Masjid Raya At-Taqwa, Masjid dengan Fasilitas Terlengkap di Kota Cirebon

0
186
Masjid tampak indah dengan matahari sore yang masih bersinar.

Halo Muslim traveler yang selalu semangat untuk menjejakkan kaki di kota-kota besar hingga daerah-daerah terpencil yang ingin dikunjungi. Bagi Umat Muslim, tiba waktu sholat pasti yang dicari adalah tempat ibadah. Nah, aku merekomendasikan salah satu masjid besar yang ada di tengah Kota Cirebon. Menurut saya, masjid ini merupakan masjid dengan fasilitas terlengkap. Di artikel kali ini saya akan menjabarkan fasilitas apa saja yang ada di masjid ini. Simak ya, traveler!

Masjid Raya At-Taqwa ini adalah salah satu masjid yang menjadi kebanggaan bagi masyarakat Cirebon. Berada di Jalan Kejaksan, perempatan antara Jalan Kartini – Jalan Siliwangi – Jalan Karanggetas,  dan Jalan Veteran serta berdekatan dengan Alun-alun Kejaksan. Tepat berada di tengah Kota Cirebon, masjid ini kerap dijadikan tempat perhelatan besar maupun kecil, seperti:

  • Acara Tablig Akbar yang menghadirkan tokoh-tokoh Muslim ternama Indonesia, seperti Buya Yahya, ustad/ustadzah kondang nasional yang dihadiri oleh majelis-majelis taklim di seluruh wilayah Cirebon.
  • Bazar buku maupun pasar malam yang diadakan setiap tahun seperti saat Hari Raya Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W.
  • Tiap Bulan Ramadhan pun alun-alun akan ramai dengan bazar kuliner khas Cirebon, ataupun takjil yang menjadi favorit warga Cirebon yang hendak berbuka puasa.
Bagi jamaah pria yang ingin berwudhu bisa lewat sini.
Menara Masjid

Yang menarik dari masjid ini terletak pada menara masjidnya. Ternyata menara masjid ini dibuka setiap hari untuk umum. Pengunjung pun bisa memasuki dan menaiki menara masjid namun dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 3.000/orang. Jadi, selain beribadah kita juga menikmati pemadangan halaman masjid dari atas menara. Seru, kan?

Tempat Wudhu

Bagi saya, masjid ini memiliki toilet bersih terbaik dari masjid-masjid di Kota Cirebon yang pernah saya kunjungi. Toilet dengan kamar mandi yang cukup banyak pintu, jadi tidak terlalu mengantri. Air yang digunakan pun dari PDAM kota yang sangat jernih, sehingga terasa segar.

Tempat wudhu antara pria dan wanita terpisah jauh. Tempat wudhu pria berada di bagian kanan masjid, sedangkan tempat wudhu wanita berada di bagian kiri masjid. Ini dilakukan agar setelah berwudhu, wanita dan pria tidak akan bertabrakan karena ramainya orang yang berlalu lalang.

Air Minum

Keluar dari tempat wudhu, pengunjung akan menemukan tempat air yang bisa diminum. Air ini gratis dan siapapun boleh mengambil air minum dengan catatan jamaah membawa botol minum sendiri karena dari pihak masjid tidak menyediakan gelas. Air minum ini dingin sekali seperti air es!

Menara masjid yang menjulang tinggi.
Mukena Bersih

Bagi wanita yang ingin sholat namun tidak membawa perlengkapan sholat, masjid ini menyediakan mukena bersih setiap harinya untuk dapat digunakan oleh jamaah. Pihak masjid sudah menyediakan begitu banyak mukena bersih yang disimpan di lemari kaca dan tergantung rapi. Ada juga ya tersimpan di box rotan besar. Tetapi, ingat ya untuk selalu merapikan kembali mukena yang telah digunakan ke tempat semula.

Perpustakaan Masjid

Senang membaca buku? Nah, di sini juga ada perpustakaannya! Koleksi buku-buku yang ada di sini lebih didominasi oleh buku-buku bertema religi atau agama yang seluruhnya adalah buku agama Islam. Jadi, setelah sholat atau menunggu waktu sholat tiba, jema’ah bisa mampir sejenak ke perpustakaan untuk membaca buku. Ibadahnya dapet, nambah ilmunya pun dapet juga, kan?!

Tempat Penitipan Sandal

Jema’ah bisa beribadah dengan tenang dan damai tanpa mengkhawatirkan apa sandalnya akan hilang. Pasalnya, Masjid Raya At-Taqwa memiliki tempat penitipan sandal yang aman karena ada penjaganya.

Koleksi buku di perpustakaan masjid.
Kantin

Tak perlu menyebrang jalan untuk mengisi perut karena di sini ada kantin yang menjual berbagai macam makanan berat maupun ringan. Pastinya beragam makanan yang dijual memiliki harga yang sangat terjangkau.

Parkir Luas

Para karyawan masjid sangat sigap menunjukkan lahan parkir untuk pengunjungnya. Jangan takut kehabisan lahan parkir karena parkir mobil dan parkir motornya luas. Bagaimana dengan tarifnya? Nah, ini yang istimewa! Tak ada tarif khusus, tapi pengunung bisa memasukan sejumlah uang ke kotak amal yang telah disediakan di lahan parkir.

Jadi, ayo luangkan waktumu untuk mengunjungi Masjid At-Taqwa saat berwisata ke Kota Cirebon!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.