Memandang Semarang dari Ketinggian di Mr K Bukit Gombel

0
389
Suasana bagian dalam resto Mr K Gombel.

Semarang tidak hanya seputar Lawang Sewu, Pantai Marina, dan Simpang Lima. Kota ini amat luas dan saking luasnya belum banyak tempat di kota ini yang belum saya jelajahi. Salah satu tempat menarik di Semarang yang sayang untuk dilewatkan adalah Bukit Gombel.

Bukit ini merupakan bukit yang membatasi wilayah Semarang Bawah – daerah Simpang Lima dan sekitarnya – dengan Semarang Atas yakni Banyumanik dan Ungaran. Banyak orang yang menyebut bukit ini angker karena banyak hantu wewe gombel di sana. Makanya, saya penasan apakah memang bukit ini benar seram adanya.

Saya mencoba melihat peta di Google Map dan ternyata banyak tempat menarik kok di sana. Malah, dari ulasan yang ada, ada sebuah tempat makan unik yang bisa memanjakan mata pengunjungnya. Tempat makan itu adalah Mr. K Gombel Semarang.

Menu steak ayam jamur.

Berhubung hari masih sore, saya mencoba untuk naik Bus Trans Jateng koridor Stasiun Tawang-Terminal Bawen dari arah Layur tempat saya menginap. Nantinya, saat pulang dari tempat ini saya baru memesan ojek daring. Saya turun di Halte Gombel 1 dan harus berjalan sekitar 400 meter. Tempat makan yang saya tuju tak jauh dari Taman Tabanas yang menjadi ikon Bukit Gombel ini.

Cukup ngeri juga sebenarnya untuk berjalan di Bukit Gombel ini. Bukan cerita seram yang saya dengar melainkan kendaraan yang melaju dengan amat kencang. Tanjakan curam memang menjadi alasan para pengendara yang akan menuju Bukit Gombel atau Banyumanik ini. Makanya, saya harus hati-hati.

Mr K ternyata sudah buka sejak siang hari. Saya langsung masuk ke ruangan dalam melalui sebuah lorong kecil. Dari depan, memang tempat ini tak terlihat. Namun, kita bisa bertanya kepada juru parkir agar bisa menunjukkan jalan masuknya.

Lanskap Kota Semarang dari balik kaca.

Saat masuk ke ruang utama, saya langsung terkejut. Pemandangannya benar-benar indah. Lanskap Kota Semarang yang apik terhampar di balik kaca tempat itu. Para pengunjung sudah mulai memenuhi bagian favorit tempat bersantap itu. Tak perlu waktu lama, saya langsung meminta pelayan resto ini untuk membawakan menu yang bisa saya pesan.

Saya memilih di pojokan yang dekat dengan jendela agar bisa mengamati Semarang dengan cukup baik. Saya kira, harga yang ditawarkan mahal. Ternyata tidak. Rata-rata, menu makanan dijual mulai harga Rp 10.000 hingga Rp 50.000 . Ada menu makanan berat seperti nasi ayam dan nasi goreng serta ada pula camilan. Saya pun memilih kentang goreng dan steak ayam jamur. Harga kentang goreng yang saya pesan adalah Rp 15.000 sedangkan steak ayam hanya Rp 24.000 saja. Itu sudah termasuk air mineral jadi saya tak perlu memesan minum lagi.

Suasana bagian dalam resto Mr K Gombel.

Sambil menunggu pesanan, saya melihat lagi pemandangan indah yang ada di depan saya. Eh, dari kejauhan ternyata terlihat Laut Jawa dengan beberapa kapal yang bersandar. Pasti itu Pelabuhan Tanjung Emas. Sesekali, beberapa pesawat mulai turun dan saya yakini sedang menuju Bandara Ahmad Yani. Tampak pula keramaian Kota Bawah Semarang yang berpadu dengan gedung pencakar langit yang megah. Semarang yang cantik bisa saya saksikan dari sini. Saya tak sia-sia jauh-jauh datang ke sini.

Sekitar 10 menit kemudian, pesanan saya pun datang. Saya segera menyantap steak ayam jamur yang sungguh lezat. Saya rasa, ada bumbu saus tiram yang terasa di lidah. Selepas steak habis saya santap, sambil masih memandang Kota Semarang, saya lanjutkan dengan memakan camilan kentang goreng. Musik klasik yang mengalun di resto itu mendambah kesyahduan. Apalagi, ornamen pohon yang dipasang semakin membuat saya betah berlama-lama di sana. Baru lepas Maghrib, saya memutuskan kembali ke penginapan.

Mr K semakin ramai dengan para pengunjung yang rata-rata anak muda. Bukit Gombel pun semakin ramai dan bagi saya tidak lagi terasa angker. Tempat ini memang menjadi tujuan andalan jika berwisata ke Kota Semarang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.