Lumpia Mbak Lien Bikin Kangen dengan Semarang

0
95
Lumpia basah mbak lien.

Semarang memang patut dijuluki sebagai Kota Lumpia karena makanan itu telah menjadi ciri khasnya. Di Semarang, ada lumpia yang cukup terkenal, namanya Lumpia Mbak Lien. Lumpia Mbak Lien dulunya akrab disapa dengan loenpia bukan lumpia. Karena bahasa Indonesia semakin marak digunakan, nama loenpia mulai susah dieja sehingga ejaan lumpia menjadi mudah digunakan.

Rasa Lumpia Mbak Lien ini memang sangat otentik dan khas sekali dari Semarang. Lokasinya mudah sekali dijangkau karena terletak di pusat Kota Semarang, tepatnya di Jalan Pemuda, di depan Sri Ratu, di sebuah mulut gang bernama Gang Grajen. Selain di situ, kalian juga bisa datang ke Jalan Pendanaran karena baru buka cabang.

Nah, mengapa rasa lumpia ini bisa dikatakan otentik? Pasalnya, usia Lumpia Mbak Lien ini tidaklah muda. Saat ini, lumpia yang ada di Jalan Pemuda itu sudah berusia empat generasi. Sudah tua bukan? Namun, rasa lumpianya dari masa ke masa masihlah sama. Saat ini, lumpia ini dikelola oleh putra-putri Mbak Lien. Ibaratnya rasa lumpia ini telah menjadi warisan dari nenek moyang dan perlu dilestarikan agar semakin bersejarah.

Pelengkap cocolan lumpia.

Ciri paling khas dari Lumpia Mbak Lien adalah rebungnya yang tidak berbau. Mengapa bisa begitu? Rebung sudah diolah dengan proses yang panjang sehingga bau rebung yang pesing itu tidak ada sama sekali. Proses itu pun termasuk pencucian yang sangat bersih. Selain itu, kulit lumpia yang digunakan bukanlah kulit lumpia biasa. Kulit lumpia dibuat sendiri dengan menggunakan tepung khusus. Sementara itu, isiannya pun menggunakan ayam dan udang yang dicampur dengan telur. Adonan isian itu dikombinasikan kembali dengan bumbu lain.

Oleh karena itu, rasa lumpia ini begitu khas dan tidak ada di lumpia yang lainnya. Rasanya pun semakin khas karena adanya perpaduan antara kuliner Jawa dan Tionghoa. Semarang memang memiliki cita rasa masakan manis sehingga kesan rasa manis dan gurih semakin membuat kangen dengan Semarang. Tiap orang yang datang ke Semarang pasti mencari lumpia otentik ini.

Lumpia Mbak Lien terdiri atas dua jenis, yaitu lumpia basah dan lumpiah yang digoreng. Lumpia basah memiliki kulit berwarna putih karena tidak diggoreng, sedangkan lumpia yang digoreng berwarna kecoklatan. Lumpia basah lebih berasa karena isiannya tidak bercampur dengan minyak. Rasanya agak manis dengan telur dan rebung di dalamnya. Kalian pun bisa memilih jenis lumpianya berdasarkan isiannya, ada original, lumpia seafood dengan isian kepiting, lumpia vegetarian dengan isian jamur, dan lumpia western dengan isian mozzarella, smoked beef, dan nugget. Kalian bisa membeli sesuai dengan rasa favorit di lidah kalian. Harganya pun beragam mulai dari Rp 14.000 hingga Rp 23.000.

Lumpia kering mbak lien.

Lumpia Mbak Lien memang dijual di sebuah gang, tetapi semua proses pembuatannya benar-benar mengutamakan kebersihan. Di mulut gang, ada kedai kecil yang melayani pembelian lumpia secara take away. Di kedai ini, lumpia yang dijual hanyalah variasi rasa original. Jika ingin mencoba sensasi rasa yang lain, kalian harus makan lumpia di kafe yang ada di ujung gang. Kafenya dibangun dengan konsep bangunan tempo dulu. Di sini, kalian juga bisa membeli oleh-oleh khas Semarang.

Selain lumpia, kalian akan mendapatkan satu nampan berisi variasi saus untuk cocolan lumpia. Ada saus widjo (denga rasa manis karena campuran kecap, bawang putih, dan tepung pati), saus mustard, dan acar bawang. Ada pula bawang, cabai rawit hijau, kecap, dan acar timun sebagai pelengkap untuk menambah kenikmatan saat menyantap lumpia. Kalian pun bisa sambil menyeruput aneka minuman, seperti teh, kopi, espresso, coklat, dan minuman dingin lainnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.