Lombok, Bali, Jogja, Wisata Nan Rasa Berbeda

1
1528
Pantai Batu Payung - Lombok Tengah.

Berwisata adalah sebuah cara bagi banyak orang untuk melepas penat dari rutinitas yang cukup menguras pikiran dan tenaga. Tapi bagiku berwisata bukan hanya sekedar berjalan -jalan. Berwisata adalah caraku untuk menyusuri dunia yang baru, dengan berbagai keragaman yang terus membuatku ingin terus menyusuri wisata yang lain. Di sini aku akan menceritakan betapa beragamnya Wisata di negeri Ibu Pertiwi, dengan berbagai perbedaan yang akan terus kita hormati.

Aku mulai dari tempat kelahiranku, Daerah Istimewa Yogyakarta. Provinsi dikenal dengan budayanya yang masih kental serta masyarakatnya yang ramah dan penuh tatakrama. Dari segi wisata pun provinsi ini tak bisa dipandang sebelah mata. Mulai dari wisata gunung, laut, hutan, sampai wisata modern semuanya ada disini. Aku mulai dari sisi utara kita dapat menemukan Gunung Merapi yang berdiri kokoh. Bagi yang hobi mendaki maka gunung ini adalah sebuah tantangan yang menyenangkan namun tetap harus menjaga tatakrama dan kebersihan lingkungan selama mendaki. Kemudian jika kita turun ke pusat kota kita bisa menemukan Kraton Yogyakarta yang masih berdiri kokoh.

Di mana kita tahu Yogyakarta adalah sebuah provinsi yang posisi gubernurnya masih diisi oleh keluarga kerajaan yaitu Sultan. Di sini kita bisa melihat sejarah Kraton serta perannya untuk NKRI. Kemudian kita berpindah naik ke timur ada banyak pantai indah yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Ada banyak pantai dengan pasir putih dan bahkan beberapa diantaranya menawarkan jasa berupa snorkeling, namun tetap harus berhati-hati karena kita tahu laut di sisi selatan memiliki ombak yang kuat.

Pantai Krakal – Gunungkidul.

Sepanjang perjalanan dari pusat kota sampai kawasan pantai pun kita sudah disugugkan berbagai pemandangan mulai dari tebing, pegunungan dan pasar tradisional. Lalu kita melompat di sisi barat ada kawasan Kulonprogo yang daerahnya masih terlihat alami. Disana ada hutan mangrove yang sudah siap untuk disusuri, di sekeliling hutan itu pun ada banyak tambak udang yang bisa kita pelajari bagaimana prosesnya berjalan. Kabupaten ini juga menyediakan berbagai pantai, kebun teh sampai waduk. Yang terakhir kita ke selatan dengan aneka kuliner dan wisatanya.

Kuliner yang tersedia yakni mulai dari sate klathak dengan kecapnya yang manis sampai ayam ingkung yang gurih. Wisatanya pun kita sudah disediakan pantai Parangtritis yang begitu terkenal dengan mitos Ratu Kidulnya sampai gumuk pasir Parangkusumo yang merupakan satu-satunya gumuk pasir yang ada di Indonesia.

Kemudian di tahun 2018 aku sempat tinggal selama tiga bulan di Bali, sebuah daerah yang dikenal dengan pariwisatanya yang sudah terkenal hingga mancanegara. Meskipun hanya selama tiga bulan, tapi aku berusaha memanfaatkan waktu itu untuk menikmati wisata yang ada di sana. Dimulai dari sisi selatan yang terkenal dengan pantai Kutanya, kita bisa menemukan berbagai kerajinan lokal dengan wisata yang masih kental dengan adat istiadatnya.

Pantai Yehleh – Jembrana.

Di daerah ini kita bisa menemukan banyak sekali turis asing yang sedang berlibur ke Bali. Berputar ke timur ada Bali Zoo yang menyuguhkan wisata fauna dan flora dengan cara yang berbeda, sangat tepat untuk wisata anak-anak. Berputar lagi ke sisi utara ada pantai Lovina yang menyediakan atraksi agar kita bisa melihat lumba-lumba dari jarak dekat, namun tetap harus berhati-hati karena kita berada di lautan. Terakhir di sisi barat kita bisa menemukan kampung adat yang berisi campuran adat antara agama Islam, Hindu dan lainnya yang saling bertoleransi. Tidak lupa juga Gunung Agung yang tetap berdiri kokoh hingga saat ini.

Selain itu aku pernah bekerja di pulau Lombok selama 6 bulan di bidang pariwisata, bidang yang sudah pasti jadi passion ku. Pulau ini pun memiliki karakteristik wisata yang berbeda dengan dua daerah sebelumnya. Di pulau ini sentuhan agama Islam sangat kuat, terlihat dari beberapa masjid mulai dari Masjid Kuno Bayan Beleq sampai yang modern terdapat Masjid Islamic Center Lombok.

Pantai Batu Payung – Lombok Tengah.

Pulau ini pun memiliki Gunung Rinjani yang berdiri sebagai icon pulau ini. Bagi pecinta binatang, pulau ini punya Lombok Elephant Park yang cocok bagi wisata keluarga. Sedangkan untuk pantai, Lombok juga punya pantai Kuta yang tidak kalah indah. Serta beberapa pantai unik seperti pantai Pink dengan pasir pinknya dan pantai Batu Payung dengan iconnya Batu Payung. Bagi yang ingin main air namun tidak ingin ke pantai, kita bisa pergi ke air terjun Gunung Kelambu yang menyuguhkan pemandangan selama perjalanan. Tidak lupa juga Lombok memiliki beragam kain tenunnya yang indah.

Itu adalah sedikit artikelku yang berisi sebagian wisata yang ada di zamrud khatulistiwa, Aku yakin ada lebih banyak lagi wisata yang jauh lebih indah. Namun sebagai wisatawan yang baikkita harus ikut serta menjaga kebersihan dan tidak merusak apa yang sudah ada. Terimakasih aku ucapkan kepada pembaca, sekian salam dariku.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.