Menapaki Jejak Keindahan Pulau Kecil di Gili Kedis, Lombok Barat

0
202
Sunset di Gili Kedis.

Lombok identik dengan berbagai pulau kecil (gili) yang dimilikinya. Setidaknya ada 35 gili yang berada di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gili yang dimiliki oleh Lombok memliki keindahan alam dan panorama pegunungan yang luar biasa. Mulai dari pasir putihnya yang indah, panorama alam yang natural, dan juga keindahan bawah lautnya yang memanjakan mata para penyelam.

Gili atau pulau kecil di Lombok banyak dikenal oleh wisatawan, baik lokal maupun mancanegara, dan gili yang dikenal dengan keindahan pantainya adalah Gili Kedis. Gili Kedis sendiri merupakan pulau kecil yang tepatnya berada di Sekotong Barat. Meskipun pulaunya kecil, kurang lebih selebar lapangan sepakbola, wisatawan tetap saja ingin menikmari keindahannya. Di Gili Kedis juga terdapat pasir putih yang sangat indah. Para wisatawan sering bermain pasir dan berswafoto di atas pasir putih di gili ini.

Bila ingin melihat keindahan bawah laut, Gili Kedis sangat cocok bagi pengunjung yang ingin snorkeling ataupun berenang. Keindahan alam bawah lautnya sangat memanjakan mata para wisatawan. Di sana kurang lebih ada 150 spesies ikan laut dan 240 spesies terumbu karang yang berada di pinggir pantainya. Untuk bisa melihat keindahan bawah laut, kita harus mempunyai alat menyelam. Tetapi, untuk wisatawan yang tidak mempunyai alat selam, terdapat tempat untuk menyewa alat tersebut di gili ini. Alat selam yang disewa biasanya sudah satu paket dengan akomodasi, dokumentasi, dll.

Gambar bintang laut yang saya photo di Gili Kedis.

Wisatawan dari macanegara biasanya menghabiskan waktunya di Gili Kedis untuk berjemur dan bersantai. Di gili ini terdapat tempat untuk berjemur berupa gazebo yang telah disediakan oleh penjaga disana. Di sore hari, ketika matahari mulai terbenam, di sanalah momen yang paling tepat untuk menyaksikan keindahan lain di gili ini. Dijamin, kalian akan mendapatkan kenangan yang tak terlupakan di sana.

Sunset di Gili Kedis paling dicari oleh para wisatawan. Mereka rela menunggu hingga matahari benar-benar terbenam agar bisa mengabadikan momen indah tersebut dengan sempurna. Tidak ketinggalan juga terdapat ayunan yang sengaja di bangun oleh para warga di sana, menambah keindahan di pulau mungil.

Bukan hanya cocok untuk snorkeling dan berfoto, Gili Kedis juga sangat cocok untuk wisatawan yang ingin sekali camping atau menginap. Di sini, wisatawan dibolehkan untuk membuat camp atau membuat tenda untuk menginap. Suasana yang sepi dan alami menjadikan Gili Kedis sebagai tempat yang indah untuk bermalam. Wisatawan bisa mengajak teman, keluarga, dan kerabat lainnya untuk membuat camp di Gili Kedis. Mereka dapat membakar ikan, bermain gitar, dan hal-hal lain untuk menghabiskan malam di gili ini sembari menikmati keindahannya. Nah, saya sendiri dengan beberapa teman sering menghabiskan waktu dan kadang-kadang nge-camp karena keindahan dan ketenangan alamnya.

Wisatawan mancanegara yang sedang berlibur ke sini, sangat menyenangkan katanya.

Oh iya, di sana tidak disediakan penginapan karena wilayahnya yang tidak terlalu luas. Tetapi, untuk fasilitas seperti gazebo dan toilet sudah tersedia di sana. Apabila kalian ingin menginap, sebaiknya cari penginapan di Gili Nanggu saja karena di sana sudah terdapat banyak homestay atau valley. Untuk biaya per malamnya sekitar Rp 600.000. Lumayan mahal sih ya, tapi fasilitasnya bagus dong!

Oh iya, selain apa yang sudah dijelaskan di atas, untuk mencapai Gili Kedis, kita hanya perlu menyewa boat atau kapal kecil di pelabuhan yang berada di Sekotong Barat. Nama pelabuhannya Tanjung Kelor. Dari sana kalian hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit saja untuk sampai ke tujuan. Untuk harga sewa boat  Rp 250.000. Jika kalian berlibur bersama teman-teman atau kerabat, ongkos kapal bisa patungan, lebih hemat, kan? Selain itu, untuk entry pass (tiket), kalian akan dikenakan biaya Rp 5.000 per orang.  Murah, bukan? Yuk berlibur ke Gili Kedis!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.