Memacu Adrenalin Dengan River Tubing di Coban Jahe, Malang

0
1496
River Tubing di Coban Jahe.

Ada banyak tempat yang bisa dikunjungi di Malang, salah satunya Coban Jahe. Coban Jahe  terletak di Jl. Begawan, Dusun Krajan, Kecamatan Jabung, Kabupaten Malang. Nama Coban Jahe sendiri sebenarnya tidak diambil dari salah satu tanaman rempah-rempah yang bikin hangat badan itu, melainkan dari kata pejahe, yaitu bahasa jawa yang artinya meninggal dunia. Hal ini dikarenakan tempat ini dulunya merupakan tempat pembantaian pasukan Indonesia oleh Tentara Belanda.

Selain menyajikan wisata alam berupa air terjun, di sini kalian juga bisa memacu adrenalin kalian dengan bermain river tubing. Aliran airnya lumayan deras, menambah keseruan ketika bermain river tube di area ini. Kalian hanya perlu membayar Rp. 75.000 saja, sudah termasuk sewa peralatan river tubing, guide, makan siang, stiker dan dokumentasi selama kegiatan.

Peralatan yang akan kalian pakai, di antaranya adalah pelampung, helm safety dan ban. Saya sarankan untuk memakai sandal gunung ketika akan mencoba kegiatan ini, karena bila menggunakan sandal jepit biasa akan rawan jatuh. Selain itu, jangan lupa untuk membawa baju ganti dan peralatan mandi untuk membersihkan diri ketika kegiatan selesai.

Foto Bersama di Coban Jahe.

Setelah mendapat peralatan lengkap, kami melakukan briefing dan doa terlebih dahulu sebelum memulai kegiatan. Setelah melakukan pemanasan sebentar, kami langsung membawa ban yang sudah diberikan ke bawah air terjun. River tubing di sini memang dimulai dari bawah air terjun langsung. Nah, setelah foto bersama, maka akhirnya dimulai lah kegiatan river tubing.

Kami menaiki ban yang telah diberikan, lalu seorang pemandu membawa kami ke tengah dan mendorong ban yang kami tumpangi. Kami pun meluncur mengikuti arus air dengan kawalan dari seorang pemandu di setiap jeram untuk membantu apabila kami terguling.

Satu per satu bergiliran melewati jalur sungai, dan untuk keamanan, sangat tidak dianjurkan untuk mendahului pemandu yang mengawal kalian. Kegiatan ini berlangsung seru dan ceria. Ada saja alasan untuk tertawa, entah menertawakan teman yang jatuh dari bannya atau memertawakan diri sendiri karena terguling dan jatuh dari ban. Lintasannya pun tidak begitu sulit, meskipun beberapa tempat memang memiliki jeram yang lumayan bikin deg-degan.

River Tubing di Coban Jahe.

Terkadang, ada ban yang ditumpangi terjepit di antara dua batu kali. Apabila itu terjadi, cara paling ampuh agar ban kalian bisa melaju lagi adalah dengan menggoyang-goyangkannya. Kalau itu tidak berhasil, tenang saja, kalian bisa teriak dan memanggil pemandu untuk membantu menarik ban kalian yang terjepit.

Setelah melewati banyak jeram yang menyeramkan, sampailah kami di aliran air tenang. Kami disuruh berhenti dan berdiri menunggu teman yang lain. Setelah berkumpul semua barulah kami diberitahu bahwa lintasan selanjutnya adalah dam dengan tinggi sekitar 3-4 m. Satu-satunya jalan untuk mengakhiri track ini hanyalah dengan meloncati dam tersebut. Ada dua cara untuk melewatinya, bagi kalian yang berani, silahkan melompat bebas, tapi bila kalian takut, kalian bisa meluncur bebas dengan menggunakan ban yang didorong oleh pemandu. Ada rasa takut, senang, seru, penasaran yang bercampur aduk jadi satu.

Berpose di atas Dam Coban Jahe.

Meskipun terlihat menakutkan, tapi ternyata kegiatan ini bikin ketagihan, lho! Bila kalian ingin mencoba lagi untuk melompat, kalian bisa naik lewat tangga batu yang ada di pinggir dam. Kami pun mencobanya berkali-kali hingga puas.

Dam dengan ketinggian 3-4m itu merupakan lintasan terakhir river tubing. Setelah itu kami pasangkan ban di belakang punggung seperti tas dan kami berjalan kaki menuju tempat awal kegiatan. Meskipun harus berjalan jauh dengan badan yang basah kuyup, kami masih tetap ketawa senang mengingat segala pengalaman yang baru saja kami rasakan. Benar-benar liburan yang menyenangkan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.