Mencari dan Mencicipi Gurihnya Siput Laut Saat Traveling ke Pantai

0
359
Siput Laut .

Seringnya, saya datang ke pantai hanya untuk berenang, bermain bodyboarding, belajar surfing, atau hanya bersantai menikmati keindahan alam dan kesegaran udara pantai, lalu pulang. Dan, biasanya saya datang ke pantai saat pagi hari dan pulang menjelang siang. Tapi, karena saya sudah lama tidak pergi ke pantai, akhirnya pada minggu kemarin saat saya mempunyai kesempatan untuk trip ke Pantai Lippo Carita, saya sengaja untuk berada di pantai ini lebih lama, bahkan sampai sore hari.

Di saat sore hari, saya menghabiskan waktu hanya dengan duduk-duduk di bawah pohon sambil berisitirahat setelah lelah berenang dan bermain bodyboarding. Pantai Lippo Carita ini termasuk pantai yang teduh, karena ditumbuhi oleh pohon-pohon yang besar dan rindang. Dan, ternyata semakin sore semakin banyak hal menarik yang bisa saya dapatkan di area pantai ini. Misalnya, banyak rumpon nelayan di tengah laut yang semakin jelas terlihat dan banyak nelayan yang mondar mandir menggunakan perahunya untuk menjaring ikan.

Pantai Lippo Carita yang Teduh dan Berpasir Putih.

Tapi, hal yang paling menarik yang saya dapatkan adalah ketika penduduk setempat beramai-ramai turun ke pantai yang sedang surut untuk mencari siput laut. Mereka terlihat berkumpul di sekitar garis pantai yang berpasir sambil membawa wadah. Wadah yang mereka bawa untuk menyimpan siputnya yaitu berupa mangkuk plastik, kantong plastik, jaring kecil, atau bahkan panci agar lebih mudah ketika ingin langsung memasaknya.

Saya akhirnya ikut bergabung untuk mencari siput laut. Tapi, saya mungkin tidak terlalu lihai untuk melihat keberadaan siput laut yang biasanya bersembunyi di bawah pasir laut. Berbeda dengan seorang bapak yang begitu jeli untuk mengetahui keberadaan siput laut ini dan menangkapnya dengan sangat mudah. Menurutnya, ketika ombak surut, akan terlihat gelembung air dan titik-titik pasir berwarna hitam yang muncul ke permukaan pasir. Disitulah siput laut bersembunyi, dan kita hanya tinggal menggali pasirnya dengan tangan. Hanya saja, kita harus menggalinya dengan cepat dan mengambil siputnya sebelum ombak laut menyapunya kembali.

Penduduk Setempat Sedang Mencari Keong Laut.

Beberapa anak, ibu, dan bapak berkumpul di sepanjang garis pantai selama sekitar satu jam. Setelah merasa cukup, mereka langsung merebusnya diatas perapian yang mereka buat sendiri secara sederhana. Panci yang digunakan untuk merebus siput, hanya diganjal dengan beberapa buah batu karang dan disuluh dengan beberapa potongan ranting pohon atau batok kelapa yang didapat di sekitar pantai. Siput laut yang sudah masak ini dimakan sebagai pelengkap nasi atau sering juga hanya untuk cemilan sore saja apabila siput yang didapat tidak terlalu banyak. Rasa siputnya sangat gurih walaupun tidak memakai bumbu apapun, hanya sedikit garam yang ditambahkan ke dalam rebusan airnya.

Bagi sebagian orang, termasuk saya, memakan siput laut mungkin akan terasa sedikit aneh, karena belum terbiasa. Tapi, bagi penduduk setempat ini, siput laut menjadi makanan sehari-hari mereka dan merupakan lauk yang sangat gurih untuk dimakan langsung. Tidak berbau amis, karena siputnya baru saja ditangkap. Fresh from the oven!

By the way, karena Pantai Lippo Carita ini karakteristik pantainya berpasir, jadi mereka hanya bisa mendapatkan siput laut saja, sedangkan untuk pantai-pantai berkarang lainnya yang berada di sepanjang garis pantai kampung carita ini, mereka malah bisa mendapat kepiting, ikan, siput mata peucang, dan binatang laut lainnya yang terperangkap di sela-sela karang ketika air lautnya sedang surut.

Nah, itulah pengalaman saya saat trip ke Pantai Lippo Carita. Ternyata, saya mendapatkan pengalaman berharga yang tidak terpikir sebelumnya oleh saya. Mencari dan mencicipi siput laut di sekitar pantai berpasir mungkin menjadi hal yang biasa bagi sebagian orang, tapi menjadi pengalaman yang tidak terlupakan bagi saya dan menjadi sebuah cerita seru untuk dibagikan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.