Menapaki Gunung Kencana

0
199
Lanscape pemandangan dari puncak gunung Kencana. Sangat jelas indah dan gagah bukan sosok Gunung Gede Pangrango.

Gunung Kencana ini berlokasi lebih tepatnya di Kampung Rawa Gede, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor. Ketinggian Gunung Kencana ini adalah 1,803 mdpl. Untuk menuju puncak Gunung Kencana, anda bisa masuk melalui kawasan wisata Telaga Warna, Cisarua, Kabupaten Bogor.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, dapat langsung menuju Kampung LC (Lahan Cadangan) yang merupakan titik terakhir pemberhentian kendaraan sebelum memasuki jalur pendakian Gunung Kencana. Tetapi sebelum itu, Anda harus menemukan patokan jalan yaitu Kampung Cikoneng, tepatnya SD Cikoneng yang berada di pertigaan jalan sebelum masuk ke Kampung LC.

Puncak Gunung Kencana cukup ditempuh sekitar 45 menit dari pos pendaftaran. Hanya terdapat dua pos untuk mencapai puncaknya, meski begitu medan pendakian cukup ekstrim dan menguras tenaga. Perjalanan dimulai dari Basecamp Gunung Kencana menaiki tangga dari bilah kayu dengan nama “Tanjakan Sambalado” dengan jarak tanjakan tersebut yaitu 350 jarak sebenarnya dan kemiringan 25o – 45o. Ujung Tanjakan Sambalado terdapat pos 1 dengan luas 2×2 meter. Setelah melewati Tanjakan Sambalado perjalanan dilanjutkan menuju puncak. Jalan kali ini lebih landai dan juga tidak terlalu berat. Perjalanan menuju Puncak membutuhkan waktu kurang lebih 20 menit dengan panjang jalur 440 meter (jarak sebenarnya). Puncak berada di ketinggian 1903 Mdpl.

Kaki gunung Kencana dengan penuh Tumbuhan Teh yang luas menjadi salah satu spot foto terbaik disini.

Puncak Gunung Kencana seluas 2 lapangan voli. Ini cukup luas untuk menampung banyak tenda. View yang tersaji setelah sampai di puncak sangat memesona. Jika cuaca cerah, Gunung Pangrango, Gunung Gede, dan Gunung Salak terlihat gagah berdiri menyapa Anda. Ditambah dengan bentangan luas kebun teh kawasan Puncak.

Selain menikmati indahnya pemandangan dari ketinggian, Anda juga dapat berkemah hanya dengan membayar biaya sebesar Rp 10.000,- per malam. Ketinggiannya yang hanya 1.802 mdpl memungkinkan Anda untuk melihat kerlap-kerlip lampu kota. Jika mendongakkan kepala ke atas, gantian kerlap-kerlip bintang yang akan memberikan Anda keindahan.

Meskipun begitu masih ada juga dua puncak yang jarang dijamah oleh kebanyakan orang yaitu Puncak Luhur dan Puncak Rimba. Di Puncak Rimba kita bisa menemukan jenis tumbuhan Nepenthes yang masih hidup di sana. Namun untuk ke sana cukup sulit karna jalan yang harus naik turun punggungan serta masih banyak pacet yang siap menyedot darah kapan pun apa lagi saat musim basah.

Kadang banyak juga SISPALA yang melaksanakan diklat di daerah itu karena lokasi yang masih rapat dengan pepohonan serta masih banyak tumbuhan-tumbuhan yang masih bisa dikonsumsi di hutan daerah Gunung Kencana tersebut.

Puncak Gunung Kencana ketika pertama kali bertemu dengan dia. Sangat gagah dan bagus.

Meskipun begitu surga kecil di atas Gunung Kencana, Luhur dan juga Rimba masih belum banyak yang tau dan dikunjungi. Tapi dapat direkomendasikan untuk kegiatan pendakian karna ketinggian puncak yang lumayan, trek pendakian yang pendek menuju puncak Kencana serta background Gunung Gede Pangrango sebagai spot utama di lokasi tersebut.

Bagi kamu warga Jabodetabek yang sedang rindu mendaki gunung namun hanya punya libur 1 hari, Gunung Kencana di Bogor bisa menjadi alternatif. Gunung yang berada di kawasan puncak ini juga bisa menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang baru memulai kegiatan mendaki sebagai ajang pengenalan sebelum menyambangi gunung-gunung lainnya yang lebih tinggi. Sebab gunung ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit – 1 jam perjalanan. Meski terbilang singkat, tapi jangan mengganggap remeh, karena Gunung Kencana punya trek yang cukup menantang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.