Mencicipi Sate Maranggi Sari Asih yang Begitu Nagih

0
300
Sate Maranggi dan Ketan Bakar.

Daerah puncak adalah salah satu destinasi favorit warga Jebodetabek untuk berlibur. Suhunya yang sejuk serta banyaknya lokasi wisata dan villa membuat Puncak menjadi destinasi mainstream untuk berlibur bagi warga ibukota. Hal ini menyebabkan jalan menuju Puncak seringkali macet parah terutama di hari-hari libur.

Bagi orang-orang yang sangat tidak menyukai kemacetan seperti saya, daerah Puncak merupakan salah satu daerah yang saya hindari sebagai destinasi liburan. Namun ada satu wisata kuliner yang membuat saya rela untuk bermacet ria dari Jakarta demi merasakan nikmat kulinernya: Rumah Makan Sate Maranggi Sari Asih!

Sate maranggi adalah sate daging sapi atau kambing yang memiliki bagian lemak/gajih di dalam satu tusukan dengan rasa yang dominan pedas-manis. Yang membedakan sate maranggi dengan sate lainnya adalah penggunaan bumbunya. Sate maranggi menggunakan bumbu dengan rasa ketumbar yang menonjol seperti dendeng. Sate ini memiliki rasa yang kuat karena bumbu dibalurkan semalaman sebelum sate dibakar, sehingga dapat dihidangkan tanpa saus tambahan layaknya sate pada umumnya.

Asap Satenya Selalu Mengebul 24 Jam.

Salah satu rumah makan yang menyediakan sate maranggi dengan rasa yang menurut saya sangat enak adalah Sate Maranggi Sari Asih. Lokasinya berada di Jalan Raya, Pacet Kabupaten Cianjur yang berjarak sekitar 35 Km dari Pintu Tol Puncak. Meski cukup jauh, namun lokasinya cukup mudah ditemukan. Ini terlihat dari ramainya kendaraan pengunjung serta asap dari pembakaran sate yang selalu mengepul.

Alih-alih terlihat mewah seperti rumah makan pada umumnya di daerah Puncak, Rumah makan Sate Maranggi Sari Asih terlihat sangat sederhana. Bangunannya hanya berupa tiga ruko yang menjadi satu. Ruko pertama dan kedua di sisi utara sebagai tempat pengunjung untuk bersantap, sedangkan ruko ketiga digunakan sebagai garasi motor.

Meski terlihat sederhana, namun rasa satenya jangan ditanya! Sate Maranggi Sari Asih selalu ramai oleh pengunjung, mulai dari wilayah Jabodetabek hingga Bandung dan sekitarnya. Banyak kursi dan meja panjang berjejer, namun seringkali tidak mampu menampung seluruh pelanggan yang datang. Saking ramainya, tidak sedikit pengunjung yang terlihat antre menunggu tempat duduk atau memilih makan di dalam mobil.

Bangunannya Sangat Sederhana.

Sate Maranggi Sari Asih hanya menjual sate maranggi dari daging sapi dengan dua variasi: daging polos dan campur lemak, yang disajikan di atas daun pisang. Dagingnya terasa sangat empuk, sedangkan lemaknya (secara ajaib) terasa lumer di mulut. Tidak lupa dengan hangatnya ketan bakar sebagai teman makan. Ups, jangan lupa untuk menyiramkan oncomnya! Sensasi perpaduan dagingnya yang empuk, lemak yang meleleh di mulut, serta bumbunya yang gurih membuat Sate Maranggi Sari Asih terasa begitu nagih!

Harga yang ditawarkan juga cukup murah. Setiap tusuk satenya hanya seharga Rp 4.000 untuk daging polos dan Rp 3.000 untuk campur lemak. Selain sate, Sari Asih juga menyediakan nasi seharga Rp 3.000, harga yang sama untuk ketan bakarnya. Tidak lupa berbagai minuman seperti teh manis hingga es kelapa jeruk yang siap menyegarkan tenggorokanmu. Tersedia pula teh tawar hangat yang bisa kamu ambil sendiri di atas meja secara cuma-cuma.

Bangunannya Sangat Sederhana.

Oh iya, Sari Asih hanya menyediakan menu utama berupa sate maranggi. Mereka tidak menyediakan menu lain seperti sayuran atau lalapan. Hal inilah yang membuat penyajiannya cukup cepat meskipun selalu ramai pengunjung. Kalau kamu khawatir dengan kolesterolnya, mungkin kamu bisa membawa sendiri irisan tomat atau timun untuk mengurangi lemak? đŸ˜€

Sate Maranggi Sari Asih selalu ramai dikunjungi pelanggan setiap harinya, terutama di jam makan siang/malam. Apalagi di hari libur saat pemandangan ramainya pengunjung dan area parkir yang selalu penuh sudah menjadi hal yang biasa. Namun jangan khawatir kehabisan atau tokonya tutup saat kamu datang karena Sate Maranggi Sari Asih buka 24 jam non stop!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.