeda dengan mendaki, saat turun kami sangat cepat. Kurang dari 20 menit kami sudah sampai dibawah. Kami istirahat sejenak di parkiran dengan membeli minum dan menyiapkan persediaan untuk perjalanan berikutnya. Setelah siap, kami langsung menuju air terjun yang terdekat. Dalam hati aku berkata ”Sungguh indah sekali alam yang Engkau ciptakan ini Ya Allah” karena takjub dengan pemandangan itu. Karena saat itu kami benar-benar merasakan lelah setelah mendaki, kami langsung mandi di aliran air terjun. Air yang tidak terlalu deras karena banyak bebatuan, ditambah udara yang cukup dingin membuat aku seakan terhipnotis dengan suasana itu. Tubuhku merasakan seperti dipijat dan rasa lelah, pegal-pegal ku seketika hilang.

Sekitar 1 jam kami mandi di aliran itu, terasa tubuh sudah menggigil akhirnya kami sudahi berendam di aliran air terjun itu. Karena terdapat penjual Pop Mie dan minuman hangat disitu, kami langsung memesan Pop Mie dan Teh hangat untuk menghangatkan tubuh ini. Lagi-lagi aku terpesona melihat air terjun itu sambil menikmati makanan dan minuman hangat ini.

Air Terjun Sumatera Selatan
Melepas lelah setelah pendakian.

So Sahabat Travel Blog, itulah cerita saya tentang pesona yang ada di Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan. Bagi sahabat Travel Blog yang ingin mendaki, Bukit Besar ini saya rekomendasikan karena medan tempurnya tidak terlalu sulit dan pemandangan diatasnya waahh pasti membuat takjub.

Demikianlah tulisan saya pada kali ini, semoga menginspirasi dan saya mendoakan yang berkeinginan kesini bisa segera kesini dan untuk yang sudah pernah kesini bagaimana perasaan teman-teman? Jangan lupa tulis komentar sahabat semua dibawah ini, dan bagikan ke semua sosial media sahabat.