Liburan Dengan Keluarga Bisa Lebih Menyenangkan! Begini Caranya

0
1671
(sumber: Pixabay.com)

Jika kamu harus memilih untuk liburan bersama keluarga dan teman-teman, mungkin sebagian besar akan memilih untuk liburan bersama teman-teman. Bisa jadi karena mudahnya membuat rencana liburan bersama teman-teman yang memiliki satu visi, atau karena lebih leluasa menikmati liburan itu sendiri. Tapi, jangan salah, liburan bersama keluarga bisa jauh lebih menyenangkan loh! selain dari biaya bisa lebih ringan karena banyaknya anggota yang ikut, kamu pun bisa memiliki waktu khusus untuk temu kangen bersama anggota keluarga yang sudah lama tak jumpa. Lalu bagaimana ya caranya supaya liburan bersama keluarga bisa lebih seru? kamu bisa coba nih tips berikut supaya liburan keluargamu efektif juga menyenangkan!

Buat Rencana Perjalanan Yang Sesuai Untuk Semua Anggota Keluarga

Atur Rencana Family Vacation (sumber: unsplash.com)

Saat merencanakan liburan bersama keluarga, hal yang cukup sulit adalah menentukan tempat. Karena pada dasarnya semua anggota keluarga memiliki selera masing-masing dalam menentukan tempat berlibur. Mungkin ada yang cenderung menyukai pantai, ada yang menyukai diam di daerah gunung, ada juga yang senang jalan-jalan. Dalam hal ini, usahakan pilih tempat yang family-friendly baik yang aman dan tidak melelahkan bagi para lansia, mau pun untuk anak kecil. Jadwal dalam perjalanan pun sebaiknya beri jeda istirahat yang cukup agar anggota keluarga seperti lansia dan anak kecil dapat beristirahat dengan cukup.

Kamu Pun Bisa Ikut Memberikan Opsi Untuk Keluarga

Diskusi dan Luapkan Opsi Yang Kamu Buat Untuk Liburan Bersama Keluarga (sumber: Unsplash.com)

Saat sedang menyusun jadwal dan rencana perjalanan, jangan ragu untuk memberi opsi perjalanan dan rekomendasi tempat makan dan lain-lain. Ini perjalananmu bersama keluargamu, jangan ragu untuk memberi serta berdiskusi dengan anggota keluargamu tentang ide perjalanan. Selama ide perjalananmu cocok dengan anggota keluarga atau ide perjalananmu family-friendly, kamu dapat benar-benar merasakan liburan bersama keluarga menyenangkan. Kamu bisa tempat makan yang memiliki menu bervariasi untuk keluarga, atau tempat makan yang memiliki playground untuk anak-anak. Kamu pun bisa merekomendasikan homestay yang dekat dengan tempat rekreasi atau airbnb yang nyaman untuk berkumpul bersama keluarga. Seru kan?

Buat Waktu Khusus Untuk Sendiri Atau Bersama Sepupu-Sepupu Sebaya

Kamu Bisa Luangkan Waktu Sendiri Atau Bersama Sepupu-Sepupu Sebayamu (sumber: Unsplash.com)

Berlibur bersama bukan berarti segala kegiatan dilakukan bersama-sama juga. Kamu pun perlu memiliki agenda sendiri atau bersama saudara sebaya untuk menikmati aktivitas bersama. Selain itu, orang tua pun dapat memiliki kesempatan untuk rehat dan menikmati waktunya sendiri-sendiri. Karena, walaupun liburan bersama, setiap anggota keluarga pun memiliki kebutuhan yang berbeda. Jadi, pastikan ada waktu cukup khusus bagi anggota keluarga lain untuk menikmati waktu sendiri.

Sudah Punya Waktu Sendiri, Jangan Lupa Untuk Habiskan Waktu Bersama

Luangkan Waktu Juga Untuk Bersama Dengan Keluarga Besarmu (sumber: Unsplash.com)

Ketika sudah cukup menyisihkan waktu untuk menikmati momen sendiri atau bersama saudara sebaya, jangan sampai kamu mengabaikan momen bersama juga ya! Sisihkan juga waktu bersama keluarga seperti, makan bersama, atau kumpul malam sembari cerita-cerita nostalgia keluarga atau bercerita sesaat kamu melakukan kegiatan terpisah dari keluarga. Opsi lain yang dapat dilakukan adalah membuat atau bermain game bersama anggota keluarga. Banyak game yang dapat dimainkan bersama anggota keluarga, seperti bermain kartu, board game, atau semacam kuis yang bisa dilakukan oleh anak-anak hingga orang tua. Jadikan liburanmu tetap berkesan bersama keluarga.

Kalau Planmu Tidak Dilakukan Bersama Keluarga, Jangan Emosi Ya!

(sumber: pexels.com)

Ingat, bagaimana pun kondisinya, kamu sedang bersama keluarga. Kemungkinan yang terjadi tentu banyak, entah dari setiap keinginan tidak terpenuhi atau bahkan ekspektasimu yang justru tidak sesuai dengan kondisi. Maka, jika ada salah satu rencana bersama tidak terpenuhi, emosimu jangan sampai meledak. Termasuk jika kamu memiliki agenda pribadi yang tidak bisa dilakukan saat bersama keluarga, mungkin cukup menjengkelkan. Namun, harus selalu diingat, kamu sedang bersama keluarga jadi sebisa mungkin harus bisa merelakan agenda pribadi sejenak dan nikmati perjalananmu bersama keluarga. Ingat, jika emosimu meledak, tidak hanya mood kamu yang rusak, imbasnya bisa ke seluruh keluarga loh!

 

Penulis: Nadia Khalishah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.