Latar Candi Arjuna yang Meneduhkan Hati

0
606
Candi Arjuna
Candi Arjuna dengan tinggi sekitar 5 meter.

Hallo teman – teman, Nania disini ingin membagikan cerita jalan–jalan ke Candi Arjuna.

Candi Arjuna merupakan Candi Hindu pertama di Pulau Jawa. Sampai sekarang candi ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan umat beragama Hindu di Dieng maupun luar daerah. Lokasinya berada di Desa Karangsari, Dieng Kulon, Banjarnegara, Jawa Tengah. Usut punya usut ini adalah kompleks percandian tertinggi di Indonesia karena terletak pada ketinggian 2093 meter di atas permukaan laut. Sangat dingin disini teman–teman. Bahkan saking dinginnya suhu di sini pernah terjadi hujan butiran es dan embun di rerumputan mengkristal lho. Saat saya berkunjung kesini suhunya 12˚C, kira–kira pukul 2 siang. Tidak panas sekalipun, kalau di kota–kota besar jam 2 itu panas sekali ya hehe.

Setahun sekali, di Candi Arjuna ini diadakan ritual pemotongan rambut gimbal oleh masyarakat sekitar. Mereka percaya bahwa anak yang terlahir dengan rambut gimbal adalah pilihan dan spesial. Rambut itu harus di cukur agar anak tersebut bisa tumbuh dan berkembang dengan baik hingga dewasa. Ritual pemotongan ini berbarengan dengan Dieng culture festival, jazz gunung, dan penerbangan lampion ke langit.

Gerbang masuk Candi Arjuna
Gerbang masuk Candi Arjuna.

Di dataran tinggi Dieng ini sebenarnya banyak sekali tempat wisata pilihan selain candi,  namun katanya yang paling menarik adalah Candi Arjuna. Saat di gerbang utama wisata Dieng akan ada petugas yang menanyakan tujuan wisata, kemudian memberikan pilihan tiket. Ada yang satu objek wisata dan ada yang paket. Jadi satu tiket untuk beberapa objek. Untuk harga tiket masuk Candi Arjuna kalian cukup merogoh kocek Rp. 15.000 per orang. Jauh lebih murah kalau dibandingkan dengan harga tiket masuk Candi Borobudur.

Di beberapa meter sebelum pintu masuk candi, pengunjung akan diibagikan selendang. Dikenakan biaya seikhlasnya di kotak amal dekat pintu keluar nanti saat pengembalian selendang. Kompleks percandian yang berada di kawasan ini memiliki 5 Candi yaitu Candi Arjuna, Candi Puntadewa, Candi Srikandi, Candi Sembadra, Candi Semar yang lebih kecil ukurannya. Candi Semar itu pelengkap Candi Arjuna. Beberapa Candi sudah runtuh karena dimakan usia. Sebelum situs candi ini ditemukan, wilayahnya adalah rawa. Jadi bangunan candi sebagian besar terendam dalam air. Mungkin karena itu juga bebatuan candi tampak lebih rapuh.

Objek wisata Candi Arjuna
Rumput di kawasan Candi Arjuna bagaikan permadani hijau yang tebal.

Saat saya ke sana hanya ada tiga candi. Ada satu candi yang sedang direnovasi. Renovasi ini adalah penataan ulang batu candi agar sesuai dengan reliefnya. Kan jadinya dari relief kita para pengunjung bisa mengerti gambaran candi. Candinya tidak se-wow Borobudur dan Prambanan, tingginya hanya 4 atau 5 meter saja tapi karena sering dirawat jadi tetap terjaga. Lingkungannya asri dan teduh. Rerumputan dan peepohonan tumbuh subur dan terawat di sekitar area. Diijinkan untuk rebahan atau duduk juga di rumputnya. Tidak merusak rumput kok. Karena jenis rumputnya atau apa pokoknya terasa seperti permadani hijau yang tebal.

Objek wisata Candi Arjuna
Karena suasana yang sejuk dan adem di Candi Arjuna paling enak berpelukan.

Teman–teman sekalian disarankan untuk memakai baju panjang dan jaket kalau kesini ya, karena lebih dingin dari Sikunir. Di luar candi terdapat penyewaan kuda. Hanya dengan membayar Rp. 30.000 kalian bisa berkeliling kompleks percandian sambil berkuda. Di dalam area candi ada tokoh wayang orang dan kalau ingin berfoto diperbolehkan. Untuk fasilitas yang ada di kawasan candi Arjuna ada mushola, kamar mandi, tempat pembelian oleh–oleh khas Dieng seperti carica, purwaceng ada disana, warung makan yang menyediakan makanan khas Dieng Mi Ongklok juga banyak berjajaran disana, tempat parkirnya juga  luas.

Untuk rute bisa dilihat di map ya teman–teman. Jangan segan-segan untuk pergi ke Candi Arjuna!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.