Makan Murah Ambil Sepuasnya di Warung Mak Ti

0
165
Menu Prasmanan.

Makan kenyang tidak harus mengeluarkan banyak uang. Begitulah komentar para pengunjung setelah makan siang di Warung Mak Ti, Blitar. Warung kecil yang berada di Desa Jatinom, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar ini begitu ramai dikunjungi saat jam makan siang. Para pengunjung yang datang tidak hanya dari Blitar, tetapi juga dari luar Kabupaten Blitar, seperti Kediri, Malang, Surabaya, bahkan dari Jakarta juga pernah datang untuk sekedar mencicipi kuliner ala desa di Warung Mak Ti. Tidak hanya itu, koki cantik sekelas Farah Quin hingga mantan Wapres Budiono pernah datang ke sini lho! Makin penasaran khan dengan Warung di pelosok desa ini?

Selagi masih pagi, penulis mencoba untuk berkunjung ke Warung Mak Ti. Kabarnya lokasi ini memang berada di pelosok desa yang jauh dari hiruk pikuk keramaian. Tapi tenang, jika kita cek di gawai kita, sudah ada lokasi Warung Mak Ti di map online, tinggal jalan dan ikuti petunjuk jalan. Akses yang paling mudah jika rekan-rekan tidak membawa gawai dengan map online adalah akses menuju ke Kecamatan Kanigoro dari arah mana saja. Lebih baik rekan-rekan mencoba cari markas Yonif 511 Badak Hitam Blitar. Setelah melewati markas Yonif 511,  lurus ke arah selatan hingga menemukan petunjuk arah yang berada di pertigaan di sebelah timur jalan. Rekan-rekan bisa ikuti petunjuk jalan sampai menuju area Warung Mak Ti. Tenang jangan kaget jika sudah memasuki Dusun Nglaos Desa Jatinom rekan-rekan akan disuguhi pemandangan desa yang asri dengan melewati pepohonan jati.

Tampilan Depan.

Sesampainya di Warung Mak Ti, lahan parkir yang disediakan cukup luas. Tempat parkir ala-ala restoran besar yang bisa menampung mini bus. Tidak heran karena pihak pengelolah memang sengaja membeli lahan di depan warung hanya untuk dijadikan tempat parkir. Jika berkunjung saat jam makan siang, bisa jadi antrian panjang segera menanti. Jika bisa hindari jam padat sekitar jam 11-30 sampai jam 13.00 agar bisa bebas pilih menu makanan tanpa harus diburu-buru dan berdesakan dengan pengunjung lain.

Menu yang ditawarkan warung ini cukup sederhana yaitu sajian ikan sungai yang digoreng kering seperti ikan mujair, nila, bader dan lain-lain. Ditambah aneka sayur pelengkap seperti sayur lodeh tewel, lompong, pepaya muda. Ada yang unik di sini yaitu ala prasmanan di mana kita bisa bebas mengambil nasi, aneka ikan goreng dan sayur. Buat rekan-rekan yang biasa makan dengan porsi jumbo dan murah, di sini tempatnya. Bayangkan saja apa pun dan berapa pun yang kita makan asal masih dalam satu wadah piring harganya hanya 10.000 saja loh. Inget ya berapa pun jumlah lauk dan sebanyak apa pun nasinya.

Hanya 10.000.

Untuk rekan-rekan ketahui, dalam satu hari kebutuhan ikan di Warung Mak Ti kurang lebih sekitar 5 kwintal, ini didapat dari para pencari ikan di area sekitar desa dan Waduk Selorejo. Saat sudah mengambil makanan, bisa langsung pesan minum dan langsung makan. Bayarnya? Makan dulu sambil nikmati asrinya Desa Jatianom, setelah makan baru kita bayar. Kalkulasi biaya makan dan minum untuk 2 orang, tidak akan lebih dari 30.000. Bahkan jika rekan-rekan mau, bisa bungkus ikan goreng untuk dibawa pulang.

Pemilik warung ini adalah Ibu Supriyati dan biasa dipanggil Mak Ti, sesuai dengan nama warung. Mak Ti sendiri dulunya bekerja sebagai juru masak di Terminal Kota Blitar, selain itu beliau juga bekerja sebagai tukang masak panggilan. Berbekal pengalaman dan cita rasa masakan desa yang enak, pada tahun 2000 Mak Ti mendirikan warung makan kecil-kecilan dengan menu masakan desa dan harga yang tidak mahal. Konsep sederhana yang diusung oleh beliau inilah yang membuat warung Mak Ti semakin lama semakin dikenal oleh masyarakat. Alhasil masyarakat sekitar semakin terbantu secara perekonomian karena warung ini memperkerjakan banyak pegawai.

Masih penasaran dengan Warung Mak Ti ini? Jika ada kesempatan silahkan mampir ya, jika sedang berkunjung ke Malang atau sedang melewati Blitar bisa langsung belok ke arah Desa Jatianom, Kecamatan Kanigoro, Blitar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.