Melihat Sisi Lain Pantai Bagus, Lampung

0
1538
Pantai Bagus.

Lampung sebagai paket lengkap pariwisata menawarkan banyak sekali objek untuk dikunjungi, salah satu objek wisata yang harus kamu kunjungi ketika ke Lampung adalah pantai-pantai indahnya. Mulai dari sisi barat, selatan, dan timur provinsi ini dipenuhi pantai indah. Sepertinya memang kurang jika kita tidak mengeksplorasi pantai pantai indahnya.

Daerah Kalianda adalah area dengan banyak pantai indah, hampir semua pantainya memiliki tipikal yang sama, yaitu berpasir putih halus, banyak karang, dan ombaknya cukup tenang. Sekelilingnya kebun atau pohon-pohon kelapa. Nah, di Kalianda secara umum ada 2 jenis pantai wisata, yaitu pantai wisata yang turistik dan pantai wisata yang tersembunyi. Dalam tulisan ini saya akan membahas sebuah pantai turistik yang sudah dikenal wisatawan sekitar Lampung, yaitu Pantai Bagus!

Kesan Pertama, Ulasan, dan Fasilitas.

Anak Kecil Bermain di Tepi Pantai Bagus.

Hari Rabu, 12 Juni 2019, saya menjelajahi Pantai Bagus dan pesisir Kalianda. Kira-kira pukul 11:00 saya sampai di Pantai Bagus. Dari tampak luar saja, saya sudah bisa melihat bahwa pantai ini sudah dikelola sebagai tempat wisata yang tertata. Loket, lahan parkir, dan tampak depan pantai sudah dibangun dan dikelola. Saya lalu membeli tiket masuk ke loket dan memarkirkan kendaraan di dekat tepian pantai.

Kesan pertama saya, bahwa pantai ini sangat turistik dan mainstream. Buktinya, hari Rabu saja pantai ini cukup banyak dikunjungi wisatawan. Kira-kira sekitar 50 orang lebih, apalagi ketika weekend dan hari libur ya. Begitu memasuki kawasan pantai, hamparan pasir putih pantai ini sangat luas! Ombaknya tenang dan damai, suasana pantai begitu sejuk, karena ketenangan laut dan pepohonan sepanjang garis pantai. Lalu, pasir pantai ini juga bercampur dengan patahan patahan karang dari laut, unik juga.

Seperti pantai turistik dan mainstream lainnya, masalah utama Pantai Bagus adalah sampahnya. Jika kita mengunjungi arena utama pantai ini, pasti kita akan melihat sampah sampah plastik berceceran. Bahkan, banyak sampah plastik ikut bercampur menjadi satu dengan pasir putih Pantai Bagus. Inilah yang menyebabkan pantai Bagus kurang elok dilihat, ulah wisatawan wisatawan yang kurang teredukasi. Bahkan selama saya mengunjungi sekian banyak pantai wisata di pulau Jawa dan Sumatera, saya belum pernah melihat pantai dengan sampah plastik sebanyak pantai ini. Walaupun begitu, saya punya solusinya!

Sisi Timur Pantai Bagus.

Jadi, Pantai Bagus sebenarnya memiliki garis pantai yang panjang sekali. Kita bisa mengeksplorasinya ke arah timur maupun barat pantai. Nah, arena utama pantai lah yang memiliki tumpukan dan sebaran sampah yang parah. Arena-arena barat dan timur pantai malahan lebih bersih dan sepi. Wisatawan pun biasanya hanya memadati arena utama pantai saja, sehingga sisi lain pantai ini masih cukup terjaga.

Bisa dikatakan area timur dan barat pantai ini sangat sepi, apalagi jika kita berjalan menyusuri pantai sekitar beberapa ratus meter. Kita akan menemukan sisi lain Pantai Bagus yang indah, sepi, dan bersih dari sampah plastik. Lalu, kita juga bisa melakukan camping di area pantai ini. Tentu lokasi camping pun akan menentukan sisi mana yang akan kita nikmati, entah sisi turistik atau sisi yang sepi.

Fasilitas di Pantai Bagus sudah sangat banyak. Mulai dari penjaga pantai, area parkir yang sangat luas, kamar mandi, ayunan, loket, dan beberapa gazebo. Pantai turistik ini pun dekat sekali dari jalan lintas Sumatera, kurang lebih hanya sekitar 5 menit dari trans Sumatera dan 2 jam dari Bandar Lampung, karena akses dan fasilitasnya ini lah maka pantai ini begitu masif dikunjungi wisatawan.

Jadi, tertarik mengunjungi Pantai Bagus?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.