Masjid Tonson Bangkok yang Dikelilingi Kuburan

0
436
Bagian depan masjid.

Saat berlibur ke Thailand, sebagai warga Muslim yang baik, kalian tetap harus menjalankan ibadah shalat sehari-hari walaupun jadwal jalan-jalan di Bangkok sangat padat. Untuk itu, kalian juga membutuhkan tempat ibadah yang nyaman. Nah, saat berkeliling di area Grand Palace, Wat Pho, dan Wat Arun, kalian bisa shalat dzuhur dan ashar di masjid terdekat di area itu, yaitu di Masjid Tonson.

Masjid Tonson atau Tonson Mosque terletak di daerah Yai, Bangkok, Thailand. Bisa dikatakan bahwa masjid ini merupakan masjid pertama di Bangkok. Masjid ini didirikan tahun 1688 pada masa pemerintahan Raja Narai dari Kerajaan Ayutthaya atau Siam Thailand. Jika dihitung hingga tahun 2020, masjid ini sudah berusia sangat tua, yaitu mencapai 332 tahun. Tua sekali ya? Meskipun sudah tua, bangunan masjid ini masih dipertahanan sehingga masih bagus sampai sekarang.

Awalnya, bangunan Masjid Tonson memiliki bentuk yang menyerupai wihara Buddha. Secara keseluruhan, bangunan masjid menggunakan kayu jati. Namun, pada tahun 1952, masjid ini direnovasi sehingga memiliki bentuk bangunan yang modern. Kubah mini berbentuk oval dengan cat hijau dipasang di atas masjid agar masjid memiliki bentuknya yang lazimnya sebagai masjid. Arsitekturnya yang khas Thailand juga masih dipertahankan agar warisan budaya setempat masih tertinggal.

Bagian utama masjid dengan mimba dan mihrab yang indah.

Dinding masjid juga dihiasi dengan relief daun atau motif flora. Bagian bawah masjid juga menggunakan desain lengkungan-lengkungan setengah lingkaran yang mendominasi. Lengkungan-lengkungan ini dibentuk dengan pola dua dimensi sehingga terlihat berlapis dua. Pintu utamanya berbahan baku kayu jati, begitu juga jendelanya. Hal itu membuat masjid ini semakin khas dengan budaya setempat.

Warna yang digunakan untuk mengecat dinding masjid ini bukan warna buatan seperti yang biasa digunakan untuk mengecat bangunan lain. Warna masjid ini berasal dari warna batu pualam yang digunakan sebagai bahan dasar untuk melapisi dinding masjid. Warna dasar ini membuatnya terlihat semakin elegan, klasik, dan memikat. Dengan hal itu, masjid ini pun mendapat julukan sebagai masjid dengan tampilan khas Islam tradisional, cerminan seni, dan budaya Thailand.

Di dalam masjid, terdapat mimbar dan mihrab dengan gambar kaligrafi Arab, gambar Ka’bah dan Masjid Nabawi Makkah dalam ukuran besar. Mimbar dan mihrab ini akan semakin indah tampilannya ketika lampu dinyalakan. Cahaya biru akan memendar keluar dari dalam masjid. Selain mimbar dan mihrab, bagian langit-langit masjid juga sangat bagus karena bangunan langit-langit menggunakan eternity berbahan dasar kapur yang dipadu dengan lempengan kayu jati.

Kuburan yang mengelilingi masjid.

Lempengan itu memiliki motif bintang sehingga semakin menawan. Eternit yang digunakan juga bermotif bintang. Kemudian, lempengan kayu jati yang berwarna coklat itu juga digunakan untuk anak tangga menuju lantai dua. Di lantai dua, semua bagian masjid menggunaka granit, baik dindingnya maupun lantai dasarnya. Granit inilah yang membuat Masjid Tomson semakin memukau saat lampu dinyalakan.

Sayangnya, masjid ini termasuk horor jika kalian tidak biasa dengan kuburan yang mengelilingi masjid ini. Semua lahan kosong di sekitar masjid adalah kuburan. Bahkan, saat ke toilet, kalian akan melewati sepetak jalan kecil yang sebelahnya adalah kuburan. Saat saya shalat dzuhur di sini, baru saja saya usai salam, seorang bapak menyapa dalam Bahasa Inggris. Dia meminta saya untuk menyegerakan shalat karena ada mayat menanti di luar untuk dishalati. Ngeri juga ya?

Untuk ke masjid ini, sangatlah mudah. Kalian bisa ke Wat Arun lalu berjalan kaki sekitar 8 menit. Jika tidak mau jalan kaki dan bukan ke Wat Arun, kalian bisa naik taksi untuk menuju ke sini. Setelah shalat, kalian bisa menyantap kuliner halal di seberang masjid. Ada warung yang menjual aneka makanan halal. Ada sate bakso juga lho!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.