Melihat Kemegahan Bandara Haneda Jepang

0
328
Area Tokyo Haneda.

Jepang sebagai kota metropolitan besar Asia tentunya merupakan salah satu rujukan bagi wisatawan untuk mengunjunginya. Jepang merupakan negara berbentuk kepulauan, tentunya transportasi udara menjadi pilihan penghubung antar daerah. Sebagai ibu kota, Tokyo sendiri mempunyai 2 bandara internasional utama yaitu Narita dan yang terbaru dibuat yaitu Haneda International Airport. Haneda terletak di Ota, Tokyo, dan dekat dengan daerah lautan.

Bandara ini kini merupakan salah satu bandara tersibuk di dunia. Selain tersibuk pernah mendapatkan predikat bandara “terbersih” dari Skytrax. Keren, bukan? Dibuatnya Haneda ini dalam upaya membantu jalur penerbangan dari atau menuju Tokyo lebih banyak, karena sebelumnya dari Narita hanya menyediakan sebagian penerbangan terutama kawasan Asia saja, namun kini Haneda telah berekspansi menuju kawasan Eropa dan Amerika tentunya.

Bandara megah ini merupakan basis utama/basecamp dari 2 maskapai andalan Jepang, yaitu All Nippon Airways (ANA) dan Japan Airlines (JAL). Kedua maskapai ini pun mendapat predikat bintang 5 untuk maskapai penerbangan dari Skytrax hingga kini. Nuansa suasana Jepang yang akan kita dapatkan salah satunya dalam sajian hidangan di pesawatnya. Jadi kalau kalian menggunakan kedua maskapai ini, lebih sering di Haneda daripada Narita untuk kedatangannya.

Gate keberangkatan.

Bandara ini dibedakan menjadi terminal Domestik dan Internasional. Tentu konsep arsitek bangunan serta fasilitas pada internasional lebih mewah dari pada domestik. Gedung dari bandara ini memiliki arsitektur yang unik, bagian atapnya berbentuk seperti perahu. Saat itu kedatanganku pukul 10 malam, karena tidak sempat menuju penginapan, maka kuputuskan tidur di Bandara Haneda. Ya walau harus tidur di kursi-kursi karena maklum tidak cukup biaya untuk menyewa penginapan di bandara. Alhamdulillah, di bandara ini ada mushola buat kalian orang muslim bila ingin solat. Untuk fasilitas WC dan air minum sudah pasti banyak tersedia, ditambah ada beberapa vending machine bagi kalian yang ingin beli minuman.

Malam itu kuputuskan untuk pergi jalan-jalan mengelilingi Haneda walau tidak bisa semuanya, hanya area kedatangan dan keberangkatan Internasional saja. Maskapai-maskapai yang berangkat dari sini terdapat seperti Cathay Pacific, Thai Airways, British Airways, Lufthansa, Singapore Airlines, Philippine Airlines, Eva Air, Qatar Airways, Garuda Indonesia, Korean air, Asiana Airlines, Qantas, dan lain-lain. Kebetulan saat itu menuju musim dingin, suasana di sana sungguh dingin. Bukan karena dari suhunya saja, angin pun berhembus kencang dan terasa di bandara.

Wish Haneda.

Di lantai 4, ada resto makanan serta tempat massage atau pijit-pijit. Suasana yang ditampilkan seperti Japanese town dengan arsitek kebudayaan Jepang warna-warni oranye dan kuning. Terdapat tulisan-tulisan harapan bagi banyak orang dengan membeli sekotak kayu yang kemudian digantungkan. Naik ke atas lagi kita bakal menemukan bagian Bandara Haneda atau Tokyo yang cocok untuk foto-foto. Di sini ada juga outlet Hello Kitty loh. Selain itu, dari lantai atas kita dapat langsung melihat landasan pacu atau lapangan Bandara Haneda dengan angin yang sangat kencang karena tengah malam. Sungguh terlihat cantik hanya dengan lampu-lampu yang menyala. Selain tempat untuk berfoto, terdapat tempat duduk bagi kalian yang memang memesan makanan sambil menikmati spot Haneda.

Oiya bagi kalian yang akan meninggalkan Tokyo dan belum sempat membeli oleh-oleh, jangan khawatir karena di bandara ini tersedia toko-toko terutama produk digital bahkan action figure-nya kartun-kartun. Harganya sama dengan di luar bandara sana. Untuk makanan, di bandara ini ada Tokyo Banana yang terkenal.

Untuk transportasi kita dapat menggunakan transportasi umum Bus dan JR (Japan Railway). Untuk bus sendiri, membutuhkan biaya sekitar 1000 won menuju pusat kota Tokyo Stasiun, yang mana terintegrasi dengan JR line dan Tokyo Metro Subway. Bila ingin lebih hemat, kamu bisa menggunakan Kereta Bandara jalur Rinkai Lineyang berada disekitar lantai 2-3 keberangkatan. Jika ingin membeli kartu-kartu transportasi Pasmo atau Suica, bisa didapatkan di Bandara. Ada juga Tokyo Metro Free pass bagi kamu turis yang ingin berwisata mengelilingi Tokyo. Mudah, bukan? Semoga bisa kembali lagi ke Bandara ini, sebagai pintu kita datang ke Negeri Sakura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.