Liburan Sambil Belajar Buat Mie Instan di Cupnoodles Museum Osaka

0
271

Traveling atau liburan ke Jepang kurang seru jika tak mengunjungi museum makanan khas Jepang, yaitu ramen. Tentu banyak orang yang tahu ramen. Kuliner ini sudah mendunia. Namun, ramen yang akan dibahas kali ini bukan tentang ramen yang biasa dijual kedai-kedai melainkan mie ramen instan. Untuk itu kita akan jalan-jalan ke kota Osaka.

Tempat yang akan dituju adalah CupNoodles Museum Osaka Ikeda. Jika kamu liburan ke Osaka, jangan lewatkan untuk datang ke museum kuliner khas Jepang ini. Mengapa? Selain belajar tentang sejarah mie ramen instan, kamu juga bisa mengikuti kelas pembuatan ramennya dan mencoba membuat ramen sendiri yang bisa dibawa pulang.

Sebelum traveling ke Osaka, aku sudah membuat travel itinerary dan searching tempat-tempat yang akan aku kunjungi selama berada di Osaka. Saat tahu ada museum ramen, aku langsung tertarik dan memasukkan tempat ini ke dalam daftar a must visit place saat liburan ke Jepang.

Cupnoodles Museum

Osaka yang terletak di daerah Kansai. Destinasi wisata di Osaka beragam, dari adat budaya, kuliner, belanja, alam, juga museum. Salah satu museum yang terkenal di Osaka adalah Cupnoodles Museum, selain Museum of History, The National Museum of Art, Museum of Housing and Living, Osaka International Peace Center dan lain-lain.

Aku mengunjungi tiga museum selama di Osaka, salah satunya CupNoodles Museum Osaka. Museum ini terletak di 8-25 Masumi-cho, Ikeda-shi, Osaka-fu. Untuk sampai ke museum ini, kamu bisa naik kereta jalur Hankyu Takarazuka dari Stasiun Ikeda. Lama perjalanan sekitar 20 menit. Bisa juga naik kereta ekspress dari Stasiun Hankyu Umeda. Museum ini berjarak sekitar 5 menit jika berjalan kaki dari Pintu Keluar Masumi-cho Homen.

Atraksi dan Pameran di Museum Ramen Instan
My Cupnoodles Factory
Membuat Ramen Cup

Berita baik tentang museum ini adalah tidak dipungut biaya masuk. Hanya saja untuk mengikuti aktivitas lain yang tersedia di sini, seperti membuat ramen cup sendiri di atraksi ‘My Cupnoodles Factory’, kamu akan dipungut biaya sebesar 300 yen termasuk pajak. Kamu juga bisa belajar membuat mienya di ‘Chicken Ramen Factory’.

Chicken Ramen Factory

Untuk yang gratisnya, kamu bisa belajar tentang kemunculan ramen ayam di ‘the Birth of Chicken Ramen’. Di situ kamu bisa melihat workhshop yang merupakan tempat kemunculan mie instan pertama. ‘Momofuku Ando and the Story of Instan Noodles’ adalah tempat kamu bisa tahu tentang sejarah penemuan kuliner ini dan pertumbuhan industrinya. Ceritanya dibuat secara kronologis sehingga kamu bisa menyusuri ceritanya dengan runut.

the Birth of Chicken Ramen
Momofuku Ando and the Story of Instan Noodles

Ada juga ‘Cupnoodles Drama Theater’. Di teater yang berbentuk seperti cup mie ini kamu bisa menonton film tentang awal mula mie instan pertama, ‘Chicken Ramen’, ditemukan oleh Momofuku Ando. Kemudian bagaimana ide untuk membuat ramen mie instan cup muncul juga ada di tayangan tersebut. Ternyata ide itu muncul saat dia bepergian ke Amerika dan melihat manajer supermarket memotong-motong mie ramen ayam instan dan memasukannya ke dalam cangkir lalu diberi air panas dan dimakan dengan daging babi. Dari situlah dia berinovasi untuk menciptakan cupnoodles. Ando juga membuat ramen untuk dibawa ke luar angkasa. Benar-benar visioner sekali, bukan?

Cupnoodles Drama Theater
Mie Ramen dikirim ke luar angkasa

Jika kamu ingin melihat jenis-jenis ramen dengan beragam rasa yang dijual di seluruh dunia, kamu tinggal masuk ke ‘Exhibition of Instan Noodles’ dan ‘Instan Noodles Tunnel’. Kamu bisa sepuasnya mengamati satu per satu ramen yang diproduksi Nissin di tiap negara.

Instan Noodles Tunnel

Tidak semua jenis ramen dijual di semua tempat. Ada rasa tertentu yang khusus dibuat untuk kota atau negara tertentu. Untuk bisa mencicipi ramen yang tak bisa kamu temui di Indonesia, kamu bisa cicipi di ‘Tasting Room’. Jika ingin membeli oleh-oleh khas museum ramen, kunjungi saja ‘Museum Shop’.

Nah, itulah sekelumit informasi tetang museum ramen cup di Osaka. Jika tidak liburan tahun ini tak berencana traveling di Indonesia, kamu bisa berkunjung ke Osaka dan mengunjungi Cupnoodles Museum.

Penulis: Siti Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.