Mencicipi Steak Ala Kota Solo di Warung Selat Mbak Lies

0
293
Selat Saos.

Jawa Tengah memang terkenal akan kulinernya yang manis dan legit, mulai dari kudapan, makanan berat, sayuran, hingga minuman yang didominasi rasa manis. Apabila travelovers mendengar kuliner Jawa Tengah, pasti langsung tertuju pada gudeg, tengkleng, ataupun nasi liwet, kan? Namun, bukan hanya itu saja.

Salah satu kota di Jawa Tengah yang menawarkan jajaran kuliner khasnya ada di Kota Solo atau Kota Surakarta. Jajaran sentra kuliner dan street food-nya memang beragam. Para pecinta daging akan dimanjakan oleh tengkleng, iga, dan juga olahan-olahan daging lainnya di kota ini. Salah satu menu olahan daging yang legendaris di Kota Solo adalah makanan bernama selat.

Selat sendiri merupakan menu perpaduan antara Eropa dan Jawa, yaitu olahan daging sapi dengan kuah encer dari oalahn bawang, cuka, kecap, merica, pala, dan gula lalu disajikan dengan kentang dan sayuran. Kalau dilihat dari penampakannya, akan terlihat seperti steak, namun disiram dengan kuah yang encer. Tempat yang saya rekomendasikan untuk menikmati selat di Solo adalah Warung Selat Mbak Lies.

Suasana Warung Selat Mbak Lies.

Banyak hal menarik yang bisa travelovers temukan di Warung Selat Mbak Lies mulai dari keunggulan ragam menu, cita rasa, dan juga suasana kedainya. Apabila travelovers usai mengunjungi Kerataon Solo, travelovers bisa langsung meluncur ke area Warung Selat Mbak Lies, karena letaknya cukup berdekatan tepatnya di daerah Serengan. Warungnya tepat terletak di area gang kecil, yaitu Gang Serengan II, No 42.

Setelah berjalan beberapa saat, kita akan menemui Warung Selat Mbak Lies. Warungnya berhadapan, jadi travelovers bisa memilih area kanan atau kiri. Pada area kanan terdapat lokasi untuk lesehan, sedangkan di area kiri terdapat lesehan dan meja. Selain itu, dekorasinya sangat unik, karena terpampang aneka hiasan dinding yang antik. Bukan hanya hiasan dinding saja, tapi juga meja kursi antik berjajar dan suasananya sangat colorful! Saya sangat menyukai hiasan interior di dalamnya, terlihat sangat unik, namun juga classy.

Selat Mbak Lies mempunyai berbagai menu andalan, bukan hanya selat daging, tapi masih ada menu variasi lainnya. Menu yang ditawarkan seperti timlo, selat lidah, selat bistik, selat galantik (kuah segar), selat galatin (kuah saus), sup manten, sup matahari, gado-gado lontong, tahu acar, serta stup makaroni. Harga makanannya dibanderol mulai dari Rp14.000-Rp22.000. Untuk minumannya sendiri, tersedia aneka jus buah, es soda gembira, es teller, es campur, es sirup, dan lainnya. Harga minumannya mulai dari Rp4.000-Rp22.000. Bukan cuma makanan berat saja, di setiap meja disediakan aneka camilan khas Kota Solo, seperti sosis solo, kacang mete, ataupun pisang rebus. Travelovers tinggal memilih saja!

Dekorasi Selat Mbak Lies.

Tak usah khawatir, karena fasilitas di Warung Selat Mbak Lies ini lengkap, mulai dari kamar mandi dan akomodasi seperti mushala. Dekorasi yang menarik ala zaman Belanda juga menambah daya tarik sebagai latar belakang untuk berfoto. Hal yang menarik lagi, pelayan dan pekerja di warung ini menggunakan dress code pakaian jawa, pada saat itu pekerjanya menggunakan pakaian lurik beserta blankon. Menambah kesan Jawa Tengah di Warung Selat Mbak Lies ini.

Makan kenyang nan nikmat, ditambah tempat yang nyaman, menjadi Selat Legendaris milik Mbak Lies ini selalu ramai pengunjung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.