Lagi di Surabaya? Museum House of Sampoerna Ini Patut Kamu Kunjungi

0
117
Ruang Produksi Dji Sam Soe.

Selain dikenal dengan julukan Kota Pahlawan, Surabaya juga dikenal sebagai kota bisnis terbesar di Jawa Timur. Hal ini dikarenakan adanya perusahaan-perusahaan besar yang berada di kota tersebut, salah satunya perusahaan rokok terbesar di Indonesia. Perusahaan rokok tersebut memiliki sebuah museum yang bernama Museum House of Sampoerna.

Museum House of Sampoerna terletak di Kota Surabaya, tepatnya di daerah Jalan Sampoerna No. 06, Krembangan Utara, Pabean Cantian. Jika kamu sedang berada di Surabaya, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke museum ini. Aksesnya pun mudah dijangkau dan tidak terlalu jauh dari kota. Bila berkunjung ke museum ini, ada berbagai hal yang ditawarkan termasuk sejarah terkait perkembangan rokok yang diproduksi oleh salah satu perusahaan rokok terbesar di Indonesia.

Museum House of Sampoerna ini dibuka untuk umum dan gratis. Para pengunjung pun bebas untuk mengambil gambar di area museum asal tetap menjaga norma kesopanan di area museum. Ada keunikan tersendiri ketika teman traveler mengunjungi museum ini. Mulai dari bangunan yang menyerupai arsitek zaman Belanda, berbagai cerita unik dan menarik dari Liem Seeng Tee selaku pendiri bisnis rokok. Ada juga beberapa barang peninggalan dari keluarga Liem Seeng Tee.

Para pengunjung museum.

Keunikan Museum House of Sampoerna ini ada di setiap ruangan yang menarik untuk diketahui. Bangunan museumnya sendiri terdiri dari dua lantai. Lantai pertama digunakan untuk ruang pameran lengkap dengan berbagai perkembangan produk rokok dari masa ke masa. Saat pengunjung memasuki museum ini, aroma sedap cengkeh bercampur tembakau siap menyambut kedatangan mereka. Di bagian depan, ada pula kumpulan cerita yang bisa dibaca secara langsung oleh pengunjung. Cerita tersebut meliputi latar belakang pendiri, replika gerobak yang dulunya digunakan untuk berjualan, pakaian adat yang digunakan, foto-foto keluarga, furnitur penyimpanan benda-benda unik, jenis-jenis cengkeh, hingga tembakau yang digunakan untuk membuat rokok kretek.

Saat memasuki ruangan selanjutnya, suasananya sudah berubah lagi. Kita akan diajak untuk melihat berbagai lukisan, koleksi packaging korek api yang unik, informasi tentang produk yang dipasarkan, hingga silsilah struktur organisasi perusahaan lengkap dengan foto dan biodata singkat.

Memasuki ruangan selanjutnya, ada sebuah gerobak modern yang digunakan untuk berjualan berbagai produk rokok. Ada satu almari yang berisi produk rokok yang dipasarkan dari masa ke masa. Oh ya terdapat juga peta Pulau Jawa yang membentang di dinding. Yang tak kalah menarik adalah peninggalan motor-motor klasik yang terletak di pojok ruangan, membuat pengunjung semakin tertarik untuk melihat lebih jauh museum ini.

Ruang pemutaran video Sampoerna.

Setelah puas melihat berbagai peninggalan di lantai bawah, kamu bisa menaiki tangga untuk menuju lantai dua. Nah, di lantai dua ini, kamu akan melihat ruang produksi rokok yang hingga saat ini masih tetap diproduksi. Semua alat pembuatannya manual dan masih tertata rapi di ruangan besar lantai satu. Pengunjung yang datang bisa melihatnya dari balik kaca tebal transparan sehingga mereka bisa menyaksikan secara langsung bagaimana proses produksinya.

Selain itu, di lantai dua juga ada video menarik yang bisa kamu tonton. Video tersebut membahas bagaimana proses sebelum rokok diproduksi, saat produksi, dan setelah produksi. Di video yang berdurasi kurang lebih lima menit tersebut kamu bisa melihat bagaimana rokok diproduksi dengan cepat lalu dikemas hingga proses pengiriman ke seluruh penjuru Indonesia.

Ada juga ruang yang di tempatkan khusus untuk penjualan souvenir. Bagi pengunjung yang mungkin ingin membeli oleh-oleh khas Kota Surabaya bisa membelinya di sini. Mulai dari kain batik, kalung, tas, aksesoris gelang dan kalung, hingga berbagai miniatur unik yang terbuat dari kayu juga tersedia.

Museum House of Sampoerna dibuka setiap hari dari pukul 09.00–18.00 WIB. Jadi, jika teman traveler sedang berada di Kota Pahlawan tidak ada salahnya untuk sekalian mengunjungi museum ini.

Serunya lagi, jika teman-teman ingin berkeliling Kota Surabaya, kalian bisa menggunakan Bus Merah. Bus ini memang disediakan oleh pihak museum untuk para pengunjung yang ingin mengelilingi Surabaya secara gratis. Mengusung konsep city tour yang fun, dijamin liburanmu akan penuh makna dan makin berkesan!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.