Medan Zoo, Wisata Alam yang Mengenalkan Kekayaan Habitat Alam Nusantara

0
756
Memberi makan rusa, salah satu keseruan di Medan Zoo, dimana anak-anak merasa sangat dekat dan menyayangi binatang buruan ini.

Sumatera Utara terkenal dengan panorama keindahan alamnya, sehingga tidak heran apabila di sini terdapat banyak tempat wisata. Tidak hanya menarik untuk dikunjungi, tetapi lebih dari itu, dapat memberikan pembelajaran dan menjadi tempat mendidik karakter dan pengetahuan anak akan alam sekitar Indonesia.

Indonesia terkenal akan kekayaan dan keindahan sumber daya alamnya, semuanya bisa dilihat di Sumatera Utara. Tentunya kita tidak asing lagi dengan keindahan alam Danau Toba, Pulau Samosir, Kawah Gunung Sinabung, Waterfall Simalem, Air Terjun Telaga Dwi Warna di Sibolangit, Pantai Lagundri dan Pantai Sorake di Nias, Air Terjun Sigura-Gura, Danau Siombak, Bukit Gundaling, dan masih banyak lagi

Nah, kali ini tempat wisata alam yang kita kunjungi adalah Medan Zoo, destinasi wisata Kebun Binatang Kota Medan yang sudah terkenal hingga ke luar negeri. Medan Zoo merupakan wisata alam yang dipenuhi dengan jenis-jenis satwa liar yang hidup di Nusantara ini. Binatang-binatang buas itu dapat kita lihat sepuasnya di Kebun Binatang yang terletak di Jl. Bunga Rampe IV, Kelurahan Simalingkar B No. 100, Medan, Sumatera Utara.

Lokasi ini sangat mudah dituju dan memiliki luas kurang lebih 30 hektar yang difungsikan untuk menampung koleksi binatang yang semakin bertambah. Terdapat juga wahana wisata taman bermain anak seperti area outbound, flying fox, serta wisata alam lainnya yang membuat para pengunjung tidak hanya fokus pada pemandangan alam dan keanekaragaman hewani, tetapi juga bisa menarik minat para wisatawan untuk bermain di wahana-wahana alam yang tersedia.

Merak Hijau, Hewan Langka yang ada di Medan Zoo, Anak-Anak Takjub Melihat Jenis-Jenis Hewan yang ada di Medan Zoo.

Spesies binatang yang ada di Medan Zoo sungguh bervariasi. Tidak heran, tempat wisata ini bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran kepada anak-anak kita akan pengenalan dan bagaimana mencintai binatang buas dan menyadari bahwa negara kita memang kaya akan kekayaan alam, khususnya hewan-hewan buas yang hidup bebas di alam Indonesia. Ada Gajah Sumatera yang hampir punah, Harimau Sumatera juga yang sekarang keberadaannya sudah sangat memprihatinkan. Karena kedua spesies hewan langka ini sangat diburu dan habitatnya yang semakin sempit, tidak heran apabila kedua jenis binatang ini menjadi langka.

Liburan akhir semester genap menjadi liburan yang sangat ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga, tidak terkecuali oleh anak-anak yang memang sudah menunggu momen untuk berlibur. Kali ini kita jalan-jalan ke kebun binatang Medan Zoo sekaligus memberikan pengalaman dan pembelajaran kepada anak-anak akan arti pentingnya mengenal jenis-jenis binatang yang hidup di alam Indonesia, plus bercengkrama dengan alam dan juga mengajarkan mereka akan arti pentingnya memelihara kondisi alam Indonesia ini demi masa sekarang hingga anak cucu mereka.

Akhir pekan menjadi waktu yang tepat untuk berkunjung ke Medan Zoo. Dengan menggunakan kendaraan pribadi, kami berangkat dari pagi sehingga bisa dengan sepuas hati mengitari dan berkeliling di kebun binatang seluas 30 hektar yang ditumbuhi pepohonan besar serta medan yang berbukit-bukit.

Sesampainya di Medan Zoo, kami mengambil tiket yang tidaklah terlalu mahal. Dengan merogoh kocek seharga Rp20.000,- di hari Sabtu dan Minggu dan Rp18.000 di hari biasa, maka semua fasilitas yang ada di Medan Zoo dapat kita nikmati.

Setelah mendapatkan tiket, maka anak-anak yang tidak sabar untuk berkeliling di Medan Zoo bisa langsung berlari masuk. Saya dan isteri tidak ketinggalan, diawali dari sebelah kiri, kami mulai melihat jenis-jenis binatang di Medan Zoo. Jenis unggas adalah binatang-binatang pertama yang kami jumpai. Burung-burung seperti Nuri Kepala Hitam, Kakatua Raja, Kakatua Jambul Kuning, Kowak Malam Abu-Abu, Elang Ular Bido, dan Elang Ular.

Lalu ada jenis kera atau orang hutan seperti Siamang dan Kera Jepang. Tidak jauh dari tempat jenis unggas dan kera, kami disuguhkan pemandangan hewan unik, seperti kandang tempat Penyu Sisik, Buaya, Ular Sanca Jarring, Kura-Kura Brazil, serta binatang sejenisnya.

Siti, adalah nama gajah yang sangat baik hati ini. Dia dengan sabarnya membawa para pengunjung yang ingin naik ke punggungnya. Sehat terus yah Siti….

Lalu naik agak ke atas bukit untuk mengitari Medan Zoo, kita akan disuguhkan pemandangan indah dengan hamparan pepohonan pisang dan aliran sungai. Berfoto di bukit-bukit yang didesain khusus untuk memperindah kebun binatang Medan Zoo merupakan keseruan yang menjadi kenangan kelak.

Akhirnya, kita sampai pada puncak pemicu adrenalin di Medan Zoo, apalagi kalau bukan bertemunya kita dengan Gajah Sumatera – Elephas Maximus Sumatrentis – mamalia terbesar di Indonesia. Siti, gajah betina, akan mengajak kalian berkeliling di Medan Zoo.

Menoleh ke kanan, maka kita akan menemukan deretan kandang Harimau Sumatera – Panthera Tigris Sumatrae – yang menjadi hewan dengan perhatian khusus di Medan Zoo. Ya, berbagai tingkah harimau bisa kita lihat, yang sedang tiduran, jalan-jalan, bahkan ada sedang mengaum menunjukkan kekuatannya kepada pengunjung.

Sangat bersyukur masih bisa melihat keberadaan binatang-binatang kategori langka tersebut. Yang tida kalah menariknya, keberadaan Orangutan Kalimantan – Pongo Pygmaeus – yang dibarter dengan Harimau Sumatera ke Kebun Binatang Ragunan. Selain itu, Kera Sulawesi, Merak Hijau, Dara Mahkota, Landak, Rusa Timor, Kapibara, Kasuari, Buaya Muara, dan banyak lagi hewan langka lainnya menunjukkan bahwa kebun binatang Medan Zoo dapat menjadi edukasi bagi anak-anak kita.

Jalan-jalan di Medan Zoo kami tutup dengan membeli aksesories khas kota Medan dan anak-anak merasa kelelahan, namun mereka sangat senang karena akhirnya bisa menutup liburan akhir semester dengan berbagai kegiatan yang bermanfaat bagi mereka. Sekian!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.