Lezatnya Soto Ayam Pak Gareng di Utara Stasiun Tugu

0
898
Soto Pak Gareng.

Pagi yang cerah di Yogyakarta. Kota yang penuh dengan sejarah dan juga tempat wisata yang membuat siapapun yang pernah ke sini akan kembali lagi. Yap, memang tidak akan cukup sekali untuk datang ke kota yang dijuluki Kota Pendidikan ini. Apalagi kalau untuk berburu kuliner, kok, tetiba perut saya langsung lapar, ya?

Seperti yang kita tahu, kalau Yogyakarta itu merupakan salah satu surganya kuliner di Indonesia. Banyak makanan enak yang bisa kita cicipi di sini dan dijamin bikin nagih dan tentunya gagal diet untuk yang sedang diet. Hahaha.

Oh iya, travellovers, biasanya makanan apa yang kalian coba di Yogyakarta? Pasti salah satunya adalah gudeg yang sangat legendaris, dan bakpia yang wajib dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Iya kan, travellovers? Tapi kalian tahu, nggak? Kalau di Yogyakarta juga ada soto ayam yang lezat banget untuk dicicipi? Hmm… saya yakin belum banyak yang tahu, nih.

Pagi-pagi sebelum aktivitas memang paling cocok itu sarapan terlebih dahulu. Supaya ada tenaga untuk keliling Kota Yogyakarta yang indah ini. Nah, berhubung salah satu makanan favorit saya adalah soto ayam, pagi ini saya mencari sarapan soto ayam, nih.

Tepat di sebelah utara Stasiun Tugu Yogyakarta ada soto ayam yang enak. Namanya adalah Soto Ayam Pak Gareng.

Tenda Soto Pak Gareng.

Kalau travellovers main ke Yogyakarta dan turun di Stasiun Tugu, pasti kalian familiar dengan warung kaki lima ini. Soto Ayam Pak Gareng berada persis di sebrang Stasiun Tugu atau di Jl. P. Mangkubumi, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta. Selain di alamat tersebut, Soto Ayam Pak Gareng juga membuka cabang di beberapa titik, seperti di Mudal Sariharjo Ngaglik Sleman, Lempuyangan Yogyakarta, dan ada juga di Tamanan Bantul.

Pagi ini saya memesan Soto Ayam Campur dengan Teh Hangat. Nasinya sendiri bisa dicampur seperti soto ayam di daerah Jawa kebanyakan, atau dipisah, bisa diminta tergantung selera kalian. Oh iya, salah satu yang khas dari soto ayamnya adalah kuahnya yang bening alias tanpa santan. Nikmat bukan, travellovers?

Selain itu, ada hal lain yang menarik juga, nih, travellovers. Ternyata di setiap sajian Soto Pak Gareng ini terdapat lenthok, lho. Lenthok adalah olahan dari bahan dasar singkong yang telah ditumbuk halus dengan ditambahkan bumbu-bumbu penyedap, setelah itu dibentuk bulat-bulat dan digoreng. Lenthok ini dipotong kecil-kecil dan disajikan di atas soto ayam. Tentunya sebagai penambah nikmatnya Soto Ayam Pak Gareng ini.

Makanan Pendamping di Soto Pak Gareng.

Selain lenthok, di sini juga ada banyak hidangan tambahan seperti sate ayam, sate hati, tahu bacem, tempe mendoan, dan kerupuk. Tenang, semua menu hidangan tambahannya sudah ada di meja kalian, jadi bisa diambil seseuai dengan selera.

Jangan lupa menambahkan perasan jeruk pada soto ayam kalian untuk menambah segar kuahnya. Soto ayamnya sendiri sudah gurih, lalu ditambah lenthok, jadi semakin menambah kenikmatan. Untuk minumannya juga terhitung lengkap, mau minuman dingin atau panas ada semua, kok, jadi jangan khawatir.

Harga satu porsi soto ayam campur dan teh hangat dibandrol dengan harga Rp. 14.000. Murah banget, kan? Untuk harga hidangan tambahan dibanderol mulai Rp. 1.000 – Rp. 3.000 per hidangan.

Untuk jam bukanya, Soto Ayam Pak Gareng ini hanya buka di pagi hari sampai siang. Karena, pada sore menjelang malam tempat ini sudah berganti menjadi warung sea food. Jadi, untuk travellovers yang ingin mencoba segar dan gurihnya Soto Ayam Pak Gareng untuk sarapan, bisa langusung menuju bagian utara Stasiun Tugu, Yogyakarta.

Happy breakfast and happy great day, travellovers!

Soto Ayam Pak Gareng
Jam Buka: 06:00 WIB - 12:00 WIB

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.