Mau Berlibur Ke Pantai? Simak Dulu 6 Tips Ini!

0
108
Pantai Miho di Jepang, salah satu pantai dengan pemandangan Gunung Fuji.

Pantai merupakan salah satu destinasi liburan yang menjadi favorit banyak orang. Ramainya deburan ombak, hangatnya pasir, serta aroma garam bisa membuat kita melupakan jenuhnya rutinitas harian. Kegiatan menyenangkan yang bisa kita lakukan pun beragam. Mulai dari berenang, bermain ombak, atau sekedar bejemur diri sambil memadangi lautan.

Nah, agar liburanmu di pantai semakin terasa menyenangkan, simak beberapa tips bermanfaat di bawah ini!

1. Gunakan sunblock

Suhu di pantai memang terkenal cukup panas, ditambah sinar mataharinya pun terik. Apalagi jika kamu mengunjungi pantai di siang hari. Untuk menghindari kulitmu menjadi belang-belang sepulangnya dari pantai, gunakan sunblock dengan kadar SPF minimal 30. Selain mencegah kulitmu belang juga untuk melindungi kulitmu dari dampak buruk UVA dan UVB. Usapkan secara merata di daerah tangan, lengan, leher, dan kaki. Jangan lupa untuk mengusapkan juga di area wajah dengan sunblock khusus wajah. Akan lebih baik jika kamu memakai sunblock yang bersifat anti air, terutama jika kamu ingin bermain ombak. Patut diperhatikan bahwa sunblock membutuhkan waktu untuk bisa diserap kulit secara maksimal, jadi oleskan sunblock 15-30 menit sebelum kamu terpapar sinar matahari ya.

2. Gunakan pakaian yang cocok

Memakai sepatu atau jelana jeans di pantai? It’s a big no! Kamu cukup memakai topi, celana pendek, kaos, dan sendal agar kamu merasa nyaman bermain di pantai. Jangan lupa gunakan topi maupun kacamata hitam (sunglasses). Selain membuatmu tambah kece, sunglasses juga melindungi matamu dari dampak buruk sinar UV. Jangan lupa untuk membawa handuk beserta pakaian ganti, apalagi jika kamu berniat untuk bermain ombak atau berenang. Tidak mau kan pulang dari pantai dengan pakaian basah lalu masuk angin?

3. Pakai Sandal
Bermain ombak di pantai.

Terkadang berjalan di pasir pantai dengan kaki telanjang menyebabkan rasa tidak nyaman di telapak kaki, biasanya terasa sakit maupun agak perih meski tidak terlihat adanya luka. Baiknya gunakan alas kaki agar telapak kakimu tidak terasa perih. Kamu bisa menggunakan sandal jepit ataupun sandal gunung. Hindari menggunakan sepatu karena pasir bisa masuk ke dalam sepatumu atau basah terkena ombak. Jika memakai sandal, hati-hati sandalmu hanyut terbawa ombak ya.

Ssst, ada tips menarik lho. Jika kamu tidak ingin memakai sendal, kamu bisa mengoleskan bedak bayi ke telapak kakimu agar pasir pantai tidak menempel di kulit!

4. Selalu perhatikan barang pribadi

Meskipun sedang liburan, kamu tetap harus selalu waspada dengan barang-barangmu ya! Jangan pernah meninggalkan barang berharga milikmu di sembarang tempat, apalagi jika pantai tersebut cukup ramai. Lebih baik dititipkan kepada orang yang bisa kita percaya seperti petugas pantai.

5. Gunakan case anti air
Pantai Cibuaya Ujung Genteng.

Jika ingin membawa barang berharga ketika bermain di pinggir pantai, masukkan barang yang tidak boleh basah (benda elektronik, dompet, dsb) ke dalam plastik sebelum dimasukkan ke dalam tas. Kamu juga bisa menggunakan zip lock atau case khusus anti air. Hal ini untuk mencegah barang-barang tersebut rusak. Tidak ingin kan handphone kesayanganmmu rusak terkena air sepulangnya dari pantai?

6. Selalu perhatikan rambu keamanan
Pantai Purus, Padang, Sumatera Barat.

Saat berkunjung ke suatu pantai, pastikan kamu mematuhi rambu-rambu keamanan yang tersedia ya. Beberapa pantai biasanya memiliki rambu-rambu khusus sebagai acuan untuk keamanan pengunjung. Misalnya, bendera untuk menentukan zona berenang yang aman, peringatan ombak pasang, maupun peringatan adanya hewan yang bisa menyengat seperti bulu babi atau ubur-ubur.

Nah, itu dia 6 tips simpel yang bisa kamu lakukan agar liburanmu di pantai terasa menyenangkan dan berkesan. Oh ya, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan pantai ya, buanglah sampah di tempat yang telah disediakan. Have fun!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.