Liburan ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan

0
3711
Ragunan Zoo Jakarta Selatan.

Sejarah Ragunan sempat ditutup selama sekitar tiga minggu sejak 19 September 2005 karena hewan-hewan di dalamnya ada yang terinfeksi flu burung, namun dibuka kembali pada 11 Oktober 2005.

Kebun Binatang Ragunan adalah kebun binatang pertama di Indonesia. Kebun binatang ini didirikan pada tahun 1864 dengan nama Planten En Dierentuin yang berarti “Tanaman dan Kebun Binatang.” Terletak pada tanah seluas 10 hektare di kawasan Cikini, Menteng, Jakarta Pusat yang merupakan pemberian Raden Saleh. Saat itu, Planten En Dierentuin dikelola oleh Perhimpunan Penyayang Flora dan Fauna Batavia yang tergabung dalam Culturule Vereniging Planten en Dierentuin at Batavia.

Foto dengan Patung Raden Saleh.

Tahun 1949, nama Planten En Dierentuin diubah menjadi Kebun Binatang Cikini dan pada tahun 1969 dipindahkan ke kawasan Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan pada tahun 1964. Pemerintah DKI Jakarta menghibahkan lahan seluas 30 hektare yang menjadi rumah bagi kebun binatang ini. Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin meresmikan Taman Margasatwa Ragunan pada 22 Juni 1966.

Perjalanan kali ini seperti biasa dari Tangsel (Ciledug) menggunakan busway, kenapa sih sering menggunakan busway? ya karena nyaman aja gimana, kalo udah nyaman mah bebas kemana-mana tidak ada yang melarang dan so pasti ada kesan yang tidak terlupakan entah itu seneng ataupun sedih di busway loh sahabat. Hehe

Pintu masuk bagian utara 2 Kebun Binatang Ragunan.

Nah kalo sahabat semuanya ingin menggunakan transportasi lain juga bisa loh. Jangan khawatir Gojek juga bisa nganter ke alamat langsung. Tapi mending disaranin gunakan saja angkutan umum selagi ada. Disamping itu aman, nyaman, adem dan tidak menguras kantong, apalagi kalo liburan diakhir bulan.

Durasi perjalanan sekitar 1jam-an lumayan lama juga. Tidak!! sahabat tergantung traffic sih di jalan bagaimana, jika padet ya mohon bersabar ya sahabat. Untuk pintu masuk ragunan banyak kok sahabat, bisa masuk di pintu Selatan,Utara, Barat dan Timur.

Burung Pelikan Timor dari Australia.

Kebun binatang Ragunan sering kali disebut dengan wisatanya keluarga, kenapa demikian kebanyakan diantaranya membawa anak-anaknya untuk mengenal alam baik itu flora (Melati, Anggrek, Bunga Bangkai dll) & fauna (Harimau Sumatera, Badak, Singa, Gajah dll). Banyak hal yang dapat diambil dan bisa dilihat dari kebun binatang ini semuanya ada loh sahabat kecuali jangan tanya jodoh yaa.. Serem pokoknya 😀

Foto Harimau dari Sumatera.

Selain bisa menyaksikan tingkah konyol hewan ataupun kebiasaan hewan lainnya namun juga kita bisa mengabadikan moment ketika disana, banyak spot-spot foto menarik lainnya. Gimana udah tertarik belum kesini??

Nah, bagi perutnya yang suka laperan saat jalan di ragunan dimanjakan dengan aneka kuliner disini pokok nya tidak usah kawatir deh, disini ada Pecel, Nasi Padang, Kopi, Mie dll pokok tinggal pilih dan komplit.

Jam Operasional & Harga Tiket Masuk Ragunan

Jika ingin berwisata ke Kebun Binatang Ragunan Jakarta, pastikan sahabat semuanya mengetahui tentang jam operasionalnya. Karena tempat ini tidak buka setiap hari.

Sahabat bisa datang di hari Selasa sampai Minggu dan jam buka Kebun Binatang Ragunan Jakarta dimulai dari pukul 07.00 dan tutup pada pukul 16.00 WIB. Setiap Senin, kebun binatang ini tidak dibuka untuk pengunjung.

JakCard (Bank DKI) untuk masuk ke Kebun Binatang Ragunan.

Harga tiket masuk Ragunan pun terbilang cukup ramah di kantong. Hanya dengan biaya Rp. 4.000 untuk dewasa per orangnya dan Rp. 3.000 untuk anak-anak dan saat ini pembayaran menggunakan kartu Jak Card (Kartu Jakarta) dan bisa di isi ulang alias di top up yah sahabat.

Namun, jika ingin menikmati fasilitas lainnya seperti menaiki wahana, masuk ke Pusat Primata Schumtzer, menyaksikan film dokumenter, dan lain sebagainya, akan ada biaya tambahan lagi.

Jam Buka
Senin Tutup
Selasa - Minggu 7.30 - 16.00 Wib

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.