Mencegah Bau Mulut Saat Berpuasa

0
1335
(sumber: alodokter.com)

Masalah umum yang sering dialami oleh orang yang sedang berpuasa adalah bau mulut yang tak sedap. Walaupun sebenarnya banyak faktor yang membuat bau mulut tak sedap seringkali terjadi oleh yang berpuasa, bahkan sulit dihindari. Bau mulut tak sedap terkadang memang membuat aktivitas terganggu dan tidak nyaman. Jika tahu caranya dan telaten pula dilakukan, kamu bisa juga berpuasa dengan napas yang tidak mengganggu.

Pada saat berpuasa, lemak dalam tubuh ikut dibakar oleh tubuh jika sumber energi habis terkuras dan lemak yang dibakar menghasilkan senyawa yang disebut sebagai keton. Senyawa keton ini memiliki bau yang cukup signifikan dan membuat mulut bau. Air liur pun berperan sebagai penetralisir zat asam yang berasal dari plak juga menghilangkan sel-sel mati yang tertinggal di mulut, karena pada saat berpuasa produksi air liur berkurang, sel-sel mati pada mulut dapat memicu bau mulut. Pemicu lainnya bisa berdasarkan makanan yang dikonsumsi saat sahur dan kurang bersih pada saat membersihkan area mulut.

Bersihkan Area Mulut Secara Menyeluruh

(sumber: unsplash.com)

Bersihkan area mulut sehabis sahur, sebelumnya pastikan pasta gigi yang digunakan mengandung fluoride yang berfungsi untuk menghilangkan plak di gigi. Bersihkan juga lidah dan dental floss atau benang gigi setelahnya. Jangan lupa berkumur dengan obat kumur, setelah semua ritual tersebut dilakukan.

Bagi Perokok Aktif, Hindari Rokok Saat Sahur

(sumber: unsplash.com)

Perokok aktif mungkin sulit untuk menghindari rokok setelah makan terutama saat sahur. Namun, saat akan menjalankan puasa, sebaiknya hindari merokok di waktu sahur karena akan berdampak bau mulut. Terlebih, tembakau pada rokok adalah pemicu utama bau mulut dan dampak lainnya adalah gangguan pada gusi.

Minum Air Putih Sesering Mungkin

(sumber: unsplash.com)

Perbanyak konsumsi air putih untuk mengantisipasi mulut kering saat berpuasa. Karena salah satu pemicu kondisi bau mulut adalah mulut kering karena produksi air liur yang sedikit.

Pilah-Pilih Lagi Apa yang Dimakan

(sumber: unsplash.com)

Setelah banyak tips yang dijalani, semua akan terasa percuma jika tidak didukung dengan pilihan makanan yang tepat. Hindari makanan yang menyengat atau mengandung kandungan gas. Selain menghindari dampak bau mulut, hal tersebut menghindarkanmu dari dampak perut kembung dan GERD.

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.