Lezatnya Ayam Goreng Kampung Bu Yadi di Yogyakarta

1
1053
Ayam Goreng Bu Yadi.

Travelovers, sore ini saya lagi ada di Yogyakarta, nih. Sengaja berkeliling di sekitaran Kota Yogyakarta yang teramat istimewa ini ditemani oleh hujan yang setia menemani menemani perjalanan saya sedari tadi, tapi tidak membuat saya mengurung di kamar hotel aja.

Karena selain perut yang lapar, Yogyakarta juga menjadi salah satu surganya kuliner untuk para pencinta makanan seperti saya ini. Sederhana, sore ini saya sedang ingin menyantap  ayam goreng ditambah dengan nasi panas dan sambel tentunya.

Setelah beberapa menit berselancar di mesin pencarian google, pada akhirnya saya menemukan makanan yang saya cari. Nama tempat makan yang saya temukan adalah adalah Ayam Goreng Kampung Bu Yadi. Apa travelovers pernah mendengarnya atau mungkin sudah pernah mencoba untuk makan di sini?

Ayam Goreng Kampung Bu Yadi berlokasi di Jl. Hayam Wuruk No.1, Tegal Panggung, Kec. Danurejan, Kota Yogyakarta. Tidak terlalu susah untuk mencari alamat Ayam Goreng Kampung Bu Yadi ini, karena letaknya bersebelahan dengan Apotek Hayam Wuruk.

Ayam Goreng yang Baru Digoreng.

Saya datang di saat yang tepat, selain hujan yang masih setia membersamai saya, sewaktu saya ke sini, warung makan ini baru saja buka, jadi bisa dibilang saya adalah pelanggan pertama yang datang. Walaupun warung makan ini berbetuk warung kaki lima, tapi jangan salah warung makan ini selalu ramai pengunjung hingga malam hari.

Tanpa panjang lebar saya langsung memesan satu ayam goreng bagian dada dan juga es teh. Setelah menunggu sekitar 20 menit, pesanan saya pun akhirnya disajikan. Setelah pesenan saya datang, sebenernya secara penampilan, tidak ada yang berbeda dengan ayam goreng pada umumnya, yang terlihat hanya ayam goreng dengan taburan kremes dan juga beberapa helai kol, daun kemangi, mentimun serta sambal sebagai teman setia. Tapi, setelah saya cicipi, ternyata melebihi ekspektasi saya secara rasa.

Ini bukan sekedar ayam goreng dengan kremes dengan beberapa helai sayuran dan sambal, tapi lebih dari itu. Ayam goreng ini merupakan ayam kampung yang notabene memiliki tekstur daging akan lebih keras apabila memasaknya tidak matang dengan sempurna, tapi di warung makan Ayam Goreng Kampung Bu Yadi ini, dagingnya terasa empuk. Tidak ada bagian dari dada ayam yang saya pesan itu terasa alot, semuanya matang sempurna dan sangat empuk.

Tampilan Ayam Goreng Bu Yadi.

Pada umumnya, banyak menu ayam goreng yang menggunakan kremes sebagai teman yang menyatu padu. Tapi ternyata, di Ayam Goreng Bu Yadi keremesnya ini berbahan dasar laos. Traveloves tahu laos kan? Nah, ini dia laos yang sudah dihaluskan lalu digoreng bersama dengan ayamnya.

Selain ayam kampung goreng dan keremesnya, yang membuat makin nikmat adalah sambalnya yang disajikan di wadah khusus. Sambalnya tidak terlalu pedas, jadi cocok buat siapapun, kecuali memang tidak suka pedas sama sekali yah.

Nah travelovers, Ayam Goreng Kampung Bu Yadi ini bisa jadi salah satu rekomendasi makan malam kalian nih. Apalagi tempat makan ini sudah buka sejak 22 tahun yang lalu jadi sudah tidak diragukan lagi untuk rasanya. Saat ini Ayam Goreng Kampung Bu Yadi dikelola oleh Pak Narto selaku kakak dari Bu Yadi, karena Bu Yadi sudah meninggal.

Oh iya, menu ayam goreng yang saya pesan tadi seharga Rp. 26.000 per satu paket ayam dan nasi dan Rp. 3.000 untuk es teh atau es jeruk. Masih worth it dengan cita rasanya, karena daging ayamnya ini termasuk ukuran besar, paling kalian akan nambah di nasinya yang ukuranya nggak terlalu besar.

Ayam Goreng Kampung Bu Yadi ini baru buka pukul 16.00–22.00 WIB setiap harinya, dan jangan khawatir bagi kalian yang kesini menggunakan mobil, kalian bisa memarkirkannya di depan Apotek Hayam Wuruk. Nah travelovers, jika kalian sedang ke Yogyakarta, jangan lupa untuk mampir ke Ayam Goreng Kampung Bu Yadi ya, dan rasakan lezat dan nikmatnya daging ayam kampung dengan kremes laos.

1 KOMENTAR

  1. Maaf kak,mau revisi utk bagian pengelola memang dibantu oleh pak Narto yg masih saudara dg Bu Yadi..tapi Bu Yadi belum meninggal dan masih setia mengelola warung makan Ayam Goreng Bu Yadi..
    Sebelumnya terima kasih untuk review,saran dan masukan utk warung kami ya kak

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.