Lagi di Surabaya? Yuk Main ke Museum!

1
104
Museum Kretek Indonesia
Salah satu spot yang instagramable banget di Museum Kretek Indonesia.

Hallo travellovers, apa kalian sudah pernah berkunjung ke kota yang terkenal dengan simbol Sura dan Buaya-nya? Jika sudah, tempat apa yang pernah kalian kunjungi? Kebun Binatang Surabaya? Pantai Kenjeran? Atau mungkin shoping di Tunjungan Plaza? hihi

Lebih dari itu travellovers, Surabaya yang merupakan kota terbesar kedua setelah Jakarta, punya banyak tempat-tempat yang wajib banget dikunjungi. Kali ini saya akan mengajak kalian untuk berkunjung ke beberapa museum yang ada di Surabaya. Sudah siapa? Let`s go…

Museum Sepuluh Nopember
Wisata Museum Sepuluh Nopember Surabaya
Beberapa koleksi di dalam Museum Sepuluh Nopember.

Kalau kita ngomongin Surabaya pasti identik dengan Kota Pahlawan, yakan travellovers? kayak destinasi pertama saya di Kota Surabaya nih. Kemana lagi kalau bukan ke Museum Sepuluh Nopember Surabaya. Museum ini satu lokasi dengan Tugu Pahlawan. Untuk alamatnya ada di Jalan Pahlawan, Alun-Alun Contong, Bubutan. Ohiya FYI ya travellovers, Museum Sepuluh Nopember ini didikiran untuk mengenang jasa are-arek Suroboyo dalam pertempuran heroik pada tanggal 10 Nopember 1945.

Museum Sepuluh Nopember Surabaya
Didalam Museum Sepuluh Nopember Surabaya.

Selain itu, kalian akan disuguhkan banyak peninggalan-peninggalan Bung Tomo. Seperti Mobil yang digunakan Bung Tomo pada kala itu, rekaman suara Bung Tomo, dan masih banyak lainnya. Museum ini terdiri dari dua lantai ya travellovers dan dilengkapi dengan fasilitas lift untuk penyandang disabilitas atau pengunjung yang sudah berusia. Kalian juga akan melihat banyak diorama dengan teknologi yang sudah sangat mumpuni untuk menceritakan Sejarah Arek-Arek Suroboyo. Ohiya sampai lupa, HTM-nya itu Rp. 5.000,- yaa perorangnya.

Tugu Pahlawan.
Ini dia Tugu Pahlawan yang berbentuk Paku Terbalik.

Setelah kalian dari museum, jangan lupa untuk keliling ke Tugu Pahlawan yah. Lokasinya persis ada dipintu masuk menuju museum. Selain melihat Tugunya yang berbentuk Paku Terbalik, kalian juga bisa melihat patung Ir. Soekarno dan Bung Hatta berdiri kokoh menghadap kejalan. Cocok banget buat ajak sanak keluarga kesini dan juga buat yang mau belajar tentang sejarah Surabaya.

Museum Kretek Indonesia atau House of Sampurna
Welcome to House of Sampoerna
Welcome to House of Sampoerna.

Nah, Setelah dari Museum Sepuluh Nopember, saya melanjutkan perjalanan ke salah satu museum yang tak kalah terkenal nih di Surabaya. Kalau tadi museumnya bisa dimasukin semua usia, kali ini nggak yaah hehe. Hayo tebak museum apa? Yap betul banget. Namanya adalah House of Sampurna atau yang biasanya dikenal dengan sebutan Museum Kretek Indonesia. Untuk lokasinya ada di Jalan Taman Sampoerna 6. FYI yaa travellovers, Museum ini adalah tempat produksi pertama kali Rokok Sampoerna setelah bangunan bergaya kolonial ini dibeli oleh Liem Seeng Tee yang merupakan pendiri Sampoerna.

Guys, masuk ke museum ini gratis yah. Kalian hanya menujukan KTP/SIM/Passpor kalian. Loh emang buat apa bang? Gini, jadi petugasnya akan melihat tanggal lahir kalian yang terdapat pada kartu identitas. Loh Kenapa lagi dengan tanggal lahirnya? Inikan museum rokok yah, pengunjungnya pun harus di atas 17 tahun. Jadi untuk yang belum 17 tahun harap bersabar yah. Hehe

Museum Kretek Indonesia
Salah satu koleksi yang ada di dalam Museum Kretek Indonesia.

Ohiya disini kalian akan melihat banyak banget pengetahuan baru. Mulai dari Sejarah Keretek di Indonesia, Ruangan pembuatan rokok dari mesin-mesin zaman dulu, sampai dengan spot foto yang instagramable banget travellovers. Ohiya museum ini terdiri dari dua lantai yaa. dan yang paling saya suka adalah ornamennya yang keren banget. Selain itu fasilitas penunjang museum juga lengkap loh. Ada musolah, cafe, sampai tempat beli oleh-oleh khas Museum Kretek juga ada disini. Ohiya satu lagi nih, dari Museum ini kalian juga bisa naik bus gratis untuk keliling Kota Surabaya loh. Keren kan hehe.

Nah travellovers, itu beberapa referensi museum yang bisa kalian kunjungi di Surabaya. Sebenernya ada banyak banget museum di Surabaya, tapi saya hanya punya waktu satu hari jadi segitu dulu deh. Hehe. Selamat meng-explore museum di Surabaya travellovers.

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.