Mencicipi Kuliner Khas Kediri yang Orang Jarang Tahu di Depot Nasi Gurih Pocanan

0
188
Penyajian Nasi Gurih.

Tidak banyak orang di luar Kota Kediri yang mengetahui bahwasanya Kota Kediri memiliki kuliner khas yang bernama nasi gurih. Kalau di daerah sekitaran Jakarta kita pasti sudah mengenal yang namanya nasi uduk. Nasi gurih dan nasi uduk pada dasarnya hampir sama, yaitu sama-sama memakai santan sebagai bahan dasar. Perbedaannya terletak pada jumlah pemakaiannya. Kalau nasi uduk hanya nasinya yang dimasak memakai santan, sedangkan nasi gurih memakai santan untuk memasak hingga ke lauk-lauknya.

Perjalananku pencarian kuliner nasi gurih berlabuh pada Depot Nasi Gurih Pocanan Bu Kuncoro. Lokasinya terletak di Jalan Ronggowarsito no 57. Depot ini adalah rekomendasi dari ayahku sendiri yang dulunya besar di Kediri. Ukuran depot cukup kecil dan lokasinya sangat dekat dengan tikungan memasuki Jalan Ronggowarsito. Selain itu, tidak ada papan nama depot yang terlihat dari jalan. Jadi, bagi kalian yang ingin mencari depot ini, begitu berbelok ke kanan memasuki Jalan Ronggowarsito, langsung fokuskan pandangan kalian ke sebelah kanan. Gedung pertama yang pintunya terbuka itulah depot ini. Jam bukanya mulai pagi hingga sore saja.

Menu Depot.

Pertama masuk, mataku langsung tertuju pada deretan kalender yang dipasang rapi memutari dinding ruangan. Sama seperti depot-depot ramai lainnya di kota ini, semakin banyak kalender yang dipasang berarti semakin banyak pula pelanggan depot ini. Dalam hati aku langsung berkata “Pilihan yang tepat untuk mencoba depot ini.” Tidak hanya menyajikan nasi gurih, depot ini juga menyediakan menu lainnya seperti nasi lodoh, nasi campur, dan nasi rawon. Menunya yang ditawarkan tidak banyak. Aku tetap memesan nasi gurih sesuai misi awalku.

Untuk menyajikan sepiring nasi gurih tidak butuh waktu yang lama karena tidak ada lauk yang butuh dimasak lagi. Semuanya sudah siap hanya tinggal dicampur menjadi satu saja. Ibu penjual mulai dengan mengambil piring rotan yang kemudian dilapisi dengan kertas makan dan daun pisang. Setelah itu nasi gurih diambil. Lauk pertama yang dimasukan adalah mie goreng. Kemudian disusul dengan menambahkan sayur manisa beserta kuah sayurnya yang disiramkan langsung ke atas nasi gurih. Selanjutnya adalah menambahkan suiran ayam sesuai pesanan kita mau bagian apa. Terakhir ditutup dengan menambahkan serundeng dan sambal. Satu porsi nasi gurih siap dihidangkan.

Nasi Gurih.

Ketika nasi gurih sudah di depan mata, jangan terburu untuk mencampur semua lauk terlebih dahulu. Aku sarankan lakukan seperti yang kulakukan yaitu mencicipi satu persatu lauk yang disajikan. Aku mulai dari sayur manisanya terlebih dahulu karena ini yang paling mendominasi piring. Sayur manisa yang dihidangkan lengkap dengan tahu putih, dan pete. Kuah sayur ini memberi tambahan rasa gurih dan pedas sedap pada keseluruhan hidangan ini karena kuah sayur ini juga mengandung santan dan dimasak dengan cabai utuh. Bagiku pribadi dengan karakterku yang senang makanan berkuah, aku merasa sayur manisa ini berperan besar dalam memberi kenikmatan satu hidangan ini.

Lanjut dengan mencoba suiran ayamnya. Daging ayam ini bukan hanya sekedar daging ayam goreng. Menurutku pribadi, ayam ini juga direndam dengan santan terlebih dahulu sebelum digoreng. Ada rasa gurih dan aroma yang jauh lebih harum dibandingkan dengan ayam goreng biasa.

Suasana Depot.

Selesai dengan mencoba satu per satu, saatnya mencampur semua lauknya menjadi satu. Kali ini rasa menjadi jauh lebih gurih karena tercampur dengan serundeng. Kenikmatan hidangan ini naik berlipat ganda. Aku langsung meminta tambah serundeng. Satu porsi kuhabiskan dengan cepat.

Harga satu porsi nasi gurih sebesar Rp 15.000. Harga yang bagiku sangat murah untuk mendapatkan satu porsi nasi yang luar biasa nikmatnya dengan ukuran porsi yang pas untuk membuat perut kenyang. Tidak ada alasan untuk tidak mencoba kuliner ini kalau main ke Kota Kediri. Yuk segera dicoba!

Salam Nikmatnya Kuliner Nusantara!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.