Lagi Puasa Tetap Bisa Hiking! Begini Caranya

0
902
(sumber: unsplash.com)

Ramadan menjadi bulan yang tepat untuk merasakan suka cita dengan sesama dan memaksimalkan ibadah, salah satunya dengan berpuasa. Menahan rasa lapar, haus, nafsu, dan lainnya. Namun, untukmu yang haus akan berpetualang, bukan berarti kamu haru berpuasa traveling loh! Justru kamu bisa memaksimalkan hasrat plesirmu sambil beribadah.

Buat kamu yang senang perjalanan menantang, puasa pun bukan halangan untukmu. Asalkan kamu tahu caranya supaya tetap bisa menjalani aktivitas-aktivitas berat selama berpuasa. Termasuk untuk yang satu ini, hiking. Bukan hal mustahil bagimu untuk bisa hiking saat berpuasa, selama kamu mempersiapkan hal-hal berikut agar perjalanan dan ibadahmu tetap lancar.

Mendaki di Sore Hari

(sumber: unsplash.com)

Mendaki di sore hari membuat dirimu tidak terlalu terpapar sinar matahari terik, terlebih terik matahari membuatmu lebih mudah lelah dan dehidrasi. Maka, sebaiknya simpan energimu untuk mendaki di sore hari sampai malam hari. Terlebih, jam-jam sore menjelang buka membuat perjalananmu lebih mudah karena saat kamu sudah mulai kehabisan tenaga, kamu bisa berbuka terlebih dahulu saat waktunya tiba.

Minimalisir Bawaan

(sumber: unsplash.com)

Beban hiking saat berpuasa selain dari track yang cukup menantang, yaitu beban dari bawaan yang ada di dalam carriermu. Bawalah barang seperlunya atau pilah-pilih kembali barang apa saja yang perlu dan tidak perlu untuk dibawa. Sehingga, saat mendaki, kamu tidak terlalu terbebani dengan barang bawaanmu. Kamu pun bisa menggunakan daypack agar perjalananmu nyaman tanpa terasa berat dengan membawa carrier.

Tetap Sabar, Jangan Tergesa-Gesa Untuk Sampai di Puncak

(sumber: unsplash.com)

Jangan terburu-buru ingin cepat sampai puncak, sebab jika kamu memaksakan diri untuk sampai puncak kemungkinan tenaga akan terkuras habis jauh sebelum waktu berbuka tiba. Maka, hemat-hematlah tenagamu agar waktu yang sudah kamu atur sedemikian rupa akan sesuai atau tepat waktu. Selain itu, sebaiknya saat hiking di bulan puasa, kamu memilih gunung dengan track yang tergolong ringan. Ingat, kamu sedang berpuasa, jangan menyusahkan diri dengan memilih track yang sulit!

Bawa Perbekalan Dengan Asupan Gizi Cukup

(sumber: unsplash.com)

Ini yang lebih penting, tubuhmu perlu asupan penting untuk bisa bertahan dari subuh hingga maghrib menjelang. Yang berperan besar terhadap ini adalah makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka. Kamu bisa berbekal susu, daging, atau sayur. Dengan menjaga makanan yang kamu makan saat, maka kamu tidak akan kekurangan energi dengan cepat saat hiking.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.