Liburan Manis untuk Si Kantong Tipis

0
1336

Apa sih yang ada di benak teman traveler ketika mendengar kata liburan? Buat yang suka melancong, liburan pasti bakalan jadi hal yang wajib. Kalau bisa setiap bulan bisa pergi liburan. Tapi terkadang liburan yang harusnya menyenangkan malah menjadi hal yang tidak menyenangkan karena ternyata sangat menguras dompet. Terutama buat teman traveler yang budgetnya pas-pasan. Tujuan awal liburan yang tadinya untuk refreshing malah jadi nambahin beban pikiran karena over budget. Nah, kira-kira gimana sih biar liburan kita terasa manis dan nggak bikin dompet nangis?

Berburu Tiket Murah

Tiket pesawat.

Sudah bukan rahasia umum lagi, liburan murah biasanya didukung oleh promo tiket murah. Buat yang suka berlibur ke luar kota ataupun ke luar negeri dengan pesawat, hal utama yang harus dipersiapkan tentunya tiket pesawat dong. Biar hemat, teman traveler kudu setia banget cari promo-promo tiket pesawat. Cari rute penerbangan yang paling murah, booking deh di tanggal yang harga tiketnya paling murah. Kelemahannya, teman traveler harus bookingnya jauh-jauh hari. Kadang tanggal yang tersedia pun juga tangal low season. Tapi nggak masalah, kan yang penting bisa liburan murah.

Pilih Tanggal di Low Season

Kenapa sih harus banget pilih low season? Pertama, di saat low season biasanya harga tiket di tempat wisata lebih murah daripada high season, begitu pula dengan tiket pesawat dan juga penginapan. Yang kedua, di saat low season jalanan menuju tempat wisata relatif lenggang, jadi teman traveler nggak perlu bermacet-macet ria. Ini bisa menghemat bahan biaya bakar kendaraan kalau teman traveler memutuskan untuk sewa mobil dan motor.

Rencanakan Perjalanan dengan Cermat

Teman traveler wajib banget menentukan tempat wisata mana saja yang akan dikunjungi. Usahakan mengunjunginya secara berurutan, dari tempat wisata yg paling dekat dengan domisili teman traveler ke tempat wisata yang paling jauh. Atau bisa pula sebaliknya. Jangan loncat-loncat ya, karena selain buang-buang waktu dijalan juga bikin budget transportasi nambah. Susun itinerary jauh-jauh hari sebelum berangkat. Itinerary ini sangat penting, teman traveler bisa menentukan dimana akan menginap, naik transportasi apa saja untuk menuju kesana maupun selama disana dan juga memperkirakan budget perjalanan dengan mempersiapkan itinerary.

Pilih Penginapan ala Backpacker

Di zaman yang serba canggih ini teman traveler bisa mempersiapkan penginapan jauh-jauh hari sebelum berangkat. Manfaatkan situs booking penginapan online. Cari penginapan yang murah sesuai dengan budget yang teman traveler miliki. Nah sebelum teman traveler menentukan penginapan, pastikan dulu tujuan awal teman traveler, mau jalan-jalan mengunjungi tempat wisata atau hanya sekedar staycation. Kalau niat teman traveler untuk jalan-jalan, teman traveler cukup mencari penginapan yang murah dan nyaman, jangan lupa lihat review pengunjung di webnya ya. Teman traveler bisa memilih penginapan a la backpacker.

Cari penginapan yang menyediakan sarapan agar teman traveler nggak perlu mencari makan di luar. Kalau teman traveler perginya bareng teman-teman, sewa vila bisa jadi pilihan. Menginap di vila bukan hanya bisa menghemat budget penginapan, teman traveler juga bisa memangkas anggaran makan karena teman traveler bisa memasak di vila. Teman traveler bisa membawa beberapa makanan instan untuk di vila. Jangan lupa pilihlah lokasi penginapan yang berada di tengah-tengah obyek wisata yang akan dikunjungi di hari pertama dan hari ke dua.

Kunjungi Tempat Wisata yang Murah atau Gratis

Nggak semua tempat wisata itu berbayar, ada beberapa tempat wisata yang gratis. Misalkan saja pantai. Ada beberapa pantai yang menerapkan aturan beli satu tiket masuk di salah satu pantai, gratis masuk ke pantai yang lainnya. Ini khusus pantai yang berjejer ya. Atau bisa juga teman traveler mengunjungi taman kota atau alun-alun.

Rencanakan Transportasi di Tempat Berlibur

Ada banyak pilihan transportasi yang bisa teman traveler pilih selama di tempat liburan. Kalau obyek wisata pilihan teman traveler mudah dijangkau transportasi umum, lebih baik teman traveler memilih menggunakan transportasi umum. Tapi kelemahannya, teman traveler nggak bisa muter-muter sesuai keinginan karena transportasi umum rutenya sudah ditentukan. Sewa kendaraan juga bisa banget jadi pilihan. Kalau teman traveler pergi sendiri atau berdua bisa coba sewa motor. Atau kalau perginya dengan banyak orang, lebih baik sewa mobil. Sebelum teman traveler berangkat ke kota tujuan, pastikan dulu gimana transportasi di sana. Usahakan teman-teman traveler sudah browsing tentang keadaan disana agar bisa menentukan transportasi apa yang akan digunakan.

Jangan Malu Makan di Kaki Lima

Biaya yang susah diprediksi adalah biaya makan. Kadang biaya yang sudah kita anggarkan nggak sesuai dengan realita. Untuk memangkas biaya makan, teman traveler bisa mencoba makan di warung-warung kaki lima sekitar. Jangan lupa coba makanan khas di daerah tujuan teman traveler berlibur ya.

Bikin Catatan Anggaran Perjalanan

Nah ini yang penting untuk menghindari over budget. Teman traveler bisa membuat catatan anggaran perjalanan mulai tiket pulang pergi, tiket masuk obyek wisata, biaya penginapan, biaya makan, biaya oleh-oleh dan lain sebagainya. Usahakan nanti selama di sana teman traveler tidak mengeluarkan uang melebihi yang sudah teman traveler rencanakan ya.

Jangan Lupa Siapkan Uang Cadangan

Bikin rencana udah, tiket udah ditangan, penginapan udah dibooking, sekarang saatnya pergi berlibur. Nah yang perlu diingat nih, walaupun semua sudah direncanakan, termasuk anggaran dana, teman traveler juga perlu banget mempersiapkan uang cadangan. Walaupun di dompet sudah ada kartu ATM, uang cadangan tetep wajib ada di dompet. Kalau bisa letaknya dipisah ya dengan uang yang sudah dianggarkan.

Itulah beberapa tips buat liburan manis biar dompet nggak nangis. So, kapan nih mau berangkat liburan?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.