Makan Seafood Sepuasnya di Bagan Percut

0
1039
Enggak sabar deh untuk menyantap seafoodnya.

Siapa sih, yang bisa menolak kenikmatan seafood? Ada banyak orang yang menyukai makanan yang satu ini. Ya, walaupun makanan ini tergolong lumayan mahal, tapi tidak usah risau lagi, karena aku punya tempat yang recomended untuk dikunjungi bagi kalian yang menyukai seafood.

Tempat bernama Bagan Percut ini terletak di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Walaupun berlokasi di Kabupaten Deli Serdang, lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari Kota Medan. Nah, jika kamu hendak berangkat dari Medan menuju Bagan Percut, cukup menghabiskan waktu sekitar 2 jam jika menggunakan mobil, dan 1 jam jika menggunakan sepeda motor. Tenang saja, untuk aksesibilitas menuju Bagan Percut sudah mulus dan tergolong lancar.

Beberapa hari yang lalu, aku bersama ketiga temanku pergi ke Bagan Percut dengan menggunakan sepeda motor. Kami berangkat dari kampus, dan hanya mengahabiskan waktu sekitar 30 menit di perjalanan, karena memang daerah kampus kami sudah masuk daerah kabupaten Deli Serdang. Untuk aku yang baru pertama kali ke sana, aku begitu tertarik dan penasaran tentang Bagan Percut. Selama perjalanan menuju tempat tersebut begitu lancar tanpa ada kemacetan. Selama di perjalanan, pemandangan yang kami lalui yaitu pabrik-pabrik dan juga pohon kelapa sawit.

Bermacam-macam jenis makanan laut yang bisa kamu pilih di tempat pelelangan.

Sesampainya di Bagan Percut, kami memarkirkan kendaraan dan kamu harus membayar uang parkir sebesar Rp 5.000. Setelah itu, kami langsung menuju ke tempat pelelangan seafood. Hal yang unik dari tempat ini jika dibandingkan dengan tempat seafood yang lainnya adalah kamu harus belanja seafood mentah terlebih dahulu. Nah, di tempat pelelangan ini kamu bisa memilih jenis seafood yang kamu suka, mulai dari kepiting, udang tambak / laut, lobster, kerang, gurita, cumi-cumi, dan masih banyak jenis lainnya. Namun, bukan hanya itu, di sini kamu juga bisa menemukan ikan dan semuanya sangat segar. Pastikan kamu membawa temanmu yang pandai menawar, karena memang di tempat pelelangan tersebut bisa dilakukan tawar-menawar.

Setelah acara tawar-menawar, akhirnya kami mendapat 2 kg seafood dengan harga Rp 100.000 saja. sumpah menurutku itu benar-benar terhitung murah, dengan seafood-nya yang juga masih fresh.

Sebelum makan kita tawar-menawar dulu harga seafood mentahnya.

Setelah selesai berbelanja, saatnya untuk memasak. Kalian tidak perlu pusing memikirkan perlengkapan masaknya, karena pelayan restoran akan dengan sigap memasak belanjaan kalian. Tentunya kalian juga bisa request belanjaan kalian ingin dimasak seperti apa. Untuk memasak tersebut, kalian cukup membayar Rp 10.000 per kg saja.

Ada beberapa jenis restoran yang bisa kalian tempati, yaitu restoran biasa, pondok kecil, dan restoran terapung. Kami pada akhirnya memutuskan untuk makan di restoran biasa , setelah sampai di restoran, kami langsung memberikan seafood yang akan dimasak. Sedikit tips, jika kalian ingin irit, maka lebih baik kalian membawa nasi dan minuman dari rumah, karena memang harga nasi dan minuman di sana cukup mahal. Tanpa perlu menunggu terlalu lama, 10 menit kemudian hidangan sudah datang.

Setelah berhasil menghabiskan semua seafood yang kami beli, aku bersama temanku memutuskan untuk istirahat sebentar baru mulai makan lagi padahal tuh nasi yang kami bawa cuman 2 porsi bagi 4 orang tapi emang puas banget deh pokoknya makan disana dengan harga yang tergolong murah.

Kita bisa melihat aktivitas para nelayan juga lho.

Selain bisa berbelanja dan makan seafood, ternyata kita bisa menyewa kapal untuk berkeliling sungai, bahkan hingga ke pinggir laut dengan membayar Rp 10.000 saja untuk ongkos kapal pulang-pergi. Benar-benar puas berkeliling sungai dan melewati pohon mangroev dan burung bangau. Sayangnya di pinggiran sungai yang kami lewati terdapat sampah-sampah makanan yang merusak pemandangan. Nah, jadi untuk teman-teman yang ingin berkunjung ke Bagan Percut, jangan membuang sampah di sungai ya, supaya alam tidak rusak dan ekosistem sungai tetap terjaga.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.