Low Cost Trip, Siapa Takut?

0
1919
Taman Sari Yogyakarta.

Liburan atau traveling sering dianggap sebagai kegiatan yang mahal, eksklusif, dan hanya untuk orang yang memiliki uang banyak. Maka dari itu, banyak orang yang takut untuk berwisata dengan pertimbangan biaya. Sebenarnya, untuk liburan dan traveling itu tidak selalu mahal. Traveling bisa jadi sangat murah dan sesuai dengan dompet kita, kalau kita menyesuaikan “gaya hidup” ketika travelling. Pada tulisan ini, saya akan membahas tentang low cost trip, dan bagaimana kita melakukan low cost trip dengan aman dan nyaman.

Low cost trip adalah gaya traveling yang meminimalisir pengeluaran sesedikit mungkin, dengan tetap mengusahakan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Artinya, prinsip low cost trip adalah mengeluarkan uang sedikit untuk mendapatkan hasil yang banyak. Nah, biasanya wisatawan berpikir bahwa traveling itu harus selalu high cost untuk mendapatkan fasilitas yang nyaman. Padahal, hal tersebut bisa kita siasati. Berikut adalah beberapa hal yang harus kita perhatikan untuk melakukan low cost trip.

Transportasi
Kereta Api Ekonomi.

Ketika kita traveling, pasti kita memakai jasa transportasi untuk sampai ke lokasi dan berkeliling menjelajahi berbagai objek wisata. Salah satu pengeluaran yang paling besar ketika traveling adalah transportasi, bahkan terkadang hingga menguras setengah dari biaya trip hanya untuk transportasi saja.

Untuk menghemat biaya transportasi seminim mungkin ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satunya adalah lakukanlah riset terlebih dahulu tentang kota atau lokasi yang menjadi tujuan kalian, karena setiap lokasi memiliki fasilitas transportasi yang berbeda. Umumnya, ada beberapa kelas fasilitas transportasi di berbagai daerah yang terbagi menjadi kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. Untuk mendapatkan biaya termurah, kita bisa memakai fasilitas kelas ekonomi. Contohnya, untuk kereta api dari Bandung ke Yogyakarta, kelas eksekutif memiliki harga antara Rp. 300.000 – Rp. 400.000 per tiket, untuk kelas bisnis berkisar antara Rp. 200.000 – Rp. 250.000 per tiket, sedangkan untuk kelas ekonomi hanya berkisar antara Rp. 70.000 – Rp. 90.000 saja per tiketnya. Cukup jauh, kan, perbandingan harganya?

Akomodasi
Kamar Hostel.

Tempat menginap juga adalah salah satu beban dari biaya trip. Tapi, hal tersebut bisa disiasati dengan memilih akomodasi yang ekonomis juga. Biaya murah tapi tetap dengan fasilitas yang memadai dan tentunya nyaman.

Hostel bisa menjadi salah satu pilihanyang bisa dipertimbangkan untuk menginap. Hostel merupakan penginapan massal yang lebih ekonomis dibanding hotel, walaupun pada beberapa kota di Indonesia, hostel ini memang belum ada. Selain itu, penginapan kos atau kontrakan harian pun bisa jadi pilihan ketika kamu ingin melakukan low cost trip.

Terakhir, jika kalian benar-benar ingin melakukan trip dengan biaya sangat murah, kalian bisa mengandalkan kenalan atau teman di kota yang dituju untuk bisa menginap di tempatnya. Cara mencari kenalan pun kini sangatlah mudah, kalian bisa mencoba mencarinya melalui forum-forum traveling atau backpacker. Biasanya akan ada yang siap untuk menjadi host atau bahkan menemani selama trip kalian. Atau, jika kalian juga bisa mengandalkan tempat publik, seperti stasiun, masjid, bahkan kantor kepolisian. Tentunnya harus dibarengi dengan sopan santun untuk meminta izin terlebih dahulu.

Hiburan dan Atraksi Wisata
Keraton Kanoman Cirebon.

Ketika mengunjungi sebuah kota, tentu tidak akan lengkap rasanya jika tidak mengunjungi objek wisata khas daerah itu. Untuk tetap bisa menikmati atraksi wisata dan objek wisata, kita bisa menyiasatinya agar tetap low cost!

Umumnya, kota-kota memiliki objek wisata dengan kelas high cost. Contohnya, Dunia Fantasi di Jakarta, Klub Pantai di Bali, dan Resort Eksklusif di Karimun Jawa. Tentu low cost trip kita tidak akan bisa mengunjungi tempat-tempat itu.

Namun, walaupun tidak mengunjungi tempat tersebut, bukan berarti liburan kita menjadi membosankan. Museum Kota Tua, Keraton Yogyakarta, Keraton Kanoman Cirebon, Taman Sari  di Yogyakarta, Museum Kereta Kencana Yogyakarta, Pantai Caruban, dan Klenteng Gie Yong Bio adalah contoh wisata low cost yang bisa membuat liburan kalian tetap asyik dan menarik! Pada tempat-tempat seperti itu, biaya tiket akan lebih murah, bahkan ada yang gratis. Selain itu, kisah-kisah yang kalian dapat ketika traveling akan menjadi lebih kaya jika mengunjungi situs wisata seperti itu, karena bersinggungan dengan budaya dan sejarah secara langsung.

Nah, itulah cara-cara agar traveling kalian tidak terlalu mengeluarkan biaya yang besar, namun tetap menarik dan berkesan. Jadi, yuk coba low cost trip!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.