Kulineran dan Renang di Ponggok Ciblon

0
225
Kolam Renang Dewasa
Kolam Renang Dewasa

Ponggok Ciblon adalah destinasi wisata air terkenal di Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Lokasinya berada di Desa Ponggok, Kecamatan Pulonharjo, Kabupaten Klaten. Desa Ponggok dikenal karena dibawah desa tersebut ada air yang mengalir dari Gunung Merapi dan Merbabu selama bertahun-tahun. Jangan heran jika banyak sekali wisata air, mulai dari umbul, kolam renang yang tentunya masih alami.

Air di Desa Ponggok terkenal sangat jernih dan sehat. Pernah salah satu perusahaan air asal Perancis ingin membelinya, namun tak diperbolehkan warganya karena akan diolah sendiri. Sampai perusahaan asing itu berdiri di desa sebelahnya. Ibaratnya kita berenang di air mineral terbaik, yang kalau dijual mahal harganya. Lha kelas airnya buat minum, lha ini malah dibuat berenang. Masyarakat sendiri mendirikan BUMDES Tirta Mandiri secara swadaya yang menyuplai kebutuhan air minum warga, bahkan diekspor ke luar kota.

Sajian Ikan Nila
Sajian Ikan Nila

Ponggok Ciblon biasanya ramai dikunjungi wisatawan dari desa-desa di sekitar Klaten hingga luar kota. Lokasinya yang berjarak hanya 40 km dari Kota Yogyakarta dan 25 km dari Kota Solo. Jalan menuju desa sudah diaspal, ketika masuk desa kita akan disambut dengan pemandangan sawah di kanan kiri dan kolam ikan karena air dari irigasinya juga melimpah. Air ini mengalir dari umbul atau mata air yang tersebar di 4 titik. Yaitu Umbul atau Mata Air Ponggok, Umbul Sigedang, Umbul Kapilaler dan Umbul Besuki. Ponggok Ciblon sendiri menggunakan sumber mata air Besuki.

Ponggok Ciblon juga menawarkan kulinernya yang khas, yakni ikan nila yang merupakan hasil panenan warganya sendiri. Pekerja di Umbul Ciblon juga warga lokal. Ikan nila diolah dengan dibumbu kuning, digoreng dan masih banyak lainnya. Ditemani sayur singkong, tahu goreng, lalapan dan buah semangka. Jangan lupa kerupuknya yang banyak.

Pengunjung bisa menikmati makanan sambil leyeh-leyeh di bawah pepohonan mahoni dan beringin. Konsep yang disajikan memang alami. Ada sungai kecil yang menjadi buangan air mengalir deras. Jadi, kita sambil makan bisa mendengar riak air. Airnya sengaja ga pakai kaporit. Jadi, lebih segar dan bening. Ponggok Ciblon diresmikan oleh Menko PMK Ibu Puan Maharani pada tahun 2017.

Kolam Renang Anak-Anak di Ponggok Ciblon
Kolam Renang Anak-Anak di Ponggok Ciblon

Ada hiasan bergelantungan di antara pohon-pohon. Hiasan yang berwarna-warni seperti payung dan kain. Di tengah terdapat objek futuristik melingkar dengan 4 tiang dan lingkaran di tengah. Di sebelahnya ada kolam ikan yang di atasnya berdiri gazebo-gazebo.

Kolam renang di sini ada 3. Kolam renang anak yang berada dengan kedalaman sekitar 45 cm dan 1 meter. Untuk anak-anak ada kolam renang 1 meter dilengkapi waterboom yang cukup menawan karena bisa melihat hamparan sawah di sekitar lokasi kolam renang. Kolam renang waterboom jadi favorit anak-anak. Kolam renang khusus dewasa berada agak di dalam. Kedalamannya antara 1,25 – 3 meter. Kolamnya sangat lebar dan panjang. Selain kolam renang juga ada wahana playground anak, seperti jungkat-jungkit dan ayunan.

Kolam Renang Dewasa (2)
Kolam Renang Dewasa (2)

Terdapat warung-warung yang berjejeran di depan Ponggok Ciblon. Kuliner yang disajikan mulai dari sate kambing, burger, soto ayam, mie ayam, bakso, hingga ayam goreng kampung. Untuk parkir kendaraan berjejeran di sepanjang Jl. Delangu-Polanharjo, bisa juga parkir di depan Kantor Desa Ponggok yang luas banget. Karena lokasinya tepat di depan Kantor Desa Ponggok.

Loket depan berbentuk joglo menambah suasana kejawennya. Untuk berenang tarifnya hanya sekitar 5 ribuan saja sedangkan sewa pelampung 7 ribu rupiah. Buka pukul 8 dan tutup pukul 4 sore. Saya juga suka adanya kata-kata visioner yang ditempel di beberapa tempat, seperti “Ini Sulit”, ubah menjadi “Ini Memang Butuh Waktu dan Usaha Ekstra”. Mindset yang ditampilkan di banyak tempat ini membuat saya mendapat aura positif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.