Mari Berkunjung ke Pantai Payangan Kota Jember

0
1174
Bermain pasir hitam di Pantai Payangan.

Jika ingat lakon perempuan di film Ada Apa Dengan Cinta seri pertama, Cinta. Maka kamu tak asing kan dengan bait terakhir puisi milik Rangga yang dibawakannya dengan mode musikalisasi di cafe pada salah satu scene, ‘Haruskah aku lari ke hutan belok ke pantai?’. Lalu saya akan menyarankan ke Cinta untuk langsung belok ke Pantai. Ya, karena pantai merupakan media meditasi dari alam untuk menenangkan jiwa-jiwa yang lelah meski sebentar. Bagaimana tidak senang? Mendengar debur ombak, melihat pohon melambai beserta kapal nelayan, dan juga merasakan pasir pantai yang menyejukkan.

Kali ini kamu akan saya ajak mlipir ke salah satu kota hampir ujung timur Provinsi Jawa Timur, yaitu Kabupaten Jember. Jember memiliki beberapa pantai dengan karakteristik masing-masing. Nah kali ini yuk mampir ke Pantai Payangan yang terletak di Jl. Sidomulyo, Sido Mulyo, Sumberrejo, Ambulu, Kabupaten Jember.

Pemandangan laut lepas di tengah pendakian.

Jika memulai perjalanan dari pusat kota Jember, maka kamu akan membutuhkan waktu kurang lebih 75 menit dimulai dari perempatan Mangli belok kiri dan lurus hingga sampai ke kawasan Pantai Watu Ulo, disitu kamu hanya perlu mengambil jalan lurus dan sampai pada kawasan Pantai Payangan, termasuk mudah sekali untuk menemukan letak Pantai Payangan ini.

Pemandangan Bukit Samboja yang terlihat dari ketinggian Bukit Domba.

Pantai Payangan memiliki karakteristik pasir hitamnya, dan beberapa bukit yang mengelilinginya. Yang paling terkenal di kalangan millenials karena memiliki cukup spot foto yang instagramable adalah Bukit Domba dan Bukit Samboja. Oiya lebih mengasyikkan lagi Pantai Payangan tidak menarik biaya retribusi khusus untuk masuk ke lokasi. Namun jika kamu ingin menikmati pemandangan via Bukit kamu akan dibebani biaya Rp. 5.000 hingga Rp. 7.500 untuk masing-masing bukit, murah kan?

Pemandangan Teluk Love dari Bukit Domba.
Pendakian singkat cukup melalahkan di Bukit Domba.

Nah Travelovers, Bukit Domba memiliki pemandangan sebuah teluk mirip bentuk hati (love) yang menjadi salah satu hal iconic dari Pantai Payangan yaitu Teluk love. Spot ini banyak dikunjungi oleh pemuda pemudi yang sedang berkencan demi mendapat spot foto yang romantis. Namun travelovers juga harus mengeluarkan tak sedikit tenaga untuk menanjak di Bukit Domba demi melihat pemandangan Teluk Love dari ketinggian, yah sesuai lah ya dengan pepatah lama ‘bersakit-sakit dahulu, bersenang-senang kemudian’.

Setelah melalui medan yang lumayan melelahkan, keringat kamu terbayar dengan pemandangan di tengah perjalanan seperti Bukit Semboja yang tampak, perahu-perahu nelayan beserta pemukiman penduduk yang akan mengenyangkan mata travelovers.

Area dekat Teluk Love yang berada di Bukit Domba.

Sementara Bukit Samboja, juga tidak kalah dalam hal menyajikan pemandangan laut biru pantai selatan yang memukau. Bukit Samboja memiliki beberapa titik dilengkapi gazebo untuk beristirahat dengan tenang. Saat ini Bukit Samboja juga menjadi spot foto yang sedang digandrungi millenials.

Dan terakhir spot asik untuk menenangkan diri terdapat di antara Bukit Samboja dan Bukit Domba. Sebuah hamparan pasir hitam yang mampu membuat kamu cukup terhibur jika sedang galau. Menyaksikan dan mendengarkan debur ombak yang lumayan tinggi.

Bebatuan karang beserta deburan ombak.

Nah, untuk fasilitas sendiri cukup lengkap untuk ukuran tempat wisata yang tidak dikenai Harga Tiket Masuk (HTM), diantaranya seperti toilet umum, musholla dan juga warung makan yang terdapat di sepanjang jalan, dekat parkiran sekaligus dekat pantai. Dan jika kamu ingin mencicipi beberapa seafood yang cukup terjangkau, pilihanmu pun tak salah.

Nah, Bagaimana? Apa kamu cukup teratrik? Jika iya, tunggu apalagi? Lingkari kalendermu, siapkan daypackmu dan ajaklah orang tersayang untuk menikmati barangkali sunset di Pantai Payangan ini, Cheerio!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.