Mencoba Kare Namaste, Restoran India di Negara Matahari Terbit

0
200
Restoran Namaste.

Cita rasa masakan yang dimiliki setiap negara bisa berbeda-beda. Hal ini bisa disebabkan oleh sejarah, budaya, hingga letak geografi negara tersebut. Sebut saja India yang khas dengan masakan penuh rempahnya, atau Jepang yang terkenal dengan rasa masakannya yang terasa alami.

Pernah mencoba masakan India? Negara yang terletak di Asia Barat ini terkenal memiliki cita rasa makanan yang rasa rempahnya terasa sangat kuat, bahkan bagi lidah orang Indonesia. Maklum saja, biasanya mereka memasukkan berbagai jenis rempah dalam satu masakan dalam jumlah yang sangat banyak. Sebut saja kare, dimana bahan utamanya adalah bawang bombay yang dicincang halus. Dalam satu mangkuk kare, bisa terkandung 3 bawang bombay berukuran besar!

Berbeda dengan masyarakat India, masyarakat Jepang justru menyukai rasa asli dari suatu masakan. Bumbu penyedap yang mereka gunakan biasanya berupa parutan sayuran beraroma harum. Masakan mereka umumnya tidak mengandung bumbu berbau tajam seperti bawang putih. Cita rasa masakan mereka cenderung samar. Bahkan bagi orang Indonesia, beberapa masakan Jepang (yang asli) justru terasa hambar.

Kedua negara ini terlihat seperti memiliki selera masakan yang berbeda 180 derajat. Namun bagaimana jika salah satu penduduk dari negara tersebut membuka restoran di negara yang lainnya? Inilah yang saya temukan ketika saya berada di Kota Matsuyama, Jepang. Bermula dari pencarian saya terhadap masakan halal di restoran. Diantara toko-toko hingga restoran dengan tulisan Jepang yang khas, terselip sebuah restoran India-Nepal bernama Namaste dengan pola khas Asia Barat di plangnya.

Para pramusaji menyambut saya dengan ramah begitu saya masuk ke dalam. Sebuah handuk hangat diberikan ketika saya sudah duduk di kursi. Suana di dalam restoran ini cukup calmy, terasa seperti di dalam rumah namun dengan sentuhan seperti mini bar. Terdapat beberapa kursi dan meja untuk pelanggan yang datang beramai-ramai. Bagi yang datang sendiri bisa duduk di depan bar pramusaji. Beberapa lukisan khas India terpasang di dinding. Tak lupa sebuah potret pemandangan Gunung Everest kebanggaan masyarakat Nepal juga terlihat di samping jendela.

Menu di restoran Namaste.

Restoran ini menyajikan menu utama berupa kare dan naan. Yang membedakan adalah bahan tambahan untuk membuat kare-nya seperti ayam, udang, keju, telur, sayur, hingga mentega. Harganya pun bervariasi. Restoran ini juga menyajikan sebuah menu ‘surprise’ yang tidak dituliskan bahan utamanya dan selalu berbeda setiap harinya.

Hari itu saya memesan kare udang seharga 800 yen (sekitar Rp96.000). Menu ini sudah termasuk kare, naan atau nasi, salad, dan air dingin. Seminggu kemudian saya baru mengetahui bahwa Namaste juga menyediakan paket lunch take away dengan harga yang jauh lebih murah. Untuk seporsi kare ayam dengan naan, mereka hanya memasang harga 500 yen (sekitar Rp60.000).

Kare dan Naan. Yummy!

Yang saya suka dari restoran ini adalah rasanya yang cukup enak dan suasanya yang tenang. Bahan yang digunakan juga sudah halal (termasuk ayamnya). Selain itu, kare atau naan bisa diisi ulang sesuka hati kita! Pemilik restoran ini berani menetapkan free refill mungkin karena tahu sifat orang Jepang yang porsi makannya tidak banyak ya, hehe.

Bagi kamu yang belum pernah makan makanan India atau kangen dengan masakan bercita rasa kuat yang halal di Jepang, Namaste adalah restoran yang wajib kamu coba. Tetapi, bagi kamu yang menyukai masakan India asli yang terasa kuat di lidah, mungkin kamu akan sedikit kecewa dengan restoran ini. Rasa dari kare di restoran ini telah disesuaikan dengan lidah masyarakat Jepang, sehingga rasanya tidak terlalu kuat. Berbeda jika saya membeli bumbu kare instan atau bumbu lain yang khas India di supermarket. Begitu dibuka saja, beuh! Aromanya langsung menusuk hidung! Bisa kamu bayangkan jika Namaste menyediakan kare dengan rasa asli khas India? Mungkin orang Jepang akan kapok makan di sana, hehehe.

Oh ya, kalau kamu ingin berkunjung, Namaste berada di 3 Chome-4-14 Nibancho, Matsuyama, Ehime 790-0002, Jepang. Selamat berkuliner India!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.