Main Bersama Rusa di Ranca Upas

0
204
Rusa Jantan

Kampung Cai Ranca Upas merupakan salah satu bumi perkemahan yang ada di Bandung Selatan. Lokasinya berada di Jalan Raya Ciwidey – Patenggang KM 11, sekitar 50 km dari pusat Kota Bandung. Sebagai tempat perkemahan, Ranca Upas memiliki hamparan datar yang luas sehingga bisa menampung banyak orang. Selain itu suasana hutannya juga masih terjaga, sehingga selain menghadirkan pemandangan yang cantik juga udara yang segar.

Kawasan Ranca Upas memang menyajikan keindahan alam yang memesona. Berada di area seluas 215 hektar, kawasan ini menjadi salah satu kawasan hutan lindung yang ada di area Bandung. Berada di ketinggian 1700 mdpl dengan suhu rata-rata sekitar 17 – 20 derajat celcius, Bumi Perkemahan Ranca Upas ini dikelola oleh Perusahaan Hutan Indonesia atau yang biasa lebih dikenal dengan PERHUTANI. Fasilitas yang ditawarkan juga cukup beragam, selain berkemah, kamu juga bisa menikmati kolam renang air panas yang berasal dari Gunung Patuha serta bermain di penangkaran rusa.

Memberi makan rusa.

Sekarang ini Ranca Upas semakin terkenal bukan sekadar karena lokasi camping-nya saja, tapi melainkan karena penangkaran rusanya. Foto bersama kawanan rusa dengan latar belakang Gunung Patuha serta hutan menarik perhatian. Foto-foto ini tampak instagramable. Bukan hanya untuk dokumentasi pribadi, tapi bahkan penangkaran rusa ini juga diminati untuk spot foto prewedding.

Main Bersama Rusa di Ranca Upas

Jenis rusa yang berada di penangkaran Ranca Upas adalah Rusa Timor yang memiliki nama latinĀ Cervus Timorensis. Ini merupakan salah satu jenis rusa asli Indonesia yang diperkirakan berasal dari Jawa dan Bali. Rusa Timor seringkali juga disebut sebagai Rusa Jawa.

Rusa Jantan

Waktu makan rusa-rusa di Ranca Upas biasanya adalah sekitar pukul 2 siang. Umumnya bila belum waktu makan, rusa-rusa ini akan bersembunyi di bawah semak-semak. Namun begitu, rusa jantan yang memiliki tanduk panjang lebih sering menampakan diri.

Rusa yang berada di penangkaran ini cukup jinak. Apalagi kamu memberinya makanan yang sudah dijual persis di pintu masuk area penangkaran. Tak usah panik jika mereka mulai menyerbu kamu untuk minta disuapin wortel atau kangkung. Jangan lupa pastikan kamera selalu siaga untuk mengabadikan momen ini.

Meski jinak tapi bukan berarti kamu tidak perlu waspada. Antara bulan Agustus hingga Desember merupakan musim kawin rusa. Biasanya pada masa-masa ini mereka akan lebih agresif dan lebih lincah. Tak jarang mereka juga bertarung satu sama lain merebutkan rusa betina. Susana hatinya pun tidak dapat ditebak. Karenanya kamu tetap harus waspada. Biasanya di musim kawin seperti ini lebih baik bila kamu turun ke padang rumput ditemani pawang.

Rusa Jantan

Supaya kamu nyaman berlama-lama bersama rusa, ada baiknya kamu datang di hari kerja. Karena ada batasan jumlah pengunjung untuk turun ke bawah, tempat rusa bermukim, yaitu maksimal 40 orang. Jika kamu datang di akhir pekan, khawatir akan terlalu ramai sehingga kamu jadi kurang puas bermain dan berfoto bersama rusa.

Tiket Masuk Ranca Upas

Ingin berkunjung ke Ranca Upas? Tiket masuk ke Ranca Upas tidak terlalu mahal, Rp 15.000 per orang untuk tiket masuk, dan Rp 10.000 untuk membayar parkir roda empat, atau Rp 5.000 untuk kendaraan roda dua. Sementara untuk ke penangkaran rusa tidak dikenakan tiket masuk lagi. Paling kamu hanya perlu jajan Rp 10.000 per kantung makanan rusa (wortel atau sayuran lainnya yang tersedia). Jika musim hujan dan becek, kamu bisa menyewa sepatu bot seharga Rp 20.000.

Main bersama rusa di Ranca Upas

Menemukan penangkaran rusa ini tidak sulit kok. Lokasinya berada tak terlalu jauh dari pintu masuk. Berada di sebelah kiri jalan tepat di depan lahan perkemahan. Gimana, sudah siap untuk bermain bersama rusa? Selamat bersenang-senang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.