Melihat Pelangi di Malam Hari, Taman Pelangi Monjali, Yogyakarta.

0
232
Lampu-lampu yang digantung dengan cantik.

Yogyakarta. Sudah tidak perlu diragukan lagi betapa aku jatuh cinta pada kota ini. Setiap sudut kota Yogyakarta terasa begitu damai dan menyenangkan. Pipiku sampai kadang terasa kaku karena terlalu banyak tersenyum. Pada liburan singkatku kali ini seorang teman mengatakan ada suatu tempat di Yogyakarata dimana kita bisa melihat pelangi di malam hari. “Ah bagaimana mungkin? betapa ajaibnya Yogyakarta ini bila memang sungguh ada tempat seperti itu” kepolosanku membawa gelak tawa. Ternyata tempat yang dimaksud adalah Taman Pelangi Monjali.

Di taman ini kita tidak perlu menunggu hujan turun atau matahari bersinar karena pelangi dapat terlihat setiap hari bahkan ketika matahari sudah terbenam. Pelangi ini bukan hanya pelangi biasa, tapi terbuat dari lampion.

Pelangi Lampion

Taman Pelangi berada di halaman Monumen Jogja Kembali (Monjali), Jalan Ringroad Utara, Jongkang, Sariharjo, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Taman ini memiliki dua pintu gerbang masuk yaitu gerbang barat dan gerbang timur. Jalur yang lebih banyak disarankan adalah melalui gerbang timur karena dari gerbang ini kita akan langsung disambut oleh lampion besar dalam bentuk pelangi, yang juga merupakan gerbang menuju kerajaan lampion.

Saat memasuki area taman, kita akan melalui lorong yang dihiasi oleh berbagai lampion berwarna-warni. Terdapat juga hiasan lampu berbentuk flora, fauna dan berbagai karakter kartun. Yang menarik dari taman ini, pemasangan lampion dilakukan dengan cara yang berbeda-beda, beberapa lampion ditanamkan ke tanah, dipasang di dinding, digantung di udara dan beberapa lain dipasang dalam garis-garis. Hal tersebut membuat wisata lampion ini tampak begitu cantik dan menawan.

Selain dapat menikmati pemandangan malam yang penuh warna, kita juga dapat mencoba berbagai hiburan seperti trampoline, becak mini, perahu dayung, bola air, boom-boom car dan banyak lainnya. Aku rasa tempat ini sangat cocok untuk wisata keluarga atau bagi sepasang muda-mudi bila kehabisan ide mencari tempat romantis di kota Yogyakarta. Kegiatan di area Taman Pelangi menurutku cukup sederhana sehingga cocok pagi wisatawan yang menginginkan quality time bersama keluarga atau pasangan.

Pintu masuk Taman Pelangi.
Taman pelangi buka setiap hari:

Senin – Kamis pukul 17.00 s/d 22.00 WIB

Jumat – Sabtu pukul 17.00 s/d 23.00 WIB

Dan khusus hari Minggu, lokasi ini buka dari pagi pukul 08.00 s/d 23.00 WIB

Untuk biaya masuk, kita hanya perlu membayar sebesar Rp15.000/orang weekdays. Sementara untuk weekend akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000/orang. Jika datang dalam kuota yang cukup banyak yaitu lebih dari 30 orang, maka akan diberikan diskon sebesar 20%.

Berikut adalah harga beberapa wahana di Taman Pelangi: 

Boom Boom Car : Rp10.000

Bola Air : Rp15.000

Perahu Dayung : Rp20.000

Trampoline : Rp10.000

Becak Mini : Rp10.000

Puri Hantu : Rp10.000

Monumen Jogja Kembali dikelilingi kolam yang terdapat ikan dengan jumlah yang cukup banyak, kita dapat membeli pellet (makanan ikan) seharga lima ribu rupiah perbungkusnya untuk diberikan pada ikan-ikan tersebut. Ketika pellet dilemparkan kedalam kolam ikan-ikan akan terlihat sangat riuh berkumpul berebut makanan.

Saat perut tiba-tiba terasa lapar, tidak perlu khawatir karena disekitar area Taman Pelangi terdapat kawasan food court. Banyak jenis makanan yang dijual yang tentunya dengan harga yang cukup terjangkau layaknya street food di Yogyakarta. Selain itu terdapat juga area souvenir untuk membeli oleh-oleh.

Tidak berlebihan rasanya untuk mengatakan bahwa Taman Pelangi Monjali adalah tempat rekreasi yang lengkap. Satu lagi tempat wisata di Yogyakarta yang wajib dikunjungi!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.