Kuliner Penggoda Lidah di Kopi Klotok, Yogyakarta

0
307

Jalan-jalan atau liburan Ke Yogyakarta tak pernah membosankan. Traveling di Indonesia rasanya tak lengkap jika tak mampir ke kota yang memiliki julukan sebagai kota gudeg, nama salah satu kuliner khas Yogyakarta. Selalu ada sisi yang menyenangkan dari traveling ke kota ini. Sebagai salah satu destinasi wisata terkenal di Indonesia, tak heran jika kota ini tak pernah jika kota ini selalu ada dalam daftar destinasi wisata agen tour dan travel. Para penulis travel blog Indonesia pun tak pernah bosan menceritakan wisata di kota ini. Para wisatawan yang berkunjung ke sini bisa berburu macam-macam wisata di sini, contohnya wisata kuliner, adat budaya juga belanja.

Yogyakarta memiliki banyak kuliner yang sudah terkenal di kalangan para wisatawan maupun backpacker yang bekunjung ke sini. Mereka yang berkunjung ke sini tak akan melewatkan untuk mencoba makanan khas Yogyakarta di Jalan Malioboro.

Nah, selain Jalan Malioboro, ada lagi tempat makan yang terkenal dan memikat orang yang traveling ke Yogyakarta untuk mampir, yaitu Warung Kopi Klotok. Tempat ini menjadi pembicaraan banyak orang di media sosial.

Mengapa tempat ini begitu menghebohkan?

Untuk memuaskan rasa penasaran akan warung Kopi Klotok, aku dan beberapa teman menyempatkan untuk berkunjung ke warung ini saya liburan di Yogyakarata. Agak terkesima saat tiba di lokasi warung tersebut. Kupikir letaknya di pinggir jalan besar atau lokasi ramai semacamnya. Alangkah terkejutnya aku ketika menyaksikan tempat berdirinya warung yang menghebohkan ini. Warung yang terletak di Kaliurang ini berada di tepi sawah. Semakin aku penasaran dibuatnya.

Siapkan diri untuk mengantri

Begitu memasuki area warung, terlihat sebuah bangunan Jawa tradisional yang sudah dipadati oleh pengunjung. Kebetulan aku datang di hari libur nasional, maka tak heran jika pengunjungnya membludak. Di dalamnya kamu bisa melihat perabotan jadul menghiasi ruangan contohnya setrika ayam, kursi goyang dari kayu, penggebuk kasur dan kaca rias jadul. Elemen kayu mendominasi hampir sebagian besar rumah, termasuk dinding, meja dan kursi. Sebelum mencoba kuliner di sini, kamu harus siap-siap untuk mengantri.

Menu sederhana yang mengundang selera

Begitu dicek menu yang disajikan oleh warung ini, ternyata semuanya menu tradisional. Kamu pasti sudah sering mencoba sayur lodeh, goreng telur atau pisang goreng. Nah, makanan yang dijual Kopi Klotok pun makanan yang biasa kamu cicipi sehari-hari tetapi tentunya dengan kekhasan warung ini. Ada dua nama menu yang menarik yang tertera di lembaran menu tersebut. Sego Megono dan Gereh Layur. Ternyata Sego Megono adalah nasi yang sudah dicampur dengan bahan makanan lain, seperti parutan kelapa dan potongan nangka plus diberi beragam bumbu. Ternyata setelah browsing, Sego Megono adalah makanan khas Pekalongan. Gereh Layur adalah ikan layur goreng tepung.

Waktunya icip-icip

Setelah lama mengantri dan memilih makanan, aku dan teman-teman berhasil menemukan meja di dekat pintu keluar. Menu yang dipilih bermacam-macam agar bisa saling mencicipi. Tentu saja ada menu andalannya, pisang goreng, telur dadar, salah satu sayur lodeh, dan oseng-oseng sayuran lain yang aku lupa namanya. Untukku yang paling juara adalah telur gorengnya. Aku suka dengan teksturnya yang renyah alias crispy. Saking sukanya begitu pulang ke Bandung langsung coba bikin dan gagal. Sayur lodehnya juga mantap! Pisang gorengnya mungkin bagiku biasa-biasa saja karena aku bukan penyuka pisang goreng. Ada yang unik di pengumuman warung ini. Jadi, bagi yang hamil, kamu bisa makan gratis di sini. Enak, kan?

Saat makan sempat larak-lirik ke arah dinding yang dihiasi tempelan tulisan. Wah, ternyata pengunjung warung ini tak main-main. Ibu Sri Mulyani, sang menteri keuangan pun pernah makan di sini. Ada juga artis-artis yang mampir ke warung ini, seperti Hamish Daud dan Maudy Ayunda dan traveler terkenal, Trinity.

Lain kali, kalau jalan-jalan ke Yogyakarta, coba mampir di Kopi Klotok dan buktikan kenikmatan kulinernya.

 

Penulis: Siti Hasanah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.