Melihat Beragam Jajanan Tradisional yang Tersaji di Pasar Karetan Kendal

0
582
Pintu masuk Pasar Karetan.

Tak ada yang istimewa pada Minggu pagi. Dahulu, Minggu pagi selalu ditunggu-tunggu oleh anak kecil untuk menetap di depan layar kaca sembari menonton kartun kesukaan mereka. Kali ini tak ada yang istimewa, tak ada yang menggugah selera, melainkan tidur pada hari Minggu pagi hingga siang nanti.

Niatnya ingin melakukan ritual tidur hingga siang nanti, namun aku teringat sebuah ajakan untuk datang ke Pasar Karetan pada Minggu pagi ini. Ajakan tersebut datang dari seorang pengurus Genpi yang hendak mengajakku untuk mengelilingi area sekitaran Pasar Karetan atau bahasa singkatnya bisa dikatakan sebagai fun walk. Bagi yang belum tahu, Genpi merupakan Generasi Pesona Indonesia yang berada di berbagai daerah, dan salah satunya adalah di Jawa Tengah, termasuk Semarang. Aku sendiri ikut serta dalam Genpi Semarang pada saat ini. Nah singkat cerita, ada acara fun walk yang akan diselenggarakan di area sekitaran pasar karetan tersebut pada hari Minggu, 20 Januari 2019. Teringat oleh ajakan tersebut, maka aku memutuskan untuk tidak melakukan ritual tidur hingga siang pada hari Minggu itu.

Setelah mandi dan bersiap-siap, sekitar pukul 06:00, aku naik motor menuju ke Pasar Karetan. Awalnya, aku tidak tahu di mana Pasar Karetan tersebut berada, sebab sebelumnya aku belum pernah pergi ke sana. Akhirnya, dengan bermodalkan google maps, aku bergegas menuju ke Pasar Karetan.

Salah satu jajanan di Pasar Karetan.

Pasar karetan terletak di daerah Boja atau lebih lengkapnya di Jl. Sasak 3, Krajan, Meteseh, Boja, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah. Tempatnya cukup jauh dari rumahku yang berada di daerah timur Semarang. Namun, setelah perjalanan 1.5 jam, akhirnya aku sampai juga di Pasar Karetan dengan beribu pohon karet yang berada di sekitar situ. Batinku, benar-benar sangat unik konsep yang diusung oleh pasar karetan ini.

Melihat konsep depan dari Pasar Karetan membuatku sangat kagum terhadap keberadaan pasar ini. Akhirnya, tanpa basa-basi aku pun langsung masuk ke dalam Pasar Karetan dan melihat-lihat apa saja yang ada di dalam Pasar Karetan. Setelah masuk, aku terpaku melihat berbagai stand yang tersebar di mana-mana dan menyajikan berbagai macam makanan tradisional di situ. Jadi, selain kamu menikmati pemandangan alam dengan beribu pohon karet, kamu juga dapat mengisi perut kamu di Pasar Karetan dengan makanan tradisional yang dijamin sangat enak dan dapat mengenyangkan perutmu.

Panggung Pasar Karetan.

Itu hanya sebagian menu yang aku dapat saat berkunjung ke Pasar Karetan pada hari Minggu kemarin. Tentu saja, kamu dapat menemukan berbagai menu lainnya saat pergi ke Pasar Karetan tersebut, karena masih banyak menu yang dapat kamu cicipi sebagai pembuka yang manis pada Minggu pagimu.

Tak sampai di sini saja aku dibuat kagum oleh pasar ini. Ternyata, untuk membeli berbagai jajanan yang tersedia di stand Pasar Karetan ini, kamu harus menggunakan girik sebagai alat transaksi. Kamu dapat menukar uang kamu kepada stand yang menyediakan penukaran girik. Stand tersebut terdapat di depan pintu masuk dan ada juga yang di tengah-tengah pasar karetan, tepatnya di dekat panggung pertunjukkan.

Spot foto yang paling dicari.

Nah sudah puas dengan berbagai macam jajanan di Pasar Karetan serta keunikan yang ditampilkan di pasar ini, kamu masih dapat menemui berbagai macam hal menarik. Karena selain menyediakan berbagai jajanan tradisional yang sangat enak, pasar karetan juga menyediakan live musik, spot-spot foto untuk swafoto, bahkan tempat untuk kamu belajar memanah! Wow! Sangat lengkap sekali. Di sini banyak sekali spot foto yang dapat kamu temukan di setiap ujung pasar karetan. Karena pasar ini terbilang sangat luas sehingga kamu dapat menjelajah semaksimal mungkin.

Sekian cerita perjalananku kali ini, semoga bermanfaat untuk para pembaca.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.