Mau ke Geopark Ciletuh? Ini Nih Tipsnya

2
1716
Geopark Ciletuh Sukabumi
Landmark Geopark Ciletuh, Sukabumi.

Guys, kali ini saya mau share nih tentang perjalanan saya ke Sukabumi. Udah tau kan Sukabumi? Yaps, salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Barat. Btw, kalian sudah mengunjungi salah satu objek wisata yang paling hits di Kabupaten Sukabumi belum? Yaps, apalagi kalau bukan Kawasan Geoprak Ciletuh, Sukabumi.

Perjalanan saya kali ini menggunakan sepeda motor dan pertama kali juga saya touring ter-jauh menggunakan motor. hehe. Maklum biasanya saya lebih prepare naik moda transportasi umum kalo kemana-mana. Tapi kali ini karena diajakin temen, yowis gas terus hehe.

Geopark Ciletuh
Epic-nya Kawasan Geopark Ciletuh dilihat dari Bukit Panineungan.

Untuk kalian yang belum pernah ke Kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi, plis deh, kalian tuh ketinggalan banget hehe. Asal kalian tau yaa,  Kawasan Geopark Ciletuh ini kan sudah mendapatkan predikat sebagai UNESCO Global Geopark (UGG) yang ditetapkan pada sidang Executive Board Unesco ke 204, Komisi Programme and External Relations di Paris, Perancis.

Sudah saya buktikan sendiri dengan mendatangi langsung ke salah satu Kawasan Geopark di Indonesia yang ada di Jawa Barat. Kalian mau mengunjungi apa saya tanya? Deretan perbukitan yang menghijau? Hamparan pesawahan? Atau mau dengerin deburan ombak yang menampar karang? Eh ada lagi deh pesona air terjun yang cocok buat kalian yang butuh kesegaran yang hqq. hihi semuanya ada disini guys …

Jalur Ciemas Geopark Ciletuh
Jalur Ciemas, jalur baru menuju Geopark Ciletuh.

Kurang lebih jarak dari Sukabumi ke Ciemas salah satu pintu masuk ke Kawasan Geopark Ciletuh adalah 90.5 km atau sekitar 2 – 3 jam. Nah ini merupakan jalur baru yah jadi lebih cepat. Kalian pun bisa lewat jalur ini, rutenya mulai dari Simpang Loji di Jalan Pelabuhanratu sampai dengan melewati Muara Cisaar di Kecamatan Ciemas. FYI nih guys, Kawasan Geoprak Ciletuh ini berada didalam delapan kecamatan di Sukabumi. Total luasnya kurang lebih 126.100 Ha mulai dari Cisolok (Pantai Cimaja) sampai dengan ke Ciemas (Pantai Ujunggenteng).

Nah, saya memiliki beberapa tips kece nih buat kalian yang mau kesini:

1.   Kalau kalian kesini menggunakan kendaraan baik Motor/Mobil, wajib banget di cek dan di service yah. Karena track-nya turun naik dan ada beberapa kelokan dan tanjakan yang cukup terjal jadi kendaraan harus dalam keadaan prima. Jangan lupa cek kondisi ban-nya yah. Jangan sampai gundul. Karena bisa membahayakan di kala hujan.

Wisata Geopark Ciletuh
Pemandangan sepanjangan jalan menuju Geopark Ciletuh.

2.  Untuk yang menggunakan moda transportasi umum kalian bisa naik bus MGI Ekonomi/AC dari Terminal Baranangsiang, Bogor. Kalian ambil jurusan Bogor–Pelabuhanratu. Tarifnya sekitar 30-40 ribu untuk Ekonomi dan 40-50 ribu untuk AC. Sesampainya di Terminal Pelabuhanratu kalian bisa lanjut menggunakan Elf jurusan Ciletuh dengan tarif sekitar 35 ribu. Tapi trayeknya Elf-nya terbatas yaa guys, biasanya cuma sampai pukul 14.00 WIB. Setelah itu kalian bisa turun di Ciwaru dan pindah menggunakan Ojek ke Geoprak. FYI, sampai saat ini disini masih jarang ditemukan Ojek Online, so jangan berharap banyak yah hehe

3.  Selain Bus, kalian juga bisa mengunakan moda transportasi Kereta Api Pangrango dari Stasiun Paledang, Bogor dengan tujuan Sukabumi. Tarifnya mulai dari 20 – 50 ribu dan biasanya adanya 3 kali dalam satu hari. Setelah sampai di Sukabumi kalian bisa menaiki Elf dari Terminal Lembursitu sama dengan trayek diatas.

4. Guys, buat kalian yang menggunakan motor selalu sediakan jas hujan yah dan payung kecil. Karena disini tuh sering banget hujan, jadi kalian tetap bisa melanjutkan perjalanan walaupun hujan.

5.  Sediakan beberapa minuman dan snack yah, jadi kalau kalian agak lelah bisa menepi terlebih dahulu untuk beristirahat sejenak.

6.  Jaga kesehatanya. Apalagi yang belum terbiasa touring. Kalian akan berjam-jam diperjalanan. Apalagi yang PP kayak saya, 12 Jam di jalan Bekasi – Ciletuh – Bekasi.

7.  Ohiya, untuk para pengunjung biasakan untuk membuang sampah sembarang yah. kalau memang sepanjang jalan kalian tidak menemukan tempat sampah, tolong bawa kembali sampahnya kerumah.

8.  dan yang terakhir adalah, Plis jangan bawa mantan atau masa lalu yah. Kan niatnya mau refresh dan move on. Jadi yang kayak gituan ditinggalin aja yah.. Eaaa

Pemandangan Geopark Ciletuh
Yakin nggak mau kesini?

Guys segitu dulu yah sharing tentang perjalanan dan sedikit tips dari saya di Geopark Ciletuh, Sukabumi. Semoga bermanfaat yah, dan  buat kalian yang belum kesini, wajib banget yah kesini. Okeii, happy holiday guys…

2 COMMENTS

  1. makasih banyak bang infonya, jadi makin mantap deh rencana saya mau kesana.

    btw di tips no.7 yang abang kasih kayaknya perlu diralat deh bang 😀
    (untuk para pengunjung diharapkan ‘tidak’ membuang sampah sembarang)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.