Makan Seafood Murah di Karimun Jawa

0
1703
Lapak penjual di Alun-alun Karimunjawa.

Siapa sih yang nggak tahu Karimunjawa? Sebuah pulau dengan keindahan bawah laut dan pantai yang indah, dan terletak di di Kabupaten Jepara. Karimun Jawa adalah kawasan wisata yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Banyaknya Resort dan hotel, membuat para wisatawan berpikir bahwa biaya hidup di Karimunjawa mahal. Apalagi biaya makan dan menikmati seafood, wisatawan seringkali berpikir harganya mahal dan tidak sesuai dengan dompet.

Padahal makan seafood di Karimunjawa bisa murah banget. Tergantung cara kita memilih dan menentukan tempat makan, kalau kita makan di resort atau hotel ya sangat wajar jika harganya mahal. Tapi jika kita makan di pasar ikan atau alun-alun tentu harganya akan jauh lebih murah. Ini dia langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk bisa menikmati seafood dengan harga murah di Karimunjawa.

Memilih tempat yang tepat

Karimunjawa sebagai tempat wisata memiliki banyak hotel dan resort. Sehingga banyak restoran dan cafe-cafe yang berada di Karimunjawa, resto yang khusus menyajikan seafood pun banyak. Dalam kondisi seperti, kamu harus teliti memilih tempat untuk makan seafood di Karimunjawa.

Alun-alun Karimunjawa adalah spot makan seafood yang terkenal dan ikonik. Setelah matahari terbenam, alun-alun selalu penuh dengan pedagang seafood segar. Menurut saya, dari pertimbangan harga tempat dan kualitas seafood, Alun-alun Karimunjawa adalah tempat terbaik untuk makan seafood murah enak dan berkualitas.

Mencari dan memilih makanan laut
Lobster besar!

Pedagang seafood di alun-alun Karimunjawa mungkin jumlahnya belasan atau puluhan. Sehingga kita harus mencari dan memilih pedagang yang cocok sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan. Kita bisa berkeliling terlebih dahulu dan melihat-lihat apa yang pedagang jajakan.

Setelah itu kita bisa memilih seafood yang akan kita makan. Biasanya dalam sebuah lapak, sudah ada banyak pilihan yang bisa kita pilih. mulai dari berbagai jenis ikan, udang, cumi-cumi, kepiting, lobster, bahkan ikan pari!

Memastikan harga dan porsi makan
Kerang dara segar.

Nah di tahap ini, kita harus harus bijak agar tidak kelewatan. Karena banyaknya pilihan seafood yang dijajakan, orang-orang biasanya menjadi kalap. Banyak juga sisa-sisa makanan yang terbuang dan tidak termakan, karena wisatawan lapar mata.

Harga seafood yang murah dan bersahabat, bisa menjadi salah satu penyebab banyaknya makanan tersisa dan tidak termakan. Cumi-cumi berukuran besar dihargai sekitar 30 ribu – an, ikan berukuran sedang dihargai sekitar 30 ribu – an, ikan yang besar dihargai 50 ribu – an, kepiting 30 ribu – an, dan udang 30 sampai 40 ribu – an. Harga itu Sudah termasuk biaya masak dengan berbagai macam cara memasak, ada yang dibakar, digoreng, dan ditumis dengan bumbu bumbu yang khas.

Menikmati suasana malam Karimunjawa
Cumi cumi segar berukuran besar.

Ketika makanan sudah datang dan kita sudah siap menyantap, nikmati setiap momen di area alun-alun Karimunjawa. Suasana malam keramaian dan angin laut yang besar akan menambah mood makan kita menjadi nikmat!

Rasa ikan bakarnya benar benar berbeda, karena pembakarannya setengah diasap, bukan hanya dibakar dengan arang. Lalu, cumi-cumi tumis saus asam manis benar benar nikmat. Daging cuminya empuk dan segar, gak kaya cumi yang biasa kita temui di perkotaan. Pokoknya, sensasinya beda deh!

Ah, Karimun Jawa emang spesial! makan seafood yang berkualitas, segar, dan enak  gak perlu mahal, suasana Karimun Jawa akan membuat kita nyaman.

Jadi, tertarik dengan kuliner Karimun Jawa yang penuh dengan panganan bahari? kapan mau makan seafood murah di Karimunjawa?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.