Memandang Keindahan Merapi dari Kejauhan di SKE Jogja

Melihat Pemandangan Gunung Merapi dari Bianglala.

“Malioboro sudah ramai. Apa ada tempat asyik untuk menghabiskan senja?”, tanya rekan SMA saya yang berlibur ke Yogyakarta.

Lagi-lagi, saya menjadi jujugan lantaran telah dua tahun tinggal di kota ini. Saya berpikir, kalau keluar kota pasti akan terjebak macet dan membutuhkan waktu lama. Saya ingat, beberapa waktu sebelumnya, ada sebuah selebaran yang saya terima mengenai wisata theme park Sindu Kusuma Edupark (SKE) Yogya.

Sebenarnya, saya tidak terlalu suka wisata buatan semacam ini. Tapi, di dalam selebaran itu, tertulis promo hari kemerdekaan RI. Isinya, pengunjung akan diberikan satu tiket gratis menaiki wahana bianglala dengan hanya membayar tiket masuk saja tanpa tiket terusan.

Bianglala Saat Menjelang Petang.

Saya pun lantas menyodorkan selebaran itu kepada teman saya. Ia pun sepakat. Lalu, selepas ashar, kami berjalan menuju Jl. Magelang, sisi utara Kota Yogyakarta. Sebenarnya, saya tidak tahu persis lokasinya. Namun, melihat peta lokasi yang sebenarnya tak jauh dari pusat kota, saya yakin SKE ini mudah ditemukan.

Ternyata benar, taman hiburan ini berada tak jauh dari gapura batas Kota Jogja dengan Kabupaten Sleman di Jl. Magelang. Pada dekat tugu perbatasan itu, ada sebuah persimpangan jalan kecil yang mengarah ke daerah Mlati, Sleman. Dari persimpangan jalan ini, saya pun mengikuti arahan peta dengan berjalan lurus. Ternyata, sekitar 1 kilometer dari persimpangan jalan tadi, sebuah bianglala besar sudah tampak. Tak banyak cakap, saya segera mencari tempat parkir untuk memarkirkan motor saya.

Di penghujung senja itu, tak banyak pengunjung yang datang. Selepas membeli tiket promo seharga Rp. 17.000, kami lantas masuk menuju atraksi permainan. Sebelumnya, kami disambut oleh aneka lampu taman yang mulai berpendar. Warna-warni tersebut berselang-seling seakan menari mengikuti irama langkah kaki kami yang sudah tak sabar untuk menjajal bianglala.

Kolam Renang di Bawah Bianglala.

Ternyata, bianglala yang bernama Cakra Manggilingan ini berada di dekat sebuah kolam renang. Di sana, masih banyak anak-anak yang berenang bersama ayah ibunya. Tak seperti kolam renang biasanya, suasana sepi masih terasa, tapi itu malah menjadi keasyikan bagi kami yang tak terlalu suka keramaian.

Kami pun masuk wahana Cakra Manggilingan tersebut. Detik demi detik sangat berharga kala kita berada di sini. Bukan apa-apa, pemandangan yang spektakuler pun mulai tersaji dengan apik. Bermula dari pemandangan Kota Jogja yang rimbun dengan aneka rumah hingga pemandangan yang kami tunggu-tunggu, Gunung Merapi.

Sore itu, awan putih cukup pekat menyelimuti kaki Merapi. Walau pesimis bisa melihat secara utuh, namun kami tetap menunggu keajaiban itu. Hingga, saat kapsul biangalala yang membawa kami sampai pada titik tertinggi, keindahan yang kami harapkan pun muncul. Merapi masih gagah menunggu petang menjelang. Ah, saya cabut lagi rasa kurang suka mengunjungi theme park. Mungkin, inilah pengalaman menaiki wahana di taman hiburan yang paling berkesan. Rekan saya sampai terharu.

Bianglala Ketika Berada di Puncak.

Kami tidak salah memilih waktu saat matahari mulai menyingsing. Selepas turun dari bianglala tersebut, kami masih bisa menikmati beberapa wahana lain. Mulai sepeda angin hingga mobil listrik. Untuk naik wahana ini, kami harus membayar tiket kembali seharga Rp. 10.000. Jika ingin mencicipi wahana yang gratis, ada terapi ikan yang bisa sejenak digunakan untuk melepas penat.

Rekan saya ingin mencoba wahana house of terror, semacam rumah hantu yang dilalui pengunjung dengan menaiki sebuah kereta. Ah, saya tidak suka tempat semacam itu. Lebih baik saya berfoto di taman dan beberapa patung menarik di sekitar bianglala yang saya naiki tadi.

Enak juga menghabiskan senja di sini. Saya jadi berpikir, kalau di Malioboro sedang ramai, tak ada salahnya mencoba berwisata sore hari hingga menjelang malam di SKE ini. Toh, tempat ini buka hingga pukul 23:00. Bahkan, selepas maghrib, ada pertunjukan musik yang seru.