Main ke Kantor Tersembunyi di Dalam Bogor Forest

0
725
Bogor Forest
Rumah latin dari dalam beserta potongan dapur di kanan.

Apa yang kalian bayangkan jika mengedengar kata ‘kantor’? yup pasti sekelebat dipikiran yaitu sebuah gedung bertingkat yang berisikan banyak karyawan dengan sejumlah tumpukan kertas. Namun jika kamu datang ke Kantor Latin (Lembaga Alam Tropika Indonesia), kamu akan temukan sisi lain dari sebuah kantor.

Kenapa harus mengunjungi Latin? Latin kan kantor?

Latin merupakan sebuah LSM yang bergerak dibidang kehutanan, lokasinya berada di Jl Sutera No 1, Situ Gede. Di dalam Bogor Forest. Jika kamu berkunjung ke sana, kamu akan mendapati sebuah rumah joglo besar khas jawa yang berdiri kokoh.

Meski sebuah kantor, namun Latin sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin berkunjung kesana.

Kantor Latin dari Jalan masuk
Kantor Latin dari Jalan masuk.

Jika kamu ingin berfoto-foto khas jadul rumah joglo Latin merupakan pilihan yang tepat! Kamu akan melihat arsitektur khas rumah tradisional. Dahulu, bangunan ini merupakan rumah asli yang berada di Salatiga, kemudian di bongkar dan di angkut untuk di pindahkan ke Bogor menjadi kantor.

Di Latin juga menawarkan jasa foto sesi lengkap dengan aksesoris penunjang seperti baju kebaya, dan bakul-bakul untuk menambah nuansa tradisional. Berfoto keluarga, teman, ataupun foto buku tahunan akan sangat menarik jika dilakukan dengan mengambil latar belakang rumah joglo ini.

Rumah Joglo Bogor
Sesi foto jadul berlatar rumah joglo.

Tentunya kantor yang sebenarnya berada di balik rumah joglo tersebut. Karena tempat ini adalah sebuah kantor, maka fasilitas seperti toilet, mushala, perpustakaan dan dapur juga tersedia. Arsitektur dari fasilitas yang dijaga dengan apik juga menarik dan senada dengan mengambil konsep yang unik.

Bagi kalian yang gemar membaca tentang yang berbau dengan hutan, alam dan lingkungan dapat mengunjungi perpustakaan Latin. Koleksi buku-buku yang terdapat di sana bukan main-main. Tempat yang ramah sekali untuk para mahasiswa atau orang-orang yang sedang mencari literatur untuk tugas, maupun hanya sekedar menambah pengetahuan. Bagi para pencari mood untuk membaca buku dengan pemandangan hihijauan yang syahdu dan sepi atau berdiskusi panas tentang masalah lingkungan pasti akan betah.

Berkemah dengan nuansa hutan di kota.

Lengkapnya fasilitas yang ada di kantor Latin membuatnya sering sekali disewa untuk berbagai kegiatan. Kegiatan musyawarah besar organisasi, reuni kantor, makrab mahasiswa, seminar, pelatihan, pendidikan, outbond, wisata dan berbagai kegiatan lainnya.  Karena lokasinya yang berada di dalam hutan, kegiatan seperti berkemah dengan ramah sangat cocok dilakukan di sana. Latin juga memiliki lahan yang luas yang dapat memuat hingga 12 tenda keluarga.

Permainan tradisional enggrang kerap tersedia di Latin
Permainan tradisional enggrang kerap tersedia di Latin.

Harga menyewa Latin mulai dari 500.000 rupiah tergantung dengan kegiatan yang akan di selenggarakan disana. Namun jika kamu hanya ingin berkunjung dan bermain tidak dipungut biaya kok!

Lokasinya yang berada di dalam hutan, maka jika berkunjung ke sana akan menemukan berbagai macam jenis pohon. Pohon-pohon yang berada di Latin sudah diberi nama sehingga pengunjung dapat mengetahui nama lokal, nama latin berseta famili dari pohon yang ada. Udaranya juga sangat sejuk karena dikelilingi pohon-pohon para penghasil oksigen. Malam hari akan sangat terasa lebih dingin terlebih jika hujan turun.

Rumah Latin Bogor Forest
Kantor latin tampak belakang.

Terletak di dalam Hutan Penelitian Dramaga atau yang sekarang disebut dengan BoFos (Bogor Forest), maka akses kendaraan umum untuk sampai hingga depan kantor cenderung agak sulit. Dari arah Yasmin kamu bisa menaiki angkot trayek 32 sampai di pertigaan menuju Cifor dan menaiki angkot trayek 15 hingga melewati Situ Gede dan berhenti di pertigaan yang menuju pintu BoFos samping yang biasa disebut ‘Kandang Rusa’ (karena terdapat penangkaran rusa di dekat sana). Setelah itu berjalan kaki sedikit melewati hutan dan masuk ke gang kecil yang berisi rumah-rumah hingga tembus ke Latin. Disarankan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor maupun mobil agar lebih praktis.

Karena ini adalah kantor maka waktu yang disarankan berkunjung yaitu 08.00 – 16.00. Namun, pada waktu-waktu tertentu jika sedang ada acara waktunya bisa lebih tentatif. Pada sabtu-minggu kantor akan sepi karena libur, namun tenang saja, jika ingin berkunjung tetap bisa kok!

Jika kamu sedang mencari tempat yang unik, dengan nuansa hutan tetapi tetap berada di kota maka kantor Latin akan menjadi rekomendasi yang pas.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Latin bisa datang langsung atau mengirimi pesan langsung di instagram saya @asadiaakil .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.