Masjid China yang Tersembunyi di Pulau Lombok

3
220
Tampak Masjid China berdiri di atas bukit jurang malang.

Memang Lombok tidak pernah kehabisan destinasi wisata yang unik dan menarik untuk dikunjungi. Buktinya tetap aja ada salah satu tempat baru yang dibuka sebagai tempat wisata, meskipun wisata religi tetapi tetap saja termasuk destinasi baru untuk spot foto ataupun tempat berpose ria. Di lain hal, pulau Lombok sendiri dijuluki dengan “Pulau Seribu Masjid” saking banyaknya masjid yang ada di pulau ini, yakni sekitar 3.767 masjid dan 5.184 musholla, baik itu di desa maupun kelurahan di Lombok.

Beralih ke lain hal, Lombok juga ditetapkan menjadi surga kedua setelah pulau Bali. Maka tidak sedikit para travellers yang sudah berkunjung dan menghabiskan waktu di sini. Nah kali ini, saya akan memberikan sedikit referensi buat kalian pecinta travelling. Yuk simak selengkapnya dalam ulasan berikut ini!

Photo sedang naik ke atas area Masjid.
Wisata Religi Masjid China Di Desa Pakuan, Lombok

Berasal dari namanya saja kita sudah bisa tebak bahwa di sana terdapat masjid bergaya khas China. Nah masjid ini sendiri berada di Desa Pakuan, Kecamatan Narmada, Lombok Barat, dan lokasinya tepat di atas bukit yang sering disebut dengan Jurang Malang. Oleh karena itu, bagus bangat sebagai spot foto karena lokasinya di dataran tinggi, ditambah lagi dengan kondisi alamnya yang fresh.

Masjid ini sendiri bernama Masjid Al-Ridwan, namun orang-orang setempat biasa menyebutnya dengan Masjid China karena bentuk bangunannya yang seperti bangunan China. Masjid ini merupakan salah satu tempat wisata religi yang bagus untuk dikunjungi, dan masjid ini juga masuk dalam kategori program desa wisata loh! Keren kan?

Oh iya, awal mula kenapa masjid ini dibangun karena pada saat itu ada salah seorang muallaf keturunan Tionghoa yang bernama Ang Thian Kok. Setelah memeluk agama Islam, Aan dan istrinya tersadar untuk membangun beberapa masjid dan salah satunya adalah Masjid China yang berada di Bukit Jurang Malang ini.

Keindahan alam dari atas area Masjid.
Keunikan Masjid China

Uniknya, ada sebuah musholla yang tampil beda dengan arsitektur bangunan yg menyerupai klenteng. Namanya Mushala Al Ridwan, terletak di atas sebuah bukit di Dusun Jurang Malang, Desa Sesaot, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat, NTB.

Desain musholla ini sangat mencolok dengan dominasi warna merah dan juga berada di atas bukit. Berdiri di atas lahan seluas 90 are atau kurang dari 1 hektare, kompleks Musholla Ridwan terbagi dalam beberapa area, mulai dari area parkir, tempat wudhu, dan beberapa berugak (gazebo) untuk jamaah atau wisatawan bersantai.

Memang setelah dikonfirmasi, tempat ibadah ini didesain dengan gaya yang berbeda tetapi tetap mewakili identitas maupun etnik dari leluhurnya. Sejauh ini tidak sedikit juga tempat ibadah seperti masjid dan musholla yang bergaya arsitektur Eropa dan juga Timur Tengah (Arab).

Selain daya tarik bangunannya yang unik, panorama alamnya juga sangat bagus sebagai tempat berpose ria karena di sana termasuk dalam kategori tempat yang cukup subur untuk tanaman kopi, cokelat, durian, rambutan dan lain sebagainya. Meskipun lokasinya agak dalam, namun tidak membuat para pengunjung memutar arah untuk sekadar mengambil spot foto di sana. Lebih jauh lagi, fasilitas yang disediakan sudah cukup lengkap.

Jarak antara masjid kuno dengan air terjun sudah sangat dekat. Tinggal jalan beberapa meter, kita sudah bisa mandi menghilangkan penat dan gerah di air terjun tersebut. Juga selain suhu air terjunnya yang sangat dingin, tempat ini bikin liburan kalian semakin komplet dan enggak mau pulang. Wah mantap benar!

Tampak Masjid China berdiri di atas bukit jurang malang.
Untuk Tiket Masuknya Sendiri, Tidak Dikenakan Tarif

Jarak antara lokasi dengan Kota Mataram sendiri cukup jauh, yakni sekitar 35 menit perjalanan. Meski lokasinya cukup dalam, tetapi akses untuk sampai ke sana cukup bagus karena kondisi jalanan yang sudah teraspal. Jadi, tidak usah khawatir lagi apabila berkunjung ke sana. Setelah kalian sampai ke tujuan, yang tinggal kalian lakukan hanya memarkir kendaraan kalian di area lokasi. Untuk tarif parkir kendaraan sendiri seperti pada umumnya yaitu Rp 3.000/motor dan untuk kendaraan roda empat hanya Rp 5.000 saja.

Lebih lanjut lagi, apabila kalian masih kebingungan cari tempat untuk makan siang atau makan bersama dengan keluarga atau rekan-rekan kalian, enggak usah khawatir karena di bawah area Masjid China tersedia lapak atau warung kecil untuk istirahat makan. Sebenarnya di dalam juga bisa, tinggal mau pilih yang mana. Untuk harga makanan di sana cukup murah tergantung yang dipesan, mulai dari Rp 5.000 sampai dengan Rp 20.000-an. Selamat mencoba!

3 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.