Lezatnya Es Krim Legendaris Ragusa Es Italia

0
565
Varian Es Krim Raisin.

Siapa yang suka es krim? Camilan yang satu ini tentu disukai oleh seluruh kalangan tanpa mengenal batas umur, mulai dari anak kecil hingga orang dewasa sekalipun. Seiring berjalannya waktu, terdapat banyak sekali varian dan merk es krim yang dapat dengan mudah ditemukan di toko, cafe, supermarket, hingga warung. Walaupun sudah lebih dari setengah abad lamanya sejak didirikan, ternyata toko es krim yang satu ini tetap tidak tergerus oleh banyaknya varian es krim yang semakin banyak bermunculan dan tidak termakan oleh zaman. Bahkan toko ini tetap mempertahankan rasa dan nuansanya sejak pertama kali didirikan. Toko tersebut terkenal dengan nama Ragusa Es Italia.

Ragusa Es Italia merupakan toko es krim yang didirikan sejak tahun 1932 di Pasar Gambir Jakarta, dan saat ini berada di Jalan Veteran I, dekat dengan Masjid Istiqlal Jakarta. Nuansa vintage khas 1930-an langsung pekat terasa ketika memasuki pintu biru bangunan toko, seakan mengajak pengunjung masuk ke zaman lampau. Berbagai foto sejarah terpampang di sudut-sudut dinding toko, termasuk foto bangunan toko pertama di Pasar Gambir tahun 1932 serta foto Luigia dan Vicenzo Ragusa dan keluarga sebagai pendiri toko es krim legendaris tersebut.

Berbagai foto menu-menu es krim di Ragusa, foto diorama, serta piagam penghargaan MURI (Museum Rekor Indonesia) sebagai toko es krim tertua tergantung rapih meramaikan dinding-dinding toko. Interior dan meja bangku rotan yang tersusun rapih di sudut-sudut ruangan memperkuat nuansa vintage dan tradisional di toko es krim ini.

Ragusa Es Italia.

Menu es krim yang dijual pun tidak berubah dari waktu ke waktu. Harga yang dibanderol untuk satu porsi es krim legendaris ini tidak perlu merogoh kocek yang dalam, yakni mulai dari Rp. 15.000,- hingga Rp. 35.000,-. Terdapat berbagai varian es krim yang sangat menarik untuk dicoba, dan berikut adalah menu Ragusa Es Italia.

Reguler Flavored

– Mocca (Rp. 15.000)

– Vanilla (Rp. 15.000)

– Chocolate (Rp. 15.000)

– Strawberry (Rp. 15.000)

– Nougat (Rp. 20.000)

Premium Flavored

– Durian (Rp. 20.000)

– Raisin (Rp. 20.000)

Mixed Flavored

– Coupe de Maison (Rp. 20.000)

– Special Mix (Rp. 25.000)

Fancy Flavored

– Chocolate Sundae (Rp. 25.000)

– Tutti Frutti (Rp. 30.000)

– Casatta Siciliana (Rp. 30.000)

– Banana Split (Rp. 35.000)

– Spaghetti Ice Cream (Rp. 35.000)

Setelah dibuat pusing dengan berbagai pilihan menu cukup membuat ngiler, akhirnya saya memilih untuk mencoba varian Raisin dan Banana Split. Raisin pada dasarnya adalah es krim rasa kismis dengan beberapa kismis asli untuk memperkaya tekstur dari es krim tersebut. Raisin disediakan di atas gelas kecil dan diberikan sebanyak 2-3 scoop setiap gelasnya. Rasanya sangat enak, creamy, dan pas manisnya, serta menurut saya terdapat sedikit rasa mint yang menambah cita rasa es krim disetiap suapnya.

Varian Es Krim Banana Split.

Untuk Banana Split sendiri terdiri dari satu buah pisang ditambah dengan tiga varian rasa es krim di atasnya, yakni cokelat vanila dan stroberi. Agar semakin nikmat, Banana Split ditambah oleh saus cokelat, taburan sukade, dan kacang di atasnya. Banana Split disajikan dengan porsi yang lebih besar dibandingkan Raisin, yaitu di mangkok ceper dengan 1-2 scoop setiap varian rasa es krimnya. Soal cita rasa tentu jangan diragukan lagi, pisang dengan tekstur lembut berpadu dengan tiga varian es krim yang creamy serta manisnya saus kacang, sukade, dan kacang yang dicampur menjadi satu membuat lidah bergetar saking lezatnya perpaduan tersebut. Seenak itu!

Setelah puas menghabiskan es krim yang dipesan dan minum air putih yang diberikan secara gratis, sebaiknya jangan terlalu lama duduk-duduk dan segera bergegas karena biasanya Ragusa Es Italia ini selalu ramai oleh pengunjung setiap harinya. Ramainya pengunjung yang datang membuktikan betapa otentiknya kelezatan dari es krim legendaris yang sudah berumur 87 tahun ini. Masih ragu dengan cita rasanya? Datang dan buktikan sendiri kelezatannya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.