Mencicipi Soto Gading, Soto Langganan Jokowi

0
207
Soto Gading.

Kota Solo memang sudah terkenal sejak lama dengan sebutan kota surganya kuliner. Maka tak heran jika terdapat banyak sekali pilihan tempat kuliner yang bisa kita sambangi ketika sedang berkunjung ke Solo. Salah satu kuliner legendaris yang wajib dicoba adalah Soto Gading. Bahkan saking legendarisnya, Presiden Joko Widodo juga sudah menjadi pelanggan tetap sejak masih menjabat sebagai Walikota Solo, loh!

Ramainya Warung Soto Gading.

Soto Gading terletak di Jalan Brigjen Sudiarto No. 75, dekat dengan Alun-alun Kidul Surakarta. Pengambilan nama “Gading” yang menjadi merk soto legendaris ini bukan dikarenakan ada hubungannya dengan gajah, melainkan posisi warung yang berada di kawasan selatan Keraton Kasunanan Surakarta yang bernama Gading. Tempat ini didirikan oleh Siswo Martono sejak tahun 1974, saat ini Soto Gading telah memiliki 3 cabang lainnya, yakni Soto Gading 1, 2, dan 4. Letak warung Soto Gading 4 tidak jauh dari Soto Gading 1 yang menjadi warung pertamanya, yakni hanya berjarak sekitar empat bangunan dan masih berada di Jalan Brigjen Sudiarto. Sedangkan Soto Gading 2 terletak di Jalan Veteran No. 285.

Menu Utama Soto Gading yang Nikmat

Soto Gading menyajikan menu utama soto dengan kuah kental dari kaldu ayam bening. Isiannya ada suwiran ayam, soun, serta taburan seledri dan bawang goreng. Rasanya sangat nikmat dan segar karena rasa soto yang didominasi oleh rasa kuah kaldu ayam yang ringan dan tidak banyak rempah. Sebagai pendamping makan soto, Soto Gading juga menjajakan aneka gorengan, empal, sate usus, sate daging sapi, sate kerang, perkedel, sosis solo, dan berbagai makanan pendamping soto lainnya yang disajikan di tengah-tengah meja makan pengunjung.

Soto Gading.

Selain itu, untuk minuman tidak hanya es teh dan jeruk saja yang ditawarkan seperti di kedai-kedai soto lainnya, Soto Gading juga menjual berbagai macam minuman tradisional seperti beras kencur dan es degan yang sangat nikmat bila diseruput setelah menghabiskan semangkuk Soto Gading yang segar. Uniknya, sambal yang disajikan di Soto Gading terdapat 2 macam, yakni jenis sambal soto standar dan jenis sambal soto yang sudah ditambah dengan kecap. Jika ingin makan soto dengan sensasi kelezatan yang berbeda, penulis sarankan untuk mencampurkan kuah kaldu soto dengan sambal kecap dan sedikit perasan jeruk nipis, lalu makan sembari mencicipi aneka pendamping makan soto sesuai selera, serta meneguk segelas es beras kencur setelah menghabiskan soto. Maknyuuss!

Es beras kencur.
Soto Gading Digemari Banyak Kalangan

Harga yang ditawarkan untuk semangkuk soto masih sangat terjangkau, yakni Rp 11.000 untuk satu porsi soto dan nasi yang disajikan terpisah, dan Rp 7.000 saja untuk satu porsi soto nasi yang dicampur. Untuk aneka makanan pendamping soto, harga dibanderol mulai dari aneka gorengan yang harganya Rp 1.000 hingga empal yang harganya Rp 11.000 saja. Dengan harga yang terjangkau, maka tak heran jika Soto Gading digemari oleh berbagai kalangan termasuk para presiden dan pejabat negara. Sebut saja Presiden Joko Widodo yang sudah menjadi pelanggan tetap sejak menjabat sebagai Walikota Solo, dan tiga mantan presiden lainnya yakni Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarnoputri, dan Abdurrahman Wahid.

Aneka makanan pendamping soto yang disajikan di tengah meja pengunjung.

Banyaknya kalangan yang menjadi langganan di Soto Gading membuat warung selalu ramai di setiap harinya. Maka tak heran jika pengunjung terkadang harus antre dan bertoleransi dengan pengunjung lainnya jika warung sedang ramai-ramainya, terutama di jam makan siang. Ada pun Warung Soto Gading buka dari pukul 05.30 – 15.30.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.